Senin, 30 November 2020

Genmuda – Praktekin teori ekonomi dan bisnis yang dipelajari dari kampus ke dunia nyata butuh usaha gila-gilaan dan banyak eksperimen. Biar gak gagal-gagal banget, ada baiknya belajar dari pengalaman para senior yang berhasil praktekin teorinya.

Ilmu mereka kayaknya malah jauh lebih banyak dari dosen kamu karena mereka berhadapan langsung sama bisnisnya. Sayangnya, para pelaku usaha sering sibuk sehingga susah luangin waktu buat mahasiswa-mahasiswa yang pengen nyolong ilmu.

Untunglah ada beberapa website yang ngebagiin pengalaman para pelaku usaha itu supaya kamu gak perlu repot. Cerita suksesnya juga disampaikan dengan detil dan menarik sehingga kamu gak bakalan bosen. Coba deh liat web-web di bawah ini. Jangan lupa dibookmark.

1. Gimlet Media: StartUp

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Stasiun radio podcast StartUp sajiin wawancara mendalam dengan para pelaku startup, mulai dari pengusaha yang sukses dengan modal minim hingga yang gagal meski sudah berusaha sekuat tenaga. Mulai dari yang berlatar belakang ilmuwan hingga yang punya catatan kriminal. Bincang serunya dimoderasi dua host, Alex Blumberg dan Lisa Chow.

Siaran berikutnya bakal berlangsung 1 September 2017. Sambil nunggu tanggal mainnya, dengerin aja dulu siaran StartUp yang udah berlangsung hingga season kelima. Tiap season rata-rata berisi 10 episode.

2. NPR: How I Built This

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Gak mau kelawatan cerita seru mengenai para pengusaha brand ternama macam AirBnb dong? Makanya, pantengin channel podcast How I Built This dari NPR News Organization. Hostnya, Guy Raz bakal memandu supaya kamu paham caranya tiap narasumber ngebangun bisnis dari nol hingga akhirnya meraih popularitas dunia.

3. EntreLeadership

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Muka-muka bahagia para pendiri startup dan gaya hidup mereka di Instagram sangatlah jauh dari realita. Bersama host Ken Coleman, acara ini nyajiin cerita banting tulang tiap narasumber CEO, COO, atau jabatan tinggi lain dalam dunia bisnis. Setelah dengerin siaran talkshownya beberapa lama, kamu pasti makin paham kenyataan.

4. HerMoney

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Cerita tentang Women on Top dan tips keuangan untuk perempuan bisa didapetin di podcast HerMoney dengan pembawa acara (sekaligus pendiri podcastnya), Jean Chatzky. Bahasannya terbilang detil karena berani mengupas masalah-masalah keuangan yang khas dihadapi perempuan, terutama saat perempuannya harus ngurus rumah tangga sekaligus kerja juga.

5. Entrepreneurs on Fire

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Siaran talkshow yang paling rajin mengudara ini nyajiin cerita kesuksesan para pelaku usaha dengan panduan John Lee Dumas, host sekaligus pendiri podcastnya. Acara ini juga suka “iseng” dengan nanyain cara para pengusaha mengelola usaha sampingannya hingga lebih besar daripada usaha utamanya.

6. Smart Millennial Business

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kegelisahan kaum muda yang kebingungan ngadepin kerja pertama mereka, pengen tau lebih banyak tentang cara ningkatin motivasi, dan trik-trik negosiasi bisa nyari jawaban di podcast Smart Millenial Business. Tiap episodenya berisi tips and trik bikin usaha dari nol hingga booming.

7. Genmuda: Rubrik Ngobrol Bareng

©Genmuda.com/2017 TIM
Kak Ria SW waktu ngobrol bareng Genmuda.com. ©Genmuda.com/2017 TIM

Berhubung pengusaha muda di Indonesia erat banget kaitannya sama dunia kreatif, maka kisah sukses para musisi, YouTuber, selebgram, hingga pemilik olshop ternama bisa kamu baca di rubrik Ngobrol Bareng Genmuda.com.

Disajiin dengan gaya bertutur, kamu bisa pahami pengalaman from zerto to hero para narasumber yang pastinya kamu kenal, seperti Tara Arts Game, Tsamara Amany, Janine Intansari, Bayu Skak, Ria SW, hingga Tahilalalts. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.