Senin, 16 September 2019

Genmuda – Fitur media sosial sejuta umat Instagram, makin banyak aja nih gaes. Setelah Instagram Stories bisa ngetag temen, lokasi, dan sticker di postingan kamu, tepat pada hari Rabu (25/1) Instagram resmi ngeinfoin kalo Live Stories bakal available ke semua penggunanya. Yeah!

Biar Kawan Muda engga gagal paham, sebenernya Instagram Live udah dirilis sejak bulan November 2016 namun terbatas di sejumlah negara aja seperti Amerika dan Eropa. Ngelihat animo netizen yang tinggi akan fitur ini, akhirnya Instagram “Live” bakal bisa kamu gunain dalam waktu dekat dalam versi Instagram 10.0 ke atas.

Terus emang apa aja sih keunggulan dan cara gunain fitur ini biar kamu makin kekinian? Nih, Genmuda.com jelasin secara lengkap biar kamu makin up to date. Cekidot!

Mirip Bigo dan Periscope

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Berbeda dari Boomerang atau Hands Free yang hasil dari Instagram Storiesnya bisa kamu simpen, hasil Live justru engga bakalan bisa. Begitu kamu selesai ngelakuin Instagram Live Stories, otomatis siaran kamu itu bakalan ilang. Bentuknya sendiri hampir mirip loh sama Periscope dan Bigo.

Nantinya setiap akun yang menonton dapet kasih komentar dan ‘love’ pada saat kamu Live. Dan kamu pun juga bisa tau siapa aja user yang nonton Live kamu, tapi engga kasih komentar (Hati-hati kalo pengen stalker).

Kalo misalkan komentarnya banyak yang ganggu dan engga jelas, Kawan Muda tinggal nonaktifkan aja deh komentar di video kamu. Hal lain yang engga kalah penting, kalo akun kamu engga ‘digembok’ (baca: di-private) jangan heran kalo orang lain, –yang bukan jadi follower kamu, bisa ikur nonton live kamu.

Engga usah takut ketinggalan update

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Engga usah takut ketinggalan momen saat following kamu lagi ngadain Live, karena Instagram bakal kasih kamu notifikasi akun apa yang sedang Live. Secara gampang kamu juga bisa ngebedain akun-akun mana aja yang lagi ‘Live’ di timeline, soalnya bakal ada kata ‘live’ di bawah Instagram Stories following kamu.

Tapi kalo kamu ngerasa notifikasi ‘Live’ cukup ganggu dan bikin boros baterai smartphone, kamu tinggal nonaktifkan aja notifikasi ‘Live.’ Caranya cuma buka Profile > Setting > Notifications > Live Videos > Off. Selesai deh.

Via Google

Gimana cara gunainnya?

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Untuk menggunakan fitur Live, tahap awalnya kamu harus download versi terbaru Instagram, tapi harap bersabar kalo kamu belum bisa gunain. Soalnya Instagram Live engga langsung muncul serentak karena belum mencangkup semua pengguna global sampe minggu depan (Akhir bulan Januari), tapi engga ada salahnya kamu tau dulu nih cara gunanya.

Setelah Kawan Muda pastiin aplikasi Instagram di smartphone kamu adalah versi paling anyar, kamu cukup pilih gambar kamera seperti halnya ‘stories,’ geser layarnya ke kanan dan di bagian bawah bakal ada menu “Live” (Kalo belum ada, Sabar ya, kan masih bertahap). Kemudian klik “Start Live Video” dan voilà! Instagram ‘Live’ Stories kamu pun langsung bisa diliat sama followers kamu dan pengguna Instagram lainnya di seluruh dunia. Ntap!

Dalam blog resminya, pihak Instagram ngaku seneng banget akan perilisan fitur baru ini. Terlebih lagi fitur Instagram Story berhasil ngegaet 150 juta pengguna baru setiap harinya. Well, kalo kamu pengen kasih tutorial DIY, make-up, gambar, nyanyi atau emang ‘banci tampil’ pasti kamu bakalan naksir deh sama Instagram Live. Selamat mencoba ya. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela