Jum'at, 27 November 2020

Genmuda – Gaya hidup gak sehat ditambah jarang olahraga jadi penyebab kenapa anak muda sering banget kena penyakit berbahaya. Modal ngebanyakin tidur di weekend sebenernya masih belum cukup buat tubuh, malah bisa lebih berbahaya buat kesehatan.

“Kok tidur udah cukup, tapi paginya gue masih sering capek banget ya?”

Pernah gak ngalamin hal kayak gitu? Atau malah sering? Awas gengs, bisa jadi tubuh kamu lagi ngasih sinyal gelaja penyakit, tanpa kamu sadarin. Bukan maksudnya nakut-nakutin atau gimana, seenggaknya baca aja dulu deh beberapa penyebap yang bikin tubuh kamu gampang capek.

1. Anemia

Kurangnya sel darah merah di tubuh kamu bikin sirkulasi oksigen di dalam tubuh kamu jadi terganggu. Salah satunya gejalanya kamu sering pusing, mual, hingga gampang capek. Hasilnya kerja tubuh menjadi kurang maksimal. Saat lagi datang bulan, cewek juga bakal punya risiko lebih tinggi terkena anemia. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti daging sapi dan kacang-kacangan. Imbangin juga sambil makan buah-buahan yang kaya vitamin C ya.

2. Depresi

Sadar atau gak, saat kamu lagi galau, banyak pikiran, atau depresi, sebenernya tubuh kamu bakal kasih tanda-tandanya lewat muncul jerawat, susah tidur, hingga badan gampang capek. Efeknya emang gak gitu berasa, tapi kalo udah parah bakal kasih kamu efek domino dan memicu penyakit lainnya. Gak ada tips yang aneh-aneh, kamu cukup berpikir positif supaya depresinya gak kelamaan. Kalo masih berlanjut, penulis saranin mending konsultasi ke psikolog atau dokter terdekat.

3. Kamu jarang olahraga

via: giphy

Coba inget-inget lagi, kapan kamu terakhir kali olahraga? Kalo jawabannya udah lama banget, bisa jadi itu penyebab kenapa badan kamu sering banget capek. Sama kayak mesin mobil yang bakalan rusak kalo jarang dipanasin, tubuh juga sama gengs. Makanya sempetin olahraga minimal seminggu sekali. Sekedar jogging atau jalan santai di mall juga gak masalah kok, yang penting badan gerak.

4. Diabetes

Gula atau glukosa seharusnya menjadi sumber energi, tapi jika mengendap terlalu lama dalam tubuh jelas jadi penyakit. Pola makan gak teratur dan jarang olahraga jadi salah satu penyebab utama diabetes. Karena jarang disadari, penderitanya sering mengalami haus, sering buang air kecil, hingga gampang capek. Kalo udah kena gejala kayak gitu, coba deh cek kadar gula darah kamu sebelum terlambat.

5. Tiroid kamu terlalu aktif

JSYK, kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang mengatur metabolisme tubuh kamu, mulai dari sebeberapa cepat tubuh membakar kalori hingga masalah pencernaan. Nah, saat kelenjar tiroid menghasilkan banyak hormon tiroid, kondisi ini disebut juga hipertoroidisme. Dampaknya tubuh kamu jadi gampang banget capek, sampe yang paling ekstrim berat badan ikutan turun. Kalo dibiarin terlalu lama, bisa ada risiko untuk berkembang menjadi kanker tiroid.

6. Kurang kalori

Oke, anggap aja kamu kecapean, otomatis butuh energi. Sumber energi gak lagi lain ada pada makanan kaya kalori seperti pisang, alpukat, dan masih banyak lagi. FYI, umumnya rata-rata cewek membutuhkan 1.600-2.400 kilokalori per hari, sedangkan cowok 2.000-.3000 kilokalori. Tapi perlu diinget, terlalu banyak atau terlalu sedikit kalori di tubuh kamu juga gak baik, jadi yang sedang-sedang aja ya.

7. Kamu kurang minum air putih

Mau minum teh, kopi, atau minuman energi lainnya jelas gak bakal berpengaruh kalo kamu gak banyak minum air putih. Soalnya salah satu penyebab utama kenapa tubuh sering capek adalah karena dehidrasi. So, biar gak kurang minum, selalu sedia aja botol minum buat ke sekolah/kampus. Semoga membantu ya, Kawan Muda!

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.