Senin, 23 November 2020

Genmuda – Wah besok udah tanggal 26 April nih, pasti udah siap buat nerima pengumuman hasil SNMPTN ya. Kalo ternyata nanti kamu gagal nih, apakah kamu akan tetep di jurusan itu, atau mau pilih jurusan lain? Karena pilihan jurusan dan Universitas itu nentuin banget loh diterima atau enggaknya kamu.

Buat kamu nih para cowok yang pengen masuk kuliah dengan jurusan yang anti mainstream, coba deh buat kenalan dulu nih sama beberapa jurusan yang populasi anak cowoknya itu sedikit banget. Yuk, kuy!

1. Seni Tari

Anak lelaki di seni tari belum tentu “melambai” ya

Kalo kamu denger jurusan seni tari, pasti mikir isinya cuma cewek-cewek aja kan. Walaupun emang cowoknya sedikit banget, tapi ketika nanti kamu masuk, pasti akan jadi pusat perhatian. Gimana engga, kamu pasti akan punya jadwal latihan terus, hampir tiap hari sama mostly girls. Belum lagi kalo ada pagelaran, pertunjukan atau sekedar pentas seni, kamu para cowok pasti akan dibandingin sama para cewek.

Ada kalanya juga kamu akan didandani jadi cewek, kalo emang kebutuhan koreonya harus tokoh cewek semua. Selain punya kesan menghargai budaya Indonesia karena bisa nari tradisional, kamu juga punya keahlian tambahan di bidang fashion dan make up. And guys, you don’t have to be girls, to have a job as a dancer.

2. Tata Boga

Jadi pengen dimasakin juga…

Jangan takut bakat kamu engga kesalurkan kalo kamu, –para cowok, punya keahlian di bidang kuliner. Coba aja buat menekuni itu dengan masuk ke jurusan tata boga. Di jurusan ini, kamu engga cuma masak berbagai bahan makanan aja, tapi kamu juga jadi pemerhati gizi. Kenapa? Karena semua makanan yang kamu masak harus sesuai sama takaran dan kadar gizinya.

Serunya lagi, di sini mahasiswa dituntut mempelajari cara menyajikan makanan dengan baik. Percaya deh, cewek mana sih yang engga bakal meleleh kalo kamu bisa masakin doi setiap kali ketemu. Bonusnya lagi, kamu bisa juga belajar kewirausahaan dan siapa tau aja nanti kamu bisa punya usaha katering atau tempat makan sendiri. Seru kan?

3. Fashion Designer

Pekerjaan ini engga cuma bisa dikerjain sama perempuan aja loh

Engga mesti tau banget soal fashion buat masuk ke jurusan ini, kamu yang emang peduli dan suka banget perhatiin penampilan orang lain juga bisa loh. Hampir seperti jurusan arsitektur, kuliah di jurusan tata busana emang lumayan banyak butuh modal, karena kamu harus beli banyak bahan dan alat bantu lainnya.

Perlu dicatet, kuliah di jurusan tata busana engga melulu soal bikin baju, namun mengajarkan kamu soal seluk beluk dunia fashion, contohnya fashion photography, fashion management, fashion journalism, fashion buying dan fashion styling. Udah wajar deh kalo dandanan kamu nanti lebih keren dari yang lain. Yes, you are a fashion design student!

4. Keperawatan

Lelaki juga bisa jadi perawat yang sabar

Walaupun udah banyak cowok yang jadi perawat, tetep aja pas kuliah jumlah mereka bisa dihitung jari. Kalo kamu berpikiran jadi perawat itu nanggung, — dan mending jadi dokter aja sekalian, kamu salah besar gaes. Jadi perawat ternyata engga cuma belajar soal cara menangani pasien dengan sakitnya atau pemeriksaan dasarnya aja, tapi perawat mengurusi lebih dari itu.

Jika kamu punya jiwa sosial tinggi, jurusan ini cocok banget buat kamu. Secara garis besar jurusan keperawatan juga memerhatikan bio psiko sosio spiritual dan kulural, dimana nantinya kamu adalah tempat ngeluhnya pasien, yang bersihin, mandiin, gantiin baju, dan juga nyemangatin mereka buat segera sembuh. Mulia banget kan!

5. Sekretari dan Administrasi

Kamu harus teliti juga nih kalo ngerjain soal uang

Dari nama dan image yang dibangun dalam buku hingga sinetron, jurusan ini identik banget diisi oleh para cewek, apalagi saat kuliah. Namun sampe sekarang, alasan kenapa posisi dan jurusan ini paling banyak diisi oleh kaum hawa karena mereka sering dinilai lebih teliti, –terutama soal keuangan. Coba aja liat beberapa informasi lowongan kerja pasti yang diutamain adalah cewek.

Eits, tapi tenang, kamu para cowok yang udah terlanjur masuk SMK keuangan, administrasi, bisnis, pemasaran atau manajemen, kamu tetep akan punya tempat sendiri nanti di dunia kerja. FYI, jurusan ini adalah salah satu jurusan yang paling diminati dan lulusannya pun “katanya” akan gampang buat dapet kerja loh.

Well, apapun jurusannya, kamu harus tetep buktiin ke semua cewek-cewek bahwa cowok juga bisa kok kuliah di jurusan yang “cewek banget.”

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.