Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – Aktor peraih BAFTA dan Cesar Awards, Jude Law terpilih buat perankan Profesor Dumbledore muda di lanjutan film “Fantastic Beasts and Where To Find Them.” Karena seting filmnya berlangsung puluhan tahun sebelum cerita di buku/film “Harry Potter” (HP), Dumbledore masih jadi guru mata pelajaran transfigurasi.

Aktor inggris peraih dua nominasi Academy Awards itu dipilih dari deretan bintang-bintang Inggris berbakat. Misalnya seperti, Benedict Cumberbatch, Christian Bale, Mark Strong, dan Jared Harris (anaknya Richard Harris, pemeran Dumbledore di “HP 1 dan 2.”). Tim produksi emang sengaja manggil aktor best of the best.

Berdasarkan naskah JK Rowling, Dumbledore engga akan ditampilin sebijak ketika bertemu Harry Potter. Doi masih muda. Dan, seperti yang para Potterhead pahami, Dumbly muda masih selabil, senyentrik, seambisius, dan sekuat temen lamanya, Gellert Grindelwald.

Mungkin agak bijaksana sedikit sih karena doi lebih milih jadi guru mata pelajaran “transfigurasi” di Hogwarts, daripada menguasai dunia kayak Grindelwald. Tapi, secara keseluruhan Dumbledore yang dulu bukanlah yang sekarang.

Ngeliat tuntutan perannya, Jude Law terbilang cocok memerankan karakter itu. Bukan karena ganteng, tapi karena doi berpengalaman memerankan tokoh pemeran pembantu yang punya sifat seperti Dumbledore muda. Misalnya aja, dalam film-film di bawah ini.

1. “Rise of the Guardians” (2012)

Di animasi superhero legenda anak ini, Jude Law mengisi suara Pitch si Raja Mimpi buruk yang mau meneror anak kecil seluruh dunia dan mengalahkan Santa Claus (Alec Baldwin), Tooth Fairy (Isla Fisher), Easter Bunny (Hugh Jackman), dan Jack Frost (Chris Pine). Karakter doi di film karya Sutradara Peter Ramsey ini gelap, mungkin segelap masa lalu Dumbledore saat masih nongkrong sama Grindelwald.

2. “The Talented Mr Ripley” (1999)

Di “HP Universe,” Dumbledore muda diceritain sebagai orang yang lari dari tanggung jawab. Saat disuruh ngasuh adik-adiknya, doi malah sibuk sama penelitian sendiri. Sama seperti karakter yang diperankan Jude Law di film “The Talented Mr Ripley,” Dickie Greenleaf. Doi merupakan anak pengusaha Amerika Serikat yang diharapkan melanjutkan kelangsungan perusahaan, tapi lebih milih tinggal di Eropa.

3. “A.I. Artificial Intelligence” (2001)

Ke-nyentrik-an Law juga terlihat waktu jadi gigolo Joe di film “A.I. Artificial Intelligence” (2001). Seperti nama karakternya, doi merupakan robot pria pekerja prostitusi yang punya pandangan mendalam soal hidup manusia.

4. “Cold Mountain” (2003)

Jude Law pernah juga “berubah” jadi tentara Pasukan Konfederasi Perang Sipil Amerika Serikat di film “Cold Mountain.” Tokohnya ketika itu perlu mengkhianati rekan-rekan satu pasukannya demi pulang ke istri tercinta yang ditinggal sendirian di tengah gunung pada musim salju. FYI, Novel HP ketujuh kan juga nyeritain Dumbledore muda meninggalkan sahabatnya sendiri saat tau doi jahat.

5. “Sherlock Holmes” (2009 dan 2011)

Meskipun begitu, Jude Law juga pernah memerankan sosok yang setia kawan, yaitu sebagai Dokter Watson di film-film “Sherlock Holmes.” Pada akhirnya, Dumbledore kan emang berubah jadi orang yang setia kawan, terutama setelah kematian salah satu adiknya seperti yang diceritain di novel-novel “HP.”

6. “Road to Perdition” (2002)

Dumbledore terkenal punya beribu cara buat mendapat kemauan dan menyelesaikan tugasnya. Mirip-mirip seperti Maguire, seorang pembunuh bayaran yang diperanin Jude Law di film “Road to Perdition.” Karakter yang giginya rusak itu bahkan menyamar sebagai wartawan fotografi dan meminta  sesi wawancara khusus hanya supaya punya kesempatan untuk membunuh targetnya.

7. “Contagion” (2011)

Jago berkata-kata dan cerdas. Sifat yang Dumbledore banget itu juga muncul pada karakter Alan Krumwiede di film “Contagion.” Karakter yang diperankan Law itu adalah seorang pakar teori konspirasi yang mempunya sebuah vlog kesehatan cukup berpengaruh di masyarakat.

Tuh, liat sendiri kan. Apabila semua sifat dari karakter yang pernah diperankan Jude Law disatuin ke dalam sebuah sosok, jadilah Albus Dumbledore muda sesuai deskripsi JK Rowling di buku-bukunya.

Jadi, tunggu aja kemunculan Redmayne sebagai Newt Scamander, Johnny Depp sebagai Grindelwald, dan Jude Law sebagai calon kepsek sebentar lagi. Film yang rencananya tayang 16 November 2018 itu juga kembali disutradarai David Yates yang udah ngurusin “Harry Potter Cinematic Universe” sejak “Order of the Phoenix” (2007). (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response