Senin, 10 Agustus 2020

Genmuda – Selain jadi momen yang ditunggu karena libur panjang, Lebaran juga dinantikan karena pada saat itu orang-orang bisa mudik dan melepas rindu dengan keluarga di kampung halaman. Bagi sebagian orang, Idul Fitri juga bisa diartikan sebagai momen buat membuka lembaran baru di hidupnya.

Sementara itu, Lebaran menghadirkan fenomena tersendiri yang paling bisa dirasakan oleh mereka yang mengaku anak muda. So, berikut ini adalah fenomena seputar Idul Fitri yang khas banget dalam kehidupan remaja dan anak muda.

1. Ketemu penghuni kompleks yang kece-kece

Karena perlu ke silahturahmi dengan tetangga, bakal banyak anak muda kece yang akhirnya menampakkan batang hidungnya. Biasanya kamu bakal sadar kalo ternyata di sekitar tempat tinggalmu banyak cewek/cowok kece yang engga ketangkep ‘radar’ pergaulan kamu. Kamu pun bakal keheranan dan mempertanyakan doi tuh kenapa engga pernah keliatan selain hari raya macam ini. Dan momen-momen ini yang bikin para jomblo semangat ’45.

2. ‘Fashion show’ baju Lebaran di mana-mana

Ketika Lebaran, orang-orang kemungkinan besar bakal pakai baju terbaru dan terbaiknya. Semua orang pun bakal terlihat jauh lebih kece daripada sehari-harinya. Akibatnya, kamu bakal bisa cuci mata terus mulai ketika kamu ke luar rumah, keliling rumah kerabat, di tempat nongkrong, sampe akhirnya kamu ke rumah lagi. Ngaku deh. Pasti doyan kan.

3. ‘Wisata kuliner’ (gratis di rumah orang)

Udah deh engga usah malu. Makan gratis emang jadi salah satu berkah Lebaran. Engga perlu malu kalo kamu semangat keliling dari rumah ke rumah cuma buat nikmatin makanan gratis yang disuguhi tuan rumah. Lebih serunya lagi, tiap rumah sering punya menu berbeda dan rasa makanan yang berbeda. Jadi, kamu pun bisa nikmatin banyak jenis makanan tanpa perlu takut kantong kering.

4. ‘Nambang’

Uang Lebaran juga jadi satu alasan anak muda kerap bersedia ikut silaturahmi. Hampir di semua wilayah di Indonesia, kerabat yang lebih tua/udah kerja kerap memberikan pemberian dalam bentuk barang atau uang hari raya kepada yang lebih muda. Remaja dan anak muda pun jadi gemar ‘nambang’ ke tempat kerabat karena kebiasaan itu.

5. Makin montok

Secara engga sadar (atau mungkin emang dengan maksud balas dendam), anak muda juga bisa makan dengan porsi berlebihan kalo kebanyakan ‘wisata kuliner’. Bagi orang yang respon tubuhnya cepet, berat badan bakal langsung naik tuh. Dan, akhirnya, libur Lebaran pun diiringi dengan lingkar badan yang Lebaran.

6. Pertanyaan Lebaran

Sayangnya, anak muda jadi perlu menghadapi pertanyaan-pertanyaan basa-basi nyebelin dengan berkunjung ke rumah kerabat ketika Lebaran. Kamu pun perlu mengelak dari pertanyaan macam ‘kapan kawin?,’ ‘kapan lulus?,’ atau ‘kapan dapet kerja?’ Seandainya kamu bisa tau jawaban pasti dari pertanyaan itu.

7. Merasa kurang liburan

Ketika libur Lebaran, anak muda juga bisa ngerasa kurang liburan. Pasalnya, mereka jarang menikmati liburannya buat nyantai, seneng-seneng, atau me time. Kebanyakan waktu bakal habis di jalan dan di rumah kerabat. Kalo yang punya jatah cuti banyak sih enak banget liburannya bisa extend. Kalo yang engga kan sedih juga rasanya.

Itulah beberapa fenomena Lebaran yang biasa dialami anak-anak muda, gaes. Kebanyakan sih banyak yang menunggu-nunggu fenomena nomor satu. Kalo kamu gimana? Fenomena lebara nomor berapa yang paling kamu tunggu-tunggu?

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.