Rabu, 25 Mei 2022

Genmuda – Usai duduk di bangku cadangan dalam tiga laga perdana musim 2016/2017. Akhirnya Pep Guardiola mempercayakan Joe Hart buat tampil di laga play-off Liga Champions, saat City bentrok Steaua Bucharest di Etihad Stadium, Kamis (25/8).

Pecinta sepak bola mungkin dibuat penasaran sekaligus ‘gemes sendiri’ atas keputusan Guardiola yang baru menurunkan kiper timnas Inggris tersebut. Meski di atas kertas The Citizen unggul agregat 5-0, namun sejumlah pemain yang diturunkan seolah engga mau tampil setengah-setengah, seperti halnya Joe Hart.

Meski kiper 29 tahun ini santer diberitakan kurang nyetel dengan gaya permainan Guardiola. Namun tadi malam Hart berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan, lengkap dengan torehan umpan 100% tanpa membuat kesalahan selama pertandingan.

Opta mencatat, Hart mampu melepaskan 100% umpan akurat dari total 9 umpan yang doi lakukan sepanjang 90 menit. Catat tersebut seolah membuktikan kalo posisinya di bawah mistar gawang masih layak diperhitungkan oleh pelatih asal Spanyol tersebut.

 

Sebelumnya beberapa media Inggris memberitakan kalo posisi Hart akan segera tergantikan oleh kiper Barcelona, Claudio Bravo. Kiper yang membela City sejak tahun 2006 tersebut dianggap kurang memiliki karakter sebagai seorang kiper sweeper yang mampu memberikan umpan-umpan pendek dari posisi belakang hingga ke depan.

Walaupun pada laga tersebut City berhasil menang 1-0 berkat gol Fabian Delph di menit ke-56 dan lolos ke fase grup Liga Champions. Namun posisi Hart di Manchester Biru masih menjadi tanda tanya besar.

Jadi laga terakhir?

Photograph: Carl Recine/Reuters
(Sumber: Carl Recine/Reuters)

Dengan torean yang cukup bagus pada laga Kamis dini hari tadi, bukan berarti Hart 100% mendapatkan kepercayaan dari Guardiola. Kantor berita BBC, Selasa (23/8), justru mengabarkan kalo Bravo telah menjalani tes medis di Manchester demi merampungkan transfernya dari Barcelona.

Kiper timnas Chili tersebut emang santer diincar oleh Guardiola guna memuluskan strateginya sebagai arsitek Manchester City. Sejauh ini emang belum ada keterangan resminya, namun besar dugaan kalo transfer Bravo bakalan rampung sebelum bursa transfer musim panas berakhir pada tanggal 31 Agustus 2016.

Melihat fakta di atas, bisa jadi pertandingan kontra Steaua Bucharest menjadi penampilan pertama dan terakhir Hart di musim ini bersama City. “Malam ini spesial bagi saya… Saya punya sejumlah malam hebat tetapi malam ini sangat menyenangkan.” ungkap Hart setelah laga.

Engga cuma itu, usai pertandingan Hart juga terlihat sangat emosional setelah mendapatkan standing applause dari penonton di Etihad Stadium. Berikut cuplikan momen tersebut Kawan Muda!

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.