Selasa, 23 Oktober 2018

Genmuda – Sering enggak sih ngalamiin bau mulut saat bangun tidur? Kalo kamu sendiri yang cium baunya sih gak masalah, tapi kalo yang cium temen, guru, dosen, bos, gebetan, atau pacar kamu? Yakin masih bisa selaw? YA ENGGAK GITU DONG!

Mungkin banyak cara udah kamu lakuin, dari beli obat kumur, sikat gigi rutin dengan pasta gigi warna-warni, mandi kembang, atau pergi ke paranormal (Ini emang lebay banget). Tapi kenapa ya nafas kamu masih gak sedap?

Jangan minder dulu gengs, bisa jadi ‘biang keroknya’ adalah bakteri yang terkandung di mulut. Mereka bisa bebas merdeka selama kamu tidur karena mengalami penurunan oksigen yang tersedia di dalam mulut.

Si Bakteri mencerna protein yang tertinggal di mulut dari sisa-sisa makanan yang terjebak antara gigi. Protein yang dicerna itulah akan menghasilkan gas belerang yang mengakibatkan bau naga mulut.

Nah, kalo kamu ngerasa gosok gigi aja masih belum cukup mungkin aja kamu layak coba 5 hal di bawah ini. Pantengin sampe selesai deh biar gak bau mulut lagi. Amin!

1. Kurangi konsumsi alkohol

via: Tumblr

Selain gak boleh dikonsumsi terlalu banyak, sisa alkohol di dalam mulut akan meninggalkan bau mulut dan bikin kamu gampang haus. Pas mabok aja baunya udah gak ens, apalagi kalo udah selesai mabok? Gak usah dibayangin kamu pasti udah paham. Solusinya, ganti aja sama air putih. Sehat dan murah meriah. Gitu.

2. Gak sebats

via: giphy

Enggak bisa ditampik jika rokok menjadi salah satu penyebab bau mulut. Kandungan tembakau dalam mulut dapat membuat mulut kamu kering sehingga meningkatkan temperatur dalam mulut kamu. Hal inilah yang bikin bakteri berkembang biak. Rokok juga meningkatkan risiko pembusukan gigi, kalo udah gitu jadi nambah lagi kan penyebab bau mulut. Mau?

3. Kurangi minum kopi

via: giphy

Minuman yang yang punya aroma khas ini bias meninggalkan aromanya di mulut kamu setelah di konsumsi. Buat Kawan Muda yang menyukai kopi sebaiknya kamu kurangi atau beralih ke minuman yang gak punya aroma menyengat kayak teh.

4. Jangan lupa sarapan

Sarapan emang penting buat aktivitas kamu, tapi ternyata bukan cuma itu doang. Tanpa sadar, sarapan justru merangsang produksi air liur kamu yang akhirnya membasahi mulut dan membuat mulut jadi gak bau. Tapi menu sarapannya jangan semur jengkol, petai, dan ditutup makan duren. Kamu seterong banget kalo kayak gitu! Pokoknya jangan!

5. Jaga kebersihan mulut, jangan lupa pergi ke dokter gigi 6 bulan sekali

Well, ini emang wajib kamu terapin. Tapi gak cuma dengan sikat gigi doang, ya. Kamu bisa membersihkan lidah dengan sikat lidah supaya bakteri penyebab bau yang terselip di lidah gak terus-terusan bertahan di dalam mulut.

Selain itu, bersihin juga celah gigi kamu dengan benang gigi, karena gak semua tempat bisa terjangkau oleh sikat gigi. Kalo perlu berkumurlah dengan obat kumur. Terakhir jangan lupa dateng ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Biar apa? Biar gak bau mulut lagi dan jadi makin ganteng/cantik maksimal! (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela