Selasa, 24 November 2020
Gaya HidupOlahraga

Jadi Sponsor Utama, Pocari Sweat Garap Promo Event Jelang Asian Games Jakarta-Palembang 2018

©Genmuda.com/2018 TIMKi-ka Ketua INASGOC Erick Tohir dan Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka Yoshihiro Bando. ©Genmuda.com/2018 TIM

Genmuda – Kerjasama Pocari Sweat dan Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games (INASGOC) diumumin di Jakarta, Kamis siang (3/4). Sebagai sponsor, Pocari Sweat gelar event promo Asian Games di Indonesia.

Peluncuran kerjasama itu dibuka dengan sambutan Yoshihiro Bando selaku President Director of PT Amerta Indah Otsuka, perusahaan penaung brand Pocari Sweat di Indonesia. “Kami selalu mendukung kegiatan yang menambah semangat dan prestasi anak muda,” kata beliau.

Francis Wanandi selaku Ketua Deputi II INASGOC juga beri sambutan. “Terima kasih banyak atas dukungan banyak pihak, terutama Otsuka sebagai salah satu sponsor. Asian Games sangat membawa kebanggaan bagi bangsa. Persiapannya sudah 90 persen,” ungkap beliau.

Setelah itu, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Daniel Pieter Sumual jabarkan detil kegiatan yang dibuat Pocari Sweat buat promoin Asian Games. Salah satu kegiatannya ada yang berhadiah study tour ke Jepang, loh! Simak di bawah ini, ya.

1. Lari massal

©Genmuda.com/2018 TIM
Yoshihiro Bando, President Director PT Amerta Indah Otsuka buka acara. ©Genmuda.com/2018 TIM

Bukan lari dari kenyataan, tapi lari beneran ya, gaes. Februari lalu, Pocari Sweat mengajak sejumlah anak SMA dari Jakarta dan Palembang buat lakuin event pertama, yaitu lari dengan jumlah jarak tempuh 18.818 km.

Pesertanya ternyata “membeludak” hingga 8.814 anak SMA yang masing-masing lari menempuh trek 3 km. Kalau di jumlahkan, jarak tempuhnya melebihi target, yaitu jadi 26.442 km.

2. Kirab obor

©Genmuda.com/2018 TIM
Peta alur Kirab Obor Asian Games 2018. ©Genmuda.com/2018 TIM

Pocari Sweat juga siapin acara Torch Relay alias kirab obor Asian Games 2018. Berdasarkan rencana Pocari Sweat, kirab obor itu digelar bergiliran di 12 provinsi dalam kurun 18 Juli hingga 18 Agustus.

“Teman-teman dipersilakan ikut berlari sejauh 5 kilometer mengiringi pembawa obor,” kata Danial menjelaskan. Jadwal treknya adalah sebagai berikut:

  • Prambanan, Yogyakarta (18 – 19 Juli)
  • Solo, Jawa Tengah (19 – 20 Juli)
  • Malang, Jawa Timur (20 – 21 Juli)
  • Denpasar, Bali (23 – 25 Juli)
  • Mataram, NTB (25 – 26 Juli)
  • Makassar, Sulawesi Selatan (29 – 30 Juli)
  • Pekanbaru, Riau (1 – 2 Agustus)
  • Padang, Sumatera Barat (2 – 3 Agustus)
  • Palembang, Sumatera Selatan (4 – 7 Agustus)
  • Bandung, Jawa Barat (11 – 12 Agustus)
  • Bogor, Jawa Barat (14 – 15 Agustus)
  • Jakarta Pusat, DKI Jakarta (15 – 18 Agustus)

3. #isweatindonesia

©Genmuda.com/2018 TIM
Daniel Pieter, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka. ©Genmuda.com/2018 TIM

“Anak muda di luar area tersebut tidak perlu berkecil hati. Untuk merayakan euforia Asian Games, semua bisa mengikuti event online kami,” terang Daniel. Event yang dimaksud adalah #isweatindonesia.

“Cukup posting foto atau video kamu sedang beraktivitas hingga berkeringat lalu posting ke Instagram dengan tagar #isweatindonesia,” kata Daniel. Anak-anak SMA dengan postingan paling kreatif bakal dapat hadiah.

4. Hadiah membenahi lapangan olahraga sekolah

©Genmuda.com/2018 TIM
Ki-ka: Erich Tohir presentasi sementara Ketua Deputi II INASGOC Francis Wanandi dan MC memperhatikan. ©Genmuda.com/2018 TIM

Perwakilan SMA yang postingannya menang bakalan didatengin tim Pocari Sweat dan mendapat pembenahan lapangan olahraga tanpa dipungut biaya. Hadiah itu tersedia buat dua sekolah.

“Lapangannya dicat ulang, diganti ring basketnya, atau dibenahi net gawangnya tergantung kebutuhan. Satu sekolah hanya mendapat jatah satu lapangan. Tapi, kita lihat perkembangannya nanti,” kata Daniel.

5. Hadiah studi wisata ke Jepang

Selain membenahi lapangan olahraga sekolah, Pocari Sweat juga bagi-bagi tiket gratis study tour ke Jepang. “Berdasarkan kebijakan, masing-masing pemenang mendapat empat tiket studi wisata ke Jepang plus satu tiket tambahan untuk guru pendamping,” kata Daniel.

Daniel menyarankan, “Makanya, postingannya harus dibuat oleh teman-teman dari sekolah yang sama dan maksimal berisi empat orang supaya gampang membagi tiketnya.”

6. Mendadak terkenal

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Bisa diibaratkan hadiah hiburan, peserta #isweatindonesia yang engga terpilih sebagai dua pemenang utama masih bisa nampil sebagai “model Pocari Sweat.” Bukan jadi model iklan bareng JKT48, tapi sebagai cover kardus.

“Kami juga akan memilih sejumlah foto paling kreatif untuk ditampilkan ke dalam desain kardus isi 6 Pocari Sweat,” kata Daniel. Dia menerangkan, segala event #isweatindonesia berlangsung hingga 15 Juli.

7. Kerjasama tingkat Asia

©Genmuda.com/2018 TIM
Ketua Deputi II INASGOC, Francis Wanandi. ©Genmuda.com/2018 TIM

“Kerjasamanya dibuat antara pihak Otsuka dengan pihak Olympic Council of Asia. Jadi itu bentuk kerjasama regional bukan khusus di Indonesia,” tutur Pak Francis.

Artinya, dukungan Pocari Sweat dalam Asian Games 2018 merupakan bentuk kerjasama antar organisasi induk. Ada kemungkinan pihak Otsuka bawa nama Pocari Sweat untuk mengadakan promo tertentu di negara lain terkait Asian Games 2018.

Ketua INASGOC Erick Tohir yang datang di pertengahan kegiatan menjelaskan kalo “Kerjasama Pocari Sweat di Asian Games senilai dengan uang tunai 5 juta USD ditambah 2 juta USD dalam bentuk minuman, botol minum, jaket serta perlengkapan0 lain untuk atlet dan official.

FYI, saat konferensi pers digelar, Asian Games 2018 didukung sama 38 sponsor, termasuk Otsuka. Total dana yang diperoleh dari sponsor berjumlah Rp 700 miliar. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.