Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Jangankan pemilik Yeezy, Nike Air, atau Vans Old Skool, pengguna sneakers abal-abal juga bakal ngamuk kalo sepatunya dikotorin mantan. Kalo gak percaya, tes aja injek sepatu baru temen. Pasti jadinya perang kaki.

Sepatu kotor bisa bikin galau sih. Kalo dicuci di tempat profesional, harganya kemahalan. Dicuci di tempat laundry biasa, sepatunya jadi belel. Sementara kalo nyuci sendiri, ada aja bagian yang gak bersih dan bikin sepatunya jadi cepet rusak.

Meski banyak tantangannya, bukan berarti sneakers lo harus dibiarin kotor karena sudah hakekatnya sepatu olahraga tuh lusuh. No, no, no. Sepatu kotor justru makin cepat rusak. Makanya, bersihin area-area sneakers berdasarkan tipenya, sesuai dengan pendapat para pro yang terangkum di bawah ini.

Bersihin bagian atas

1. Sneakers berbahan kanvas

via timpfest.org
(Sumber: timpfest.org).

Sneakers apa aja yang termasuk kategori kayak gini? Converse All-Star, Vans Old Skool, atau sepatu lain yang sejenis. Sepatu ini paling gampang dibersihin. Cuma butuh disikat satu arah. Buat ngangkat kotoran, celupin dulu sikatnya ke air yang udah dicampur sedikit sabun. Inget sabunnya sedikit aja supaya gak bikin rusak sepatu.

2. Sneakers berbahan kulit

via highsnobiety.com
(Sumber: highsnobiety.com)

Beberapa sneakers Adidas, sepatu lapangan, atau sepatu olahraga pada umumnya berbahan kulit. Mau kulit sintetis kayak jok mobil atau kulit asli, sebaiknya sepatu model ini dibersihin dengan sikat gigi halus atau kain halus tanpa air, seperti yang dilakuin tukang semir sepatu. Kalo ada modal lebih, pakai aja produk pembersih sepatu kulit supaya makin kinclong.

3. Sneakers berbahan suede

via menstylefashion.com
Perhatiin, bahan sepatunya bukan kulit, melainkan suede yang bertekstur. (Sumber: menstylefashion.com).

Bahan suede tuh kayak apa sih? Itu loh, bahan sepatu yang kayak kulit ada rambut-rambut halusnya. Selain sneakers model desert boots atau blue suede shoes Elvis Presley, Yeezy juga punya salah satu produk yang bahannya beludru. Ngebersihinnya jelas harus hati-hati (BANGET!).

Pertama-tama bersihin pakai sikat halus. Kalo kotorannya masih ada, coba hapus pakai penghapus karet dan bersihin sisa penghapusnya pakai sikat halus. Kotorannya masih bandel? Coba sikat dengan sedikit air. Terakhir, campur sedikit sabun kalo emang kotorannya keras kepala. Abis itu, keringin pakai handuk.

4. Sneakers berbahan rajut

via thesolesupplier.co.uk
Nih Adidas Yeezy 350. (Sumber: thesolesupplier.co.uk).

Suede mungkin udah tahun 2010 banget karena sepatu berbahan rajut mulai naik daun, nih. Ngebersihinnya jelas makin susah dan harus ekstra hati-hati. Oleh karenanya, cuma sikat lembut dengan grade “Premium” yang bisa dipakai tanpa ngerusak rajutannya. Kalo udah pakai sikat sepatu mahal itu, tinggal bersihin aja pakai sedikit air dan sabun.

Bersihin bagian bawah

5. Sol karet keras

via pinterest
Tuh bagian bawahnya keras. (Sumber: Pinterest).

Sol karet keras paling gampang dibersihin. Modalnya cuma sikat, sedikit air sabun, dan tangan yang mau menggosok-gosok dengan penuh perasaan.

6. Sol karet lembut

via scstylecaster.wordpress.com
Ngerasain kan betapa susahnya bersihin kotoran di sol bagian sampingnya Converse. (Sumber: scstylecaster.wordpress.com).

Sol karet lembut biasanya bikin kotoran susah hilang. Coba tes bersihin pakai sikat dengan sedikit air sabun. Terus, noda yang kesannya udah terbenam ke dalam sol bisa dihapus pakai penghapus karet.

7. Sol paku

via soccer.com
Kali aja mau gaya ke mal pakai sepatu bola. (Sumber: soccer.com).

Dari namanya aja udah keliatan kalo bagian bawah sepatu ini tahan banting. Emang bener karena biasanya sol paku dipasang di sepatu sepakbola, sepatu lari, atau sepatu hiking. Cara ngebersihinnya jelas dengan disemprot air bertekanan tinggi yang menjangkau tanah di celah sempit. Kalo gak ada, bersihin aja pakai sikat.

Bersihin tali

8. Trik “tali dalam karung”

via Istimewa
Nih. Masukin tali sepatu ke tas dengan bahan mesh kayak gitu biar gak nyelip-nyelip pas dicuci. (Sumber: Istimewa)

Hayo. Jangan lupa bersihin tali. Biar talinya gak hilang saat dicuci bareng pakaian lain, coba masukin tali ke dalam tas kain atau tas jaring-jaring. Abis itu, kucek-kucek deh pakai deterjen.

Terus lo juga harus inget satu hal. Sepatu yang lagi basah tuh harus dikeringin pakai angin. Kata para profesional dan produsen sepatu yang pendapatnya dirangkum buat bikin tulisan di atas sih, matahari bikin rusak warna dan bahan sepatunya. Gitu deh, selamat bersihin sepatu sendiri, ya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.