Senin, 25 Januari 2021

Genmuda – Dunia teknologi itu emang gak pernah ada habisnya, apalagi kalo udah ngomongin ponsel. Kebayang kan kalo kamu disuruh ngehabisin keseharian kamu tanpa pegang hape? Mungkin kamu bakal susah fokus dan uring-uringan.

Mulai dari gak bisa ngehubungin gebetan, jadi susah selfie-selfie cantik dan kurang update sama isu-isu kekinian. Karena ponsel udah jadi bagian penting dari hidup kita, ada baiknya kita nostalgia sedikit dengan cari tau ponsel-ponsel apa aja sih yang keren banget di masanya.

1. Nokia 3310 (2000)

Nokia 3310 (c) gsmarena

Jauh sebelum hape pada sekolah biar pintar (baca: Smartphone), dahulu kala hiduplah sebuah ponsel tahan banting yang melegenda di seluruh dunia. Yup, Nokia 3310 adalah ponsel paling iconic dari perusahaan asal Finlandia itu, saking terkenalnya Nokia pun mutusin untuk ngerilis versi baru Nokia 3310 di tahun 2017.

Pertama kali dirilis tahun 2000, hape ini diserbu sama semua lapisan masyarakat di seluruh penjuru dunia. Dengan bermodalkan layar monokrom, hiburan yang kamu bisa nikmati di hape ini hanya game semacam Snake II, Space Impact, Pairs II dan Bantumi. Kalo lagi bete sama pacar, banting aja hapenya, kuat kok!

2. Nokia 6600 (2003)

Nokia 6600 (c) Trinity Mobile

Di akhir tahun 2003, Nokia ngerilis sebuah ponsel yang cukup pintar pada jamannya, yaitu Nokia 6600. Dengan desain yang keren dan layar berwarna sebesar 2 inci, ponsel ini booming banget di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan saking seringnya nongol di sinetron ABG dulu, kamu pasti pernah merengek ke bokap nyokap buat minta dibeliin hape satu ini.

Nokia 6600 masih pake sistem operasi andalan Nokia pada saat itu, yaitu Symbian. Kameranya juga udah bisa ngerekam video, walaupun resolusinya masih VGA. Gara-gara hape inilah sekolah-sekolah mulai tradisi razia dadakan karena banyak siswanya nyimpan konten yang disensor, ngaku aja deh bosque!

3. Motorola RAZR V3 (2004)

Jaman dulu bukan cuma Nokia loh yang terkenal di kalangan anak gaul, salah satunya adalah Motorola RAZR V3 yang dirilis tahun 2004. Kemungkinan sih karena jadi korban iklan, karena iklan “Hello Moto!” sering banget nongol di MTV, apalagi anak-anak gaul saat itu konsumsinya emang MTV setiap hari.

Tapi emang gak bisa dipungkiri gaes, desain Motorola RAZR V3 emang keren banget dan ringtone-nya juga catchy abis, wajar aja kalo anak-anak gaul pada masa itu langsung naksir berat sama hape yang punya layar 2 ini.

4. BlackBerry Curve 8520 (2009)

BlackBerry Curve 8310 (c) iTechnews

Sekitar tahun 2009 BlackBerry nyambar kayak petir, mendadak banyak banget BB black market yang dijualbelikan di Indonesia. Berawal dari BB Curve 8310 (ingat trackball-nya yang sering kalian kasih minyak kayu putih?) bekas dari negeri antah barantah, sampe Blackberry Curve 8520 resmi buat Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan BB Gemini.

Selama beberapa tahun BB sempat berjaya, bahkan semua operator berlomba bikin paket internet khusus untuk perangkat Blackberry. Padahal sih awalnya BB dibuat untuk kebutuhan bisnis, dikenal dengan sistemnya yang aman dan push e-mailnya yang oke punya, tapi di Indonesia semua itu berubah. Anak-anak gaul Indonesia berhasil merubah paradigma ‘BB, smartphone untuk para pebisnis’, menjadi ponsel pintar buat ngegaul lewat medsos. Bangganya minta ampun kalo update status Facebook dan Twitter via Blackberry. Ngaku!

5. Apple iPhone 3G (2008)

Apple iPhone 3G (c) gsmarena

Awal kemunculan iPhone emang rada telat di Indonesia, karena harganya yang fantastis dan kebiasaan orang Indonesia yang emang telat melek teknologi. Di tahun 2008 aja kebanyakan orang masih belum kenal apa itu iPhone, masih berkutat sama BB sih! Tapi selang 2 atau 3 tahun, orang-orang udah makin terbuka matanya kalo iPhone itu ponsel yang lebih kece buat ngegaul.

Kebanyakan sih pada beli bekas #jleb tapi yang penting masih fungsi dan tetep ngangkat gengsi. Fitur unggulan iPhone 3G pada saat itu adalah Corning Gorilla Glass, layar multi sentuh sebesar 3,5 inci, internal yang gede banget sampe 16GB dan App Store yang revolusioner!

6. Samsung Galaxy SIII (2012)

Dengan bermodalkan sistem operasi Android, Samsung berinovasi dengan nambahin fitur-fitur unik yang banyak banget di ponsel mereka. Puncak keberhasilan mereka ada saat mereka ngeluarin Samsung Galaxy SIII. Slogan Design for Humans benar-benar ngena di hati masyarakat Indonesia, alhasil fitur-fitur ajib seperti S Beam, Best Photos, Pop-up Play, smart stay dan efek lock screen S3 jadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik ponsel ini.

Walaupun ujung-ujungnya banyak yang ngerasa fitur ini gimmick dan ngeberatin ponsel, tapi seenggaknya kalian sempet galau juga kan milih antara S3 atau iPhone 5 pada masanya.

7. Samsung Galaxy Note 3 (2013)

Sekali lagi Samsung berhasil ngebuktiin kalo hape dengan layar jumbo bisa ngetren, setelah 2 tahun bereksperimen dengan lini Galaxy Note, akhirnya Samsung ngeluarin Phablet yang keren banget dan fungsional yaitu Samsung Galaxy Note 3. Kenapa fungsional? Karena dibanding seluruh hape yang ikut-ikutan pasang layar gede, cuma Note 3 yang bener-bener manfaatin ukuran layar gede dan resolusi yang padat.

Dengan layar 5,7 inci dan resolusi Full HD, wajar aja Samsung masukin jeroan yang ekstra pula, seperti RAM 3GB, internal sampe 64GB, Corning Gorilla Glass 3 dan kamera 13MP yang bisa rekam video dengan kualitas UHD. Fitur-fitur unggulan seperti S Note, S-Pen dan Multi Window bener-bener hal yang fantastis, wajar aja pesaingnya mulai gerah untuk bisa bersaing bikin ponsel layar gede yang lebih keren.

8. Apple iPhone 6 Plus (2014)

Bigger and Bigger ! (c) Apple

Salah satu korban dari suksesnya lini Galaxy Note dari Samsung adalah Apple. Kenapa korban? Karena dulu di tahun 2011 Steve Jobs sempat ngekritik soal hape gede, “No one is going to buy a big phone” dan ukuran layar 3,5 inci itu udah paling ideal untuk ponsel.

Ternyata cuma selang 1 tahun sepeninggalnya Jobs, di bawah naungannya Tim Cook, iPhone 5 dirilis dengan layar berukuran 4 inci. Gak cukup di situ, selang 2 tahun Apple lagi-lagi terpaksa ikut arus dan ngeluarin Apple iPhone 6 Plus, ponsel pertama Apple dengan ukuran layar 5,5 inci. Terbukti ponsel gede ini malah laris banget di pasaran, bahkan Samsung sempat nyindir Apple dengan cuitannya di Twitter.

9. Xiaomi Redmi 2 (2015)

Xiaomi Redmi 2 (c) Xiaomi

Hape keren itu gak harus mahal, bisa juga dengan kombinasi lengkap antara fitur-fitur yang memadai dan harga yang terjangkau. Tahun 2015 adalah momen yang berharga untuk Xiaomi, setelah sebelumnya masuk pasar Indonesia lewat jalur belakang, akhirnya mereka mutusin untuk luncurin Xiaomi Redmi 2 secara resmi.

Alhasil penjualannya kayak kacang goreng, orang-orang beli dan ngerasa cukup puas dengan desain simpel, performa oke dan harga yang terjangkau kalo dibanding dengan ponsel lain di kelasnya. Dari sini tren ponsel murmer spek meluber marak di Indonesia. Bayangin semua brand langsung lomba ngeluarin hape semacam ini, sebut aja Lenovo, Motorola, Oppo, Meizu, Infinix, dan lain sebagainya.

10. Samsung Galaxy S8 (2017)

Samsung S8+ vs S7 Edge vs S8 (c) gizmodo

Walaupun tahun 2017 ini belum berakhir, tapi bisa dipastiin Samsung Galaxy S8 layak masuk ke daftar ini. Karena sampe saat artikel ini ditulis, baru Samsung yang bener-bener berhasil ngebuat inovasi di layar ponsel yang bikin orang-orang tercengang.

Gimana gak, ponsel ini selain berhasil ngembangin teknologi curve screen ke level yang lebih tinggi (Samsung nyebutnya Infinity Display), mereka juga sukses nyematin hardware baru semacam prosesor Snapdragon 835 atau Exynos 8895, RAM 4GB, bahkan jack audio 3,5mm (colek iPhone 7) ini dalam bentuk yang tetap compact dan tahan air. Ukuran bodi S8 hampir sama dengan S7 Edge, tapi layarnya disulap jadi 5,8 inci, padahal sebelumnya S7 Edge cuma pake layar 5,1 inci.

Terkait siapa yang bakal jadi ponsel juara di tahun 2017 ini emang masih tanda tanya gaes, karena Apple juga udah siap-siap buat ngerilis iPhone barunya yang rumornya sih pake layar yang cukup ajaib juga. Tapi seenggaknya kamu makin kebayang kan kalo inovasi teknologi itu cepat banget perkembangannya, makanya pantengin terus Genmuda.com biar kamu tetap up to date soal gadget! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast