Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Jelang pergantian tahun rasanya kurang lengkap kalo kita enggak ngebahas hal-hal kocak lewat meme yang mewarnai sepanjang tahun 2017 ini. Mulai dari becandaan receh, ceng-cengan politisi, sampe drama anak kecil yang menjadi viral karena sebiji meme.

Harus diakui kalo orang Indonesia emang paling jago kalo urusan meme, gak heran juga jika Pak Jokowi menganjurkan ada jurusan kuliah bikin meme di Indonesia. Well, daripada udah keburu ganti tahun, mendingan kamu pantengin 6 meme terkocak tahun ini yang udah Genmuda.com rangkumin buat kamu. Disimak, gengs!

1. Meme Macan Cisewu

via: Twitter
(Sumber: Twitter)

Inget kisah patung macan Cisewu? Itu loh patung macan di depan Komando Rayon Militer (Koramil) Cisewu, Garut, yang terlihat jenaka dan jauh dari kata sangar. Berbagai komentar dan meme jenaka langsung membanjiri lini massa. Bahkan sampe dibikinin template kosongnya, loh. Kan niat banget.

Sayang, viralnya meme Macan ‘Nyengir’ Cisewu membuat pihak Koramil setempat menggantinya dengan patung macan yang lebih garang. Di lain pihak kehadiran macan Cisewu dianggap sangat berkasan karena udah menghibur banyak netizen. Bahkan, komikus Marvel, Ario Anindito sengaja menyelipkan gambar ‘Si Harimau’ dalam sarung pedang Deadpool sebagai bentuk kenang-kenangan buat Si Maung. Goks!

2. Ibu “Pengabdi Setan”

via: Twitter
(Sumber: Twitter)

Kesuksesan Joko Anwar dalam meracik ulang film “Pengabdi Setan” jadi salah satu bukti kalo film horor emang masih jadi daya tarik buat penonton Indonesia. Gak melulu soal esek-esek, “Pengabdi Setan” menawarkan sinematografi epik, bahkan menurut Genmuda.com lebih nyeremin ketimbang horor Hollywood.

Seperti bisa kamu tebak, film ini makin sukses setelah sosok Ibu yang diperanin Ayu Laksmi dibikin memenya oleh netizen. Bisa dibayangin, ibu yang menyeramkan di film itu dijadiin ibu-ibu pada umumnya. Ibu yang ingetin angkat jemuran, ibu yang nanya kapan lulus, dan masih banyak lagi. Kamu pasti pernah liat memenya berseliweran di medsos kan? Ngaku deh!

3. Papa Setya Novanto (Jilid 1)

via: Youtube

Meme ini mungkin masih nempel banget di ingetan Kawan Muda. Yup, kisah politisi senior sekaligus ketua DPR non aktif, Setya Novanto emang bikin kamu serasa lagi nonton sinetron dengan balutan berbagai drama.

Karena netizen terlanjur GMZ (baca: gemezzz) maka saat ‘Papa’ Setnov sempat dirawat di rumah sakit, berbagai lini masa ramai-ramai membuat memenya. Tapi karena baper dianggap mencemari nama baik, mantan pengacara Papa, Fredrich Yunadi, akhirnya memperkarakan sejumlah akun yang menyebarluaskan meme kliennya. Wadaw!

4. Drama Prosotan

via: Twitter
(Sumber: Istimewa)

“Lo ngomongin gue di prosotan kan?”

Inget, itu adalah quotes paling greget dari drama anak SD di depan prosotan. Hingga saat ini emang gak ada yang tau identitas dua anak kecil di video tersebut, namun kalo kamu tonton secara penuh penghayatan, kamu mungkin bisa mengerti gimana sakitnya diomongin dari belakang oleh temen sendiri. DI DEPAN PROSOTAN pula. Sekali lagi Genmuda.com perjelas, DI DEPAN PROSOTAN. Udah, kayak gitu aja.

5. Tiang Listrik ‘Keramat’ (Jilid 2)

via: Youtube

Dari prosotan kita pindah ke tiang listrik, nih. Bukan anggota KPK dan bukan pula oknum penegak hukum yang mampu menghentikan sosok Setya Novanto, melainkan sebuah tiang listrik. Peristiwa kecelakaan itupun dianggap sebagian netijen (karena terlanjur nyinyir), sebagai drama Papa Jilid 2.

Belum lagi komentar dari Kuasa Hukum Pak Setnov yang bilang kliennya “Benjol segede bakpao.” dan “Mobilnya hancur… cur.. cur..” seolah jadi bahan cengan dari netijen. Tapi karena khawatir tercyduk kaayak kasus pertama, jumlah meme Setnov diperhalus dengan meme Tiang Listrik. Bahkan sosok benda mati itu jadi inspirasi sebuah game hingga lagu dangdut.

6. Sleding Kak Seto

via: Twitter
(Sumber: Twitter)

Sosoknya kalem, malah cenderung kharismatik. Tapi siapa sangka kalo psikolog sekaligus mantan ketua Komnas Anak, Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto, dijadiin bahan meme netizen, dengan berbagai akun palsu. Quotes terkenalnya ya bahas sleding-sleding.

Beda sama Papa Setnov yang langsung mempolisikan netizen yang bikin meme terkait dirinya, Kak Seto justru santai menanggapinya. Dalam wawancaranya dengan tim Popcon Asia, doi malah mengganggap ‘meme sleding’ itu sebagai sesuatu yang wajar dan merupakan bentuk ekspresi anak muda. Ntap!

Nah, kalo menurut kamu mana meme yang paling menghibur di sepanjang tahun ini? Kasih tau Genmuda.com di kolom komentar ya. Siapa tau kita bisa ngakak berjamaah. Udahan dulu ya. Ciao!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.