Sabtu, 10 April 2021

Genmuda – Dewasa ini, semakin banyak orang tertarik untuk mengoleksi suatu jenis mainan. Bahkan para komunitas pencinta mainan pun mulai muncul di berbagai daerah di Indonesia. 

Hobi satu ini emang lagi hype banget, terbukti dari semakin banyaknya toko hobi ataupun festival mainan yang diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Buat Kawan Muda yang menjadi seorang kolektor, melihat jajaran mainan di toko hobi maupun festival mainan saja sudah sangat menyenangkan, apalagi kalo bisa punya. He-he.

Harus diakui pula jika salah satu keuntungan dari mengoleksi mainan adalah bisa mendatangkan kepuasan batin bagi para kolektornya. Selain memberikan kepuasan batin, mengoleksi mainan ternyata dapat memberikan beberapa manfaat lain kepada kolektornya loh. Penasaran? Temukan jawabannya lewat artikel persembahan Genmuda.com dan Colony.co.id di bawah ini. Cekidot!

1. Sebagai Investasi Masa Depan

Lego Ghostbusters III Collection (Foto: Lego)
Lego Ghostbusters III Collection (Foto: Lego)

Beberapa jenis mainan bisa kamu jadikan barang investasi loh. Contohnya adalah LEGO. Nilai investasi mainan LEGO dikatakan bisa naik lebih tinggi daripada instrumen investasi konvensional seperti saham atau emas. Kalo rata-rata investasi saham naik 5-8% per tahun, nilai investasi LEGO bisa naik hingga 12% setiap tahunnya. Menggiurkan kan tuh?

Selain LEGO, mainan-mainan lain pun bisa memberikanmu banyak keuntungan apabila kamu jeli dalam memilih mainan mana saja yang nilai investasinya tinggi. Sebagai tips, kamu bisa mencari mainan koleksi yang diproduksi dalam jumlah terbatas dan mencari mainan yang memiliki banyak penggemar seperti Star Wars, Marvel dan sebagainya.

2. Mengasah Kreativitas

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Siapa sangka kalo mengoleksi mainan dapat mengasah kreativitas, terutama bagi kolektor yang juga hobi fotografi. Engga sedikit dari kolektor mainan yang menjadikan mainan koleksinya sebagai objek fotografi. 

Bahkan, beberapa kolektor mampu membuat karya fotografi yang unik dari berbagai pose mainan ataupun konsep yang dibuatnya. Kalo kamu penasaran ingin melihat contohnya? Baca aja beberapa contohnya yang pernah Colony tulis.

3. Menghias Rumah atau Kamar

via: Comics
(Sumber: Comics The Blog)

Jika koleksi mainan Kawan Muda udah banyak, kamu bisa membuat etalase tersendiri untuk memamerkan mainan koleksimu di rumah atau di kamar. Selain berfungsi sebagai hiasan, melihat mainan yang kamu koleksi berjajar rapi di etalase tentu dapat membuat perasaan hatimu lebih tenang. 

Kamu juga bisa dengan mudah memamerkan mainan koleksimu kepada teman ataupun kolektor lainnya. Lumayan kan buat ajang narsis dan menyalurkan hobi kamu. He-he.

4. Membuatmu Lebih Dekat dengan Anak

via: Gannett
(Sumber: Gannett)

Desmond Kelly, seorang pediatrik pengembangan sikap di Chapel Hills, Carolina Utara, AS beranggapan bahwa seseorang yang hobi mengoleksi mainan dapat dengan mudah dekat dengan anaknya. Selain dapat bermain bersama dengan mainan yang dimiliki, Desmond Kelly juga mengatakan bahwa kegemaran atau hobi mengoleksi tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan psikologis anak.

“Hubungan orang tua dan anak akan semakin dekat, dan ketika itu terjadi tentu dapat memberikan hal positif bagi perkembangan si anak.” ungkap Kelly.

5. Mendapatkan Teman Baru

via: blogspot
(Sumber: Blogspot)

Ini sih engga perlu dijelasin lagi. Soalnya dengan kamu menjadi seorang kolektor mainan, hobi itu dapat mempertemukan kamu sama teman, apalagi kalo kamu gabung sama komunitas mainan.

Ya, saat ini udah banyak banget komunitas mainan yang ada di Indonesia, baik itu komunitas online maupun offline. Kalo kamu beruntung, bukan hanya teman yang bisa kamu dapatkan, tapi mungkin juga jodoh. Nah, makin tertarik kan buat mengoleksi mainan?

Well, itu dia beberapa keuntungan yang bisa Kawan Muda dapatkan dari mengoleksi mainan. Jika kamu seorang kolektor atau tertarik dengan dunia koleksi, yuk hadir ke acara Colony Collection Market: Toys & Games yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016. Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini kamu bisa bertemu dengan para kolektor-kolektor yang tergabung ke dalam komunitas, maupun tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games

Selain berkesempatan untuk berburu produk mainan yang ada di Wanted List kamu, berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan motion sensor yang sedang hits juga siap menanti kehadiran kamu. Buat informasi lebih lanjut, mampir aja ke website Colony Collection Market atau hubungi cs@colony.co.id. (adv)

Share and Enjoy !

Comments

comments