Kamis, 21 Januari 2021

Genmuda – Wah, udah pengumuman SBMPTN ya? Gimana nih Kawan Muda hasilnya? Selamat buat kamu yang akhirnya dapet kesempatan buat mengejar cita-cita di kampus impian kamu. Dan buat yang belum lolos, santai. Kamu tetep bisa ngebangun mimpi kamu di kampus swasta favorit kamu, loh.

Jadi, udah siap buat masuk ke dunia kampus yang nyatanya bakal beda banget sama dunia sekolah? Apalagi kalo kamu kuliahnya di luar kota, hem pasti bakal susah untuk adaptasi ya. Nah, kamu mesti perhatiin 7 ketakutan umum ketika kamu kuliah di luar kota nih. Sekalian sama cara mengatasinya kok, makanya perhatiin ya!

1. Kamu (belum) kenal siapapun

Jelas banget kamu belum kenal sama siapapun, karena kamu mesti mulai kehidupan baru di lingkungan baru. Apalagi kalo kamu juga gak punya keluarga, itu artinya kamu mesti siap-siap buat ngekos dan mulai hidup baru, sendiri.

Tenang, kamu gak seharusnya ngerasa sendirian. Sekarang udah saatnya cari temen ngobrol sejak awal daftar ulang dan bayaran uang kuliah. Jangan lupain juga namanya, kalo perlu tukeran nomor handphone. Setelah nanti masuk kuliah, rajin-rajin deh ikutan acara yang diadain sama senior, selain bisa nambah temen, kamu juga bisa nambah koleksi senior ganteng/cantik.

2. Bakal jauh dari keluarga

Kamu yang awalnya apa-apa minta sama mamah papah, sekarang harus mulai terbiasa buat mengurus semuanya sendiri. Wajar kalo kangen sama mereka di awal-awal kuliah, karena kita yang udah terbiasa sama keberadaan mereka, tiba-tiba harus urus segala sesuatunya sendiri.

Cara menyiasatinya, coba jadwalin buat have time atau video call sama orang rumah. Bagus kalo kamu cuma beda kota, perbedaan waktunya gak jauh. Lain halnya kalo kamu beda negara, agak repot nyamain waktunya. Rajin-rajin komunikasi, supaya gak kangen-kangen banget ketika udah tinggal sendiri di kota baru.

3. Adaptasi sama cuaca

Kamu yang biasanya tinggal di daerah panas dan gersang, pasti mesti adaptasi lagi ketika kuliah di daerah dataran tinggi yang dingin. Misal, kamu tinggal di Jakarta, terus harus kuliah di Bandung. Atau malah sebaliknya.

Kebayang dong mesti adaptasinya gimana? Mesti punya kipas angin, padahal tadinya gak pernah pake kipas angin sama sekali. Atau malah akhirnya nyetok sweater atau selimut karena akhirnya mesti menempati daerah yang dingin. Suka gak suka, kamu emang mesti ngerasain ini dan adaptasi sama lingkungan baru kamu ya. Semangat!

4. Mager pulang, karena tiketnya mahal

Ini dia yang mesti kamu sadari dari awal. Kalo kamu udah berniat kuliah dan menetap di luar kota, harusnya kamu sadar bahwa kamu gak akan bisa pulang setiap seminggu sekali. (Kecuali kamu emang anaknya tajir melintir)

Mahalnya moda transportasi umum menuju rumah malah akhirnya memaksa kamu buat mager pulang. Belum lagi kalo kamu sibuk sama kegiatan di kampus nanti, pulang ke rumah bakal jadi hal yang sangat jarang kamu lakukan.

Coba buat cari kerjaan sampingan di sela-sela kepadatan kuliah kamu, supaya kamu dapet uang jajan tambahan. Jadi, uang tambahan ini bisa kamu gunain buat beli ongkos pulang ke rumah. Atau sebaliknya, kamu suruh orang tua kamu yang sekali-kali main ke kota kamu, supaya ngerasain gimana lelahnya perjalanan dari rumah ke kota tujuan kamu. Biar sama-sama enak ya kan?

5. Bakal homesick di awal-awal

Ya namanya juga mahasiswa baru, apalagi jauh dari rumah. Segala sesuatu dikerjakan sendiri, dan di kosan pun sepi banget gak ada temen ngobrol. Gak cuma di awal-awal kuliah aja, ketika kamu udah jadi mahasiswa tingkat akhir pun, tetep bisa ngerasain homesick karena kepadatan kuliah kamu. Apalagi perkara ongkos mahal kayak poin sebelumnya, makin bikin kamu jarang pulang dan bikin homesick.

Cara menanganinya, kamu bisa cari temen deket yang bisa kamu ajak main ketika kamu boring. Atau mendekatkan diri sama temen-temen di satu kosan, biar berasa kayak di rumah sendiri. Sibukkin juga diri kamu dengan berbagai kegiatan yang positif, supaya rasa kangen kamu sama rumah bisa sedikit-sedikit terlupakan karena kesibukan kamu.

6. Lost contact sama temen lama

Ketika temen-temen se-genk kamu bisa masuk di satu kampus yang sama, bahkan jurusan yang sama, sementara kamu mesti kuliah di kota lain, kamu pasti bakal agak punya jarak sama mereka. Entah karena kesibukan masing-masing, atau karena punya temen baru yang lebih fleksibel diajak cerita. Tapi bukan berarti kamu lupain mereka ya, karena gimana pun juga mereka adalah orang-orang yang udah nemenin hari-hari kamu.

Karena jaman sekarang udah dimudahkan sama media sosial, kamu bisa dengan mudah tetep keep in touch sama mereka, dengan tetep ngobrol di grup chat. Inget, sebelum kamu merantau, jangan lupa bikin quality time dulu sama mereka, supaya hubungan kalian tetep erat.

7. Bakal pusing ngatur uang sendiri

Biasanya kamu dikasih uang jajan harian atau mingguan sama ortu, dan kalo pun kurang, kamu pasti tetep bisa minta langsung sama mereka. Tapi coba bayangin kalo kamu dapet uang jajan untuk sebulan yang mesti kamu pake buat bayar kosan, buku, fotokopi makalah, makan, dan kebutuhan gak terduga lainnya. Belum kamu mesti minta uang semesteran juga yang pastinya gak murah.

Kebayang dong berapa uang orang tua kalian yang dihabisin buat biaya kuliah kalian yang nun jauh di luar kota sana? Jadi, coba deh buat irit-irit, jangan besar ‘pasak daripada tiang.’ Gak usah beli yang perlu, apalagi cuma buat memenuhi keinginan pribadi aja.

Kalo kamu mau abisin uang itu di minggu awal, inget hidup kamu masih 3 minggu lagi. Coba juga buat cari tambahan dengan kerja part time yang gak menyita banyak waktu kamu kayak jadi Gentroopers di Genmuda.com, bisa banget loh! Yuk kuy! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.