Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – Benda apa yang bisa nyenengin orang tua dan penting bagi anak sekolah, terutama bagi yang mau ngeraih pendidikan tinggi? Beasiswa lah jawabannya. Ada yang bayarin semua biaya pendidikan kamu plus ngasih uang jajan, ada juga yang bayari sebagian biaya pendidikan tingginya.

Biarpun beda, dua-duanya sangat bermanfaat. Kamu harus banget coba mendaftarkan diri karena siapa tau kan keterima. Biarpun informasinya mungkin sulit didapat, sebenernya ada banyak beasiswa bertebaran. Supaya kamu terbantu, coba lihat nih daftar-daftar beasiswa yang patut banget kamu pantau terus.

1. Beasiswa Mahaghora

via reactiongifs.com

Beasiswa yang jadi program pengabdian masyarakat Perusahaan Mahaghora ini menyeleksi penerima beasiswanya berdasarkan nilai akademis, keaktifan, dan kemampuan berorganisasi. Cocok banget buat kamu yang dari masa sekolah udah sibuk jadi panitia dan kegiatan lain.

2. Beasiswa Tanoto Foundation

Selain ngasih uang kuliah maksimal 5 juta rupiah tiap semester buat program S1 dan 15 juta rupiah buat program S2 dan tunjangan biaya hidup, Tanoto Foundation juga ngasih berbagai pelatihan berorganisasi dan kepribadian bagi penerima beasiswanya.

Syarat pertamanya, kamu harus udah masuk UI, ITB, IPB, UGM, USU, Universitas Riau, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman, Unhas, Brawijaya, Undip, atau Andalas. Lebih lengkapnya, liat aja di situs Tanoto Foundation.

3. Fair & Lovely (FAL) Bintang Beasiswa

via giphy.com

Dear, cewek-cewek. FAL Bintang Beasiswa mencari 50 orang yang diterima di UGM, UNY, UNS, Undip, UM, dan Brawijaya buat diberi berbagai program pengembangan diri dan biaya kuliah lengkap dengan biaya keperluan kuliah selama satu tahun. Coba daftar aja. Jangan minder duluan.

4. Beasiswa Indonesian Leadership Foundation (ILF)

Pendaftaran beasiswa ILF biasanya berlangsung hingga 1 Mei, jadi anak-anak SMA punya lebih banyak waktu buat siapin segala persyaratannya. Apa aja syaratnya? Yang penting sih kamu beragama kristen/katolik, pengen masuk perguruan tinggi terakreditasi, dan pastinya mengisi formulir pendaftaran.

5. Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

via istimewa

Sementara itu, anak-anak pesantren yang pengen lanjutin kuliah ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, seperti UIN, selalu bisa bersaing dapatkan PBSB dari Kementerian Agama. Langsung aja klik link di atas supaya tau persyaratan lengkap. Buat yang mau lanjut ke perguruan tinggi umum gimana nasibnya? Ya ikut beasiswa lain.

6. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Sebelum usia kamu 22 tahun, coba deh daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud kalo mau dapet beasiswa S1. Kalo diikutin terus, beasiswa pemerintah ini bisa ngebawa kamu hingga jenjang S3. Syarat penting lainnya adalah kamu harus termasuk orang yang pernah dapet penghargaan baik itu di dalam ataupun luar negeri.

7. Bakti BCA

via istimewa

Bukan maksud untuk promosi atau apa nih, tapi Bank Central Asia emang suka ngasih beasiswa buat mahasiswa UI, IPB, ITB, Unpad, Undip, UGM, ITS, Unair, Brawijaya, Udayana, USU, Unhas, Universitas Sriwijaya, Universitas Samratulangi, Universitas Mulawarman, dan Universitas Cendrawasih. Coba cek situsnya atau di pusat pengumuman beasiswa kampus kamu nanti.

8. Bidikmisi

Ini beasiswa yang pasti ditawarin sekolah ke murid-muridnya. Berdasarkan jadwal resmi, pendaftaran calon penerima Bidikmisi berlangsung sampai 1 September jadi kamu punya banyak waktu buat bertanya-tanya sama pihak sekolah dan ngurus semua persyaratannya. (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response