Minggu, 28 November 2021

Genmuda – Perubahan jaman dan kebutuhan sumber daya manusia pada akhirnya mendorong beberapa universitas beradaptasi. Jurusan-jurusan baru dengan mata kuliah unik bermunculan sebagai efeknya.

Meski belum ada alumni, prospek kerja jurusan tersebut belum tentu suram karena tiap jurusannya dibuat untuk ngejawab permintaan dunia kerja. Sebaliknya, mahasiswa jurusan-jurusan baru berpotensi lebih cepet dapet kerja daripada jurusan yang udah ada sejak jaman Bokap masih kuliah.

Uniknya, tiap jurusan di bawah ini belum punya alumni karena berdiri belum sampai lima tahun. Nih nama-nama jurusan dan kampusnya berada.

1. Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil UNS

via pediaa.com
(Sumber: pediaa.com)

Ada yang baru pada tes penerimaan mahasiswa baru 2017. UNS Solo nambahin program studi tingkat D4, yaitu Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil di bawah Fakultas Hukum. Saking barunya, angkatan 2017 merupakan angkatan tertua di jurusan yang baru resmi berdiri di seluruh Indonesia itu.

2. Prodi Metalurgi UPN Veteran Yogya

via apbi-icma.org
(Sumber: apbi-icma.org)

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta ngebuka jurusan metalurgi tahun 2017. Jurusannya dibuka mengingat Indonesia butuh lebih banyak tenaga ahli yang jago mengolah hasil tambang di dalam negeri. Meski begitu, jurusan metalurgi udah ada di Universitas Indonesia sejak bertahun-tahun lalu.

3. Prodi Ilmu Tanah UPN Veteran Yogya

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Beda dari kampus lain, jurusan ilmu tanah kampus UPN Veteran Yogya fokus mempelajari kebumian dan reklamasi pasca penambangan. Dengan kata lain, jurusannya diadain supaya lahirkan para ahli yang bisa mengobati penampang bumi yang rusak akibat pertambangan.

4. Prodi Geologi UI

via energyjobline.com
(Sumber: energyjobline.com)

Program studi S1 ini udah ada di Unpad, UGM, dan UPN Veteran Yogya dari dulu, tapi muncul di Universitas Indonesia di bawah Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), sekitar 2015. Jurusannya dibuat supaya lahirin pakar yang paham proses terjadinya bumi, terbentuknya batuan, mineral, serta mendeteksi bencana alam. Dibutuhin banget kan di Indonesia.

5. Prodi Geofisika UI

via rahmanikresna.wordpress.com
(Sumber: rahmanikresna.wordpress.com)

Mirip kayak prodi Geologi, prodi Geofisika UI yang baru buka tahun 2015 juga fokusnya mempelajari bumi. Salah satu manfaatnya untuk mengetahui keberadaan sumber daya alam yang tersimpan di dalam bumi, seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, mineral, panas bumi, dan air tanah. Kepake banget dalam industri pertambangan.

6. Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) UI

via keluargakokoh.com
(Sumber: keluargakokoh.com)

Jurusan yang baru muncul tahun 2015 di Fakultas Kesehatan Masyarakat ini mempelajari pengelolaan bahaya di tempat kerja. Ilmunya kepake banget berhubung lagi banyak pembangunan infrastruktur dan gedung perkantoran di seluruh Indonesia.

7. Prodi Statistika UI

via mediatech-solutions.com
(Sumber: mediatech-solutions.com)

Bareng sama tiga jurusan sebelum ini, prodi Statistika UI dibagun tahun 2015. Beda dari kampus lain, prodi statistika UI engga cuma mempelajari cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data, tapi juga mengolah data untuk pengambilan keputusan. Cocoknya kerja sebagai ahli manajemen risiko, data analis, perbankan, asuransi, dan periset pasar.

8. Prodi Televisi dan Film Unpad

via youthmanual.com
(Sumber: youthmanual.com)

Pada tahun yang sama dengan kemunculan empat prodi baru di UI, Universitas Padjajaran dirinin Program Studi Televisi dan Film. Lulusannya punya prospek kerja yang besar banget sebagai produser, tim kreatif, dan kru-kru di balik layar berbagai acara televisi.

9. Prodi Kedokteran Hewan Unpad

via nhah.com
(Sumber: nhah.com)

Fakultas Kedokteran Unpad lahirin prodi kedokteran hewan tahun 2016. Gak cuma menangani hewan peliharaan, lulusannya juga dibekali cara ngerawat hewan buas dan hewan ternak. Jadi, akan bermanfaat banget untuk kerja sebagai dokter penangkaran hewan langka atau di peternakan.

10. Prodi Seni Kriya ITB

via sahabatnesia.com
(Sumber: sahabatnesia.com)

Institut Teknologi Bandung gak cuma ada di Bandung tapi juga ada di Cirebon. Salah satu program studi yang kuliahnya di tempat baru adalah prodi Seni Kriya yang tahun ini cuma ngebuka jatah 15 kursi. Lulusannya bakalan jago bikin keramik, anyaman, logam, dan berbagai hasil seni lain.

Apakah kamu termasuk mahasiswanya jurusan di atas? Kalo iya, maka kamu bakalan jadi salah satu alumni pertamanya. Itu kalau engga dibalap junior duluan *canda. Hehehe. Yaudah. Jangan lupa tulis komentar di bawah ini, yaa. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.