Senin, 22 Oktober 2018

Genmuda – Jadi satu-satunya yang jomblo di geng kamu emang engga enak (banget), Kawan Muda. Tapi, bukan berarti itu jadi ngehalangin kamu buat nikmatin hidup kamu sendiri loh ya.

Udah mah jomblo, eh sendirian pula jomblonya (ya engga perlu ngajak-ngajak juga sih). Teman-teman kamu yang lain mah udah pada asyik sama pacar masing-masing. Kalo ditanya malam Minggu ngapain, mereka udah tau jawabannya, sedangkan kamu palingan cuma ngeringkuk di kamar sambil main hp.

Well, kalo mau dibilang miris, itu mungkin udah termasuk miris kuadrat kali ya. Apalagi kalo sampai ada teman kamu yang udah nikah sementara kamu masih gitu-gitu aja, rasanya jadi makin susah aja deh buat bisa ngebaur. So, biar kamu engga mati kutu sendirian, yuk lakuin 7 hal ini buat nyibukin diri kamu:

1. Cari hobi

Iya Genmuda.com tau ini klise. Tapi, emangnya kamu udah benar-benar punya hobi yang bisa kamu teknunin? Kalo udah, ya tingkatin lagi kemampuan kamu sampai mahir. Kalo belum, ya buruan cari hobi yang paling sesuai sama kamu. Entah itu nulis, ngelukis, lari, main gitar, bikin kerajinan tangan, atau yang lainnya, yang penting kamu suka dan senang ngejalaninnya.

2. Jadi volunteer

via Quotesgram

Engga peduli kamu ada di mana atau apa latar belakang pendidikan maupun kemampuan kamu, dijamin bakal ada selalu ada kesempatan buat kamu jadi volunteer. Kamu bisa ikutan yang harian, minggu, atau bulanan, itu terserah gimana kamu ngatur waktunya aja. Yang jelas, jadi volunteer merupakan salah satu cara sempurna buat kenal lebih banyak orang sambil berkontribusi buat komunitas kamu. Makin kamu sibuk jadi volunteer, perlahan-lahan kamu pasti engga bakal mikirin lagi soal status jomblo kamu.

3. Magang/part-time

Sama kayak volunteer, sebetulnya ada banyak banget kesempatan magang/part-time yang bakal ngasih beragam manfaat dan keuntungan buat kamu. Selain bisa ngisi waktu, lagi-lagi kamu tentu bisa ketemu dengan orang-orang baru di tempat kerja kamu nanti. Yang lebih menariknya lagi, kamu pun otomatis bakal dapet penghasilan tambahan yang lumayan buat nambah-nambahin uang jajan kamu. Coba deh buka situs-situs kayak Sribulancer buat nyari pekerjaan yang sesuai buat kamu.

4. Bikin vlog

via wetheunicorns.com

Katanya Generasi Muda kekinian… Jomblo mah engga usah ditangisin, tapi dibawa seru-seruan aja, Kawan Muda. Salah satu caranya adalah dengan bikin vlog, kamu ‘kan bisa curcol lucu-lucuan gitu deh di video kamu. Misalnya pas kamu lagi jadi third wheel alias nyamuk di acara nge-date teman kamu, ya kamu iseng aja bikin videonya buat ngedokumentasiin kekonyolan dan awkward moment yang kamu alamin. Video Awkarin nangisin Gaga aja bisa ngehits, masa video kamu engga bisa sih?

5. Ikutan kelas khusus

Udah belajar di sekolah/kampus, masa harus ditambah belajar lagi di tempat lain sih? Eits, jangan ngeluh dulu. Yang namanya belajar ‘kan sifatnya bisa seumur hidup. Lagi pula, kamu bisa aja belajar kemampuan-kemampuan tertentu yang bakal nunjang pekerjaan maupun kehidupan kamu secara keseluruhan, kayak misalnya masak, ngejahit, bahasa asing, atau coding. Bahkan, kamu cuma perlu ikutan kelas online yang waktu dan tempat belajarnya terserah kamu.

6. Coba online dating

via tenor.co

Nah, katanya jomblo ‘kan? Kalo engga mau jomblo lagi, ya udah coba aja ikutan online dating. Coba daftar ke Tinder atau aplikasi serupa buat iseng-iseng dulu aja. Lumayan loh, walau kamu mungkin engga bakal nemuin cinta sejati kamu, ya seengganya kamu bisa nemuin seseorang buat ngehibur kamu di malam Minggu.

7. Rencanain petualangan solo

Lah, ke bioskop sendiri aja tengsin, ini malah disuruh pergi jauh sendirian? Well, jangan keburu ngeremehin dulu, Kawan Muda. Oke kamu mungkin takut bakal kenapa-kenapa di jalan. Tapi, justru di sepanjang perjalanan kamu itulah kamu bisa nemuin orang-orang yang engga terduga dan kamu bisa ngehasilin kisah yang luar biasa buat dibawa pulang. Kalo emang kamu engga pengen benar-benar random pergi sendirian banget karena belum berpengalaman atau apa, ya udah ikutan open trip aja. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer