Senin, 18 Januari 2021
HiburanNyeni

Istilah-Istilah Nyeni yang Perlu Kamu Pake dalam Perbincangan Sehari-Hari, Biar “E S T E T I K A”

©Genmuda.com/2016 TIMDi antara lagu-lagunya, Gesit menyapa dan bercanda bareng pengunjung. Meski mellow pas lagi mainin gitar, pembawaannya tetep kocak dan enerjik waktu lagi berbincang. ©Genmuda.com/2016 TIM.

Genmuda – Berbagai karya seni makin gampang tersampaikan secara digital ke anak muda, seiring nambahnya pengguna media sosial. Akibatnya, berbagai istilah khas dunia seni mulai diadaptasi dalam pergaulan sehari-hari.

Selain keren lantaran enak didenger, istilah tersebut juga menyingkat penggunaan kata dan lumayan saik untuk dipake dalam menulis caption postingan apapun. Jadi, gak ada salahnya memahami 10 istilah nyeni di bawah ini yang pastinya berguna dalam obrolan tiap hari.

1. Aesthetic

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Dari segi bahasa, kata “estetis” atau “aesthetic” tuh kata sifat yang artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan atau selera tinggi. Dalam pergaulan sehari-hari, kata ini cocok banget dipakai untuk memuji. Daripada bilang “keren banget!” mending bilang “estetis!” karena artinya udah mewakili.

2. Artwork

Pembagian karya seni jaman sekarang makin kabur. Sebuah lukisan bisa berubah jadi karya seni instalasi melalui penataan estetis dalam galeri. Saat bingung dengan kriteria jenis kesenian buatan orang, mendingan bilang aja karyanya sebagai “artwork,” mau itu lukisan, patung, batik, atau apapun juga.

3. Avant-Garde

via vidio.com
Kamu sah-sah aja sih bilang Barasuara sebagai musisi avant-garde. Asalkan bisa ngasih alesannya. (Sumber: vidio.com)

Seniman dan nyeniman sering banget pake istilah avant-garde. Itu adalah kata yang merujuk pada sebuah kelompok inovatif dan eksperimental, atau berani ciptain artwork dari yang lain. Dengan kata lain, anak avant-garde adalah anak anti-mainstream.

4. B-Movie

Secara teknis, kata B-Movie berarti film yang digarap dengan bujet kecil. Lama-lama, arti katanya berkembang jadi film yang kualitasnya jelek banget.

5. Beat

via buzzfeed.com
Michael dan Carissa, duet bernama Us the Duo yang beatnya nyambung dari musik hingga ke pelaminan. (Sumber: buzzfeed.com)

Istilah musik ini secara harfiah berarti ketukan atau ritme. Dalam kalimat, artinya bisa nunjukin situasi klop satu sama lain. Contohnya, gini: “Gue sekelompok sama Yona aja, deh. Udah nge-beat banget soalnya!”

6. Biennale

Berdasarkan sejarah, “Biennale” dipake untuk nyebut pameran seni rupa internasional di Venisia, Italia. Sekarang, biennale juga nampilin seni musik. Jadi, festival seni apapun sah-sah aja disebut biennale asalkan skalanya besar.

Lain kali kamu bingung namain pensi sekolah atau kampus, pake aja kata Biennale. Contohnya, gini. Kamu anak SMA 29 yang bingung mikirin nama pensi. Udahlah, pake aja nama 29 Biennale yang pasti aman.

7. Exposure

via: Sony Music Entertainment Indonesia
(Sumber: Sony Music Entertainment Indonesia)

Gampangnya, exposure (baca: eksposur) berarti tingkat kecerahan suatu foto. Istilah fotografi itu bisa juga dipake untuk ngebahas tingkat popularitas. Misalnya, gini: “Exposure Rendy Pandugo di media sosial lagi banyak, nih. Panggil dia yuk jadi bintang tamu pensi kita.”

8. Improvisasi

Randy: “Son. Pak Asep jadi masuk kelas nanti siang?”

Samson: “Kata anak-anak sih jadi.”

Randy: “Mampuslah! Kelompok kita kan belum siapin bahan presentasi.”

Samson: “Ah, santai. Kita improvisasi aja di depan kelas berdasarkan bahan dari dalam makalah.”

Daripada pake kata “dadakan” atau “ngasal,” mendingan “improvisasi,” kan?

9. Psychedelic

@fazerdaze ✨

A post shared by ? (@ardneks) on

Berdasarkan sejarah, psychedelic tuh aliran seni yang karyanya dibuat dalam pengaruh zat psikedelia (narkoba jenis LSD). Dalam artwork, lukisan psychedelic berciri permainan warna terang (biasanya ada dominasi kuning, merah, biru), intens, dan agak abstrak.

Sementara itu, musik psychedelic bisa didenger jenisnya kayak musik-musik tahun 1960. Beberapa musisi beraliran itu, misalnya Jimi Hendrix, Pink Floyd, Jefferson Airplane, The Rolling Stone, The Doors, termasuk Tame Impala.

10. Satir

Nyinyir itu satir. Jahara pun satir. Sarkas juga bisa dibilang satir. Intinya sih, kata “satir” berarti nyindir. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.