Senin, 10 Desember 2018

Genmuda – Masuk pertengahan Januari, sakit demam, flu, dan batuk lagi gawat banget, nih. Perubahan suhu dari yang terik jadi hujan lebat bikin badan kamu kaget dan akhirnya rentan sakit.

Buat kamu yang lagi sakit jangan lupa berobat biar segera sembuh. Buat Kawan Muda yang masih sehat, Genmuda.com kasih tau kamu tips biar gak mudah terserang sakit di musim pancaroba ini, ya. Yuk, cekidot!

1. Jaga pola makan

©Genmuda.com/2017 TIM.
©Genmuda.com/2017 TIM.

Hal utama biar gak mudah terserang sakit adalah jaga pola makan sehat dan teratur. Kalo panglima dan TNI aja butuh asupan buat berperang, badan kita juga butuh makanan buat berperang sama virus-virus penyakit yang bertebaran dimana-mana.

Makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi. Sayur-sayuran yang banyak mengandung serat, protein dan probiotik kayak telur, ikan dan yogurt bisa bantu kamu menjaga kekebelan daya tahan tubuh kamu, gengs.

2. Olahraga teratur

via pexels.com
(Sumber: pexels.com)

Kalo kata pepatah sih “Di dalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat”. Buat tubuh kamu kuat melawan virus-virus jahat, selain makan makanan yang sehat dan bergizi, jaga pola olahraga yang teratur juga perlu. Sehari sekali atau tiga kali seminggu juga gak masalah kok.

Mager buat cari spot olahraga yang enak, gak usah jauh-jauh. jalan kaki atau lari-lari kecil di pagi hari sambil nyapa tetangga bisa jadi alternatifnya. Kali aja gitu pas lagi jalan pagi ketemu sama kenalan baru yang cantik atau ganteng, bonus kan. ckckckck.

3. Rajin-rajin cuci tangan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Dalam dunia kesehatan, gak cuma wajah aja nih yang mesti rajin dibersihin biar keliatan segar dan kinclong. Tangan juga. Tangan yang selama 24 jam pastinya gak berenti gerak selama aktivitas, berubah jadi sarang kuman.

Uang, gagang pegangan angkutan umum, meja di kantin, bahkan ponsel kan gampang dihinggapi berbagai kuman, virus, dan bakteri. Makanya, rajin-rajin cuci tangan. Bawa sabun cair di botol kecil yang unyu-unyu terus digantung di tas juga perlu dibawa buat persiapan cuci tangan.

4. Perbanyak minum air putih

via Stylist
(Sumber: Istimewa)

Tips selanjutnya adalah perbanyak minum. Bukan cuma hilangin haus kasih sayang, minum air putih juga bantu jaga daya tahan tubuh. Tanpa air yang cukup, tubuh bakalan lemes dan daya tahannya berkurang.

Akibatnya, virus dan bakteri jahat bakal mudah banget nyerang tubuh. So, buat nangkal makhlus-makhluk jahat itu kamu perlu minum banyak biar tubuh kamu kuat apalagi kalo kamu termasuk yang punya segudang aktivitas.

5. Kurangin fast food dan gorengan

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Buat para kids zaman now yang demen banget jalan-jalan ke mall trus jajan fast food, mending dikurang-kurangin deh. Fast food yang sering dijual biasanya lebih banyak mengandung kalori karena digoreng dan gak terlalu banyak nutrisi karena disajiin secara sederhana.

Selain itu, kandungan minyak pada tiap gorengan bisa bikin tengorokan kamu kering dan gampang bikin kamu batuk.

6. Istirahat yang cukup

Yang satu ini juga gak kalah pentingnya nih, istirahat yang cukup juga sangat dibutuhin sama tubuh kamu gengs. Istirahat yang cukup bisa bikin tubuh kamu kembali segar buat kembali beraktivitas.

Semakin kamu kurang istirahat, semakin gak fit juga nanti tubuh kamu. Jadi, gak cuma olahraga buat jaga kesehatan, istirahat yang cukup juga penting yah.

7. Sedia payung dan jaket sebelum hujan

At last but not least, sedia payung dan jaket sebelum hujan juga harus masuk list barang kamu sebelum kamu bepergian. Musim yang masih labil dan gak nentu ini butuh kamu buat bawa dua benda penting ini.

Udara panas yang nyengat bisa kamu atasin sama payung, atau tiba-tiba mendung dan hujan pas sorenya, tinggal buka lagi payungnya dan pake jaketnya. Tuh, bermanfaat banget kan.

Inget, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selama masih sehat, lakuin tips-tips di atas biar lebih sehat lag, gengs. Semoga musim pancaroba dan hujan kali ini engga berat buat kamu. Amiin. (tim)

Comments

comments