Jum'at, 7 Oktober 2022

Genmuda – Kehidupan SMA berakhir, kini saatnya beralih ke kehidupan perkuliahan. Sebagian dari Kawan Muda pun engga lama lagi mungkin udah harus pisah dari orang tua dan tinggal sendiri gara-gara kuliah di luar kota atau bahkan luar negeri.

Tinggal jauh dari keluarga pada dasarnya engga cuma menarik dan nyenengin, tapi juga menantang dan nakutin. Apalagi kalo ini merupakan kali pertama kamu ngejalanin hal itu, jelas bakal ada banyak ini itu yang harus kamu tanganin sendiri tanpa bantuan orang tua maupun kakak atau adik kamu.

Namun demikian, siap engga siap yang jelas ada beberapa kemampuan yang sebaiknya udah kamu tahu, malah kalo bisa sekalian kamu kuasain, Kawan Muda. Berbagai kemampuan tersebut bakal ngebantu kamu banget dalam ngejalanin kehidupan sehari-hari seorang diri. Berikut ini adalah 7 di antaranya:

1. Ngerapiin kamar

Mungkin kemarin-kemarin kamar kamu masih dirapiin nyokap atau asisten rumah tangga kamu, sekarang udah saatnya kamu sendiri yang ngerapiin kamar kamu, (baca: tempat yang bakal kamu tempatin dalam beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun ke depan).

Ngerapiin ini bukan cuma sekedar ngerapiin tempat tidur doang loh ya. Ngatur baju di lemari, nata meja belajar, serta nyapu dan ngepel kamar juga termasuk di antaranya. Engga mungkin ‘kan kamu mau minta tolong ibu kos atau ibu asrama kamu terus-terusan? Situ bos banget emangnya?

2. Nyuci baju

Iya sih sekarang di mana-mana memang udah ada laundry kiloan. Meski begitu, ada kalanya kamu juga harus nyuci sendiri. Apalagi pakaian dalam, itu sebaiknya engga dicuciin orang lain. Oleh karena itu, mumpung masih ada waktu, mending sekarang kamu belajar ngucekin baju dikit-dikit.

Kenapa ngucek? Karena di kosan atau asrama kamu ‘kan belum tentu ada mesin cucinya. Kalaupun ada, belum tentu kamu bisa ngegunain mesin cuci itu dengan leluasa.

3. Bersih-bersih

Nyikat WC dan kamar mandi, nyuci piring, serta buang sampah adalah beberapa contoh kegiatan bersih-bersih yang udah harus kamu pelajarin. Kecuali kamu pengen punya kamar jorok di sepanjang perkuliahan kamu, ya kamu engga perlu ngelakuin hal ini. Walau kamu nanti mungkin pakai kamar mandi atau fasilitas bersama lainnya, tetap aja itu bukan alasan buat kamu engga belajar bersih-bersih.

4. Masak

Engga perlu bisa masak kayak chef restoran ternama atau hotel bintang lima supaya kamu bisa bertahan selama jadi anak rantau. Minimal kamu belajar yang dasar dan sederhana aja, kayak misalnya masak air, mie, nasi, telor, tempe, tahu, sosis, dan makanan sejenisnya. Jangan lupa juga buat belajar gimana caranya manasin makanan tanpa ngegunain microwave.

5. Pertolongan pertama

Yang satu ini sebenarnya sadar engga sadar juga kamu perluin loh, Kawan Muda. Insiden ‘kan bisa terjadi kapan aja tanpa kamu rencanain dan tanpa kamu duga-duga. Buat jaga-jaga dan ngehindarin kemungkinan terburuk, mending kamu mulai cari tahu kayak gimana pertolongan pertama buat kecelakaan kayak luka bakar atau luka keiris di samping belajar soal CPR.

6. Ngatur keuangan

Nah, ini dia nih yang bakal menantang banget. Saat tinggal jauh dari orang tua, kamu udah engga bisa lagi minta uang saku harian. Biasanya, kamu bakal dapat uang saku mingguan atau bulanan dan bakal agak malu buat terus-terusan minta.

So, biar uang saku kamu engga langsung abis segera setelah kamu terima atau sebelum kamu dapat uang saku berikutnya, kamu tentu harus mulai belajar ngatur keuangan. Kalo bingung harus mulai dari mana, kamu bikin dulu aja pembukuan pribadi kamu yang berisi pemasukan dan pengeluaran kamu sehari-hari.

7. Ngatur waktu

Engga kalah sulit dari ngatur keuangan, ada pula ngatur waktu. Saat kuliah nanti, kamu bakal punya lebih banyak kebebasan. Dengan kebebasan tersebut, kamu otomatis harus ngambil banyak keputusan terkait mau kamu abisin buat apa waktu kamu dalam sehari.

Tandanya kamu harus mulai ngelola rutinitas kamu sendiri ketimbang bergantung pada orang lain. Yang paling sederhana adalah kamu engga bisa lagi ngandelin orang tua kamu buat ngebangunin kamu, jadi kamu pun harus pasang alarm sendiri. (sds)

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer

Leave a Response