Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Yang namanya selfie belakangan ini memang udah ngewabah banget. Saking ngewabahnya, India sekarang bahkan sampai punya zona bebas selfie.

Pihak kepolisian Mumbai udah ngeidentifikasi 16 lokasi yang berbahaya buat selfie. Langkah tegas tersebut akhirnya diambil menyusul tewasnya seorang pria tewas setelah beliau berusaha buat nyelamatin seorang gadis yang jatuh ke Laut Arab pas lagi mau selfie bareng teman-temannya. Gadis itu pun kabarnya masih hilang.

Lokasi yang termasuk dalam zona bebas selfie itu antara lain tempat wisata utama di Mumbai kayak pantai Girgaum Chowpatty, boulevard Marine Drive, dan panggung Bandra — dekat dengan Laut Arab. Hal tersebut udah dikonfirmasi langsung oleh Wakil Komisaris Dhananjay Kulkarni.

Setelah insiden yang disayangkan tersebut kami telah memutuskan untuk mengidentifikasi 16 titik di mana melakukan selfie bisa berbahaya, namun kami mungkin akan menambahkan lebih banyak titik lagi. Kami telah menulis kepada perusahaan daerah untuk menempatkan beberapa tanda peringatan di titik-titik itu. Kami juga ingin agar mereka menyebarkan beberapa penjaga,” kata Kulkarni.

Kulkarni nambahin pula kalau para polisi yang berpatroli di 16 lokasi terpilih itu udah diberitahu supaya ngingatin orang-orang agar engga ber-selfie ria. Ya wajar aja sih, soalnya dalam beberapa bulan terakhir di India memang banyak banget insiden dan kasus kematian yang terjadi gara-gara selfie.

Nah, berikut ini adalah berbagai insiden dan kasus kematian yang terjadi gara-gara selfie di berbagai penjuru dunia dalam lima bulan terakhir:

 

  1. September

Di bulan September 2015, total insiden dan kasus kematian gara-gara selfie merupakan yang paling banyak dalam lima bulan terakhir ini. Dari total 4 kasus yang udah terjadi, 2 diantaranya lagi-lagi berasal dari India, dengan seorang turis Jepang dan mahasiswa teknik India yang jadi korbannya.

Sang turis Jepang jatuh dari tangga dan tewas pas lagi selfie di Taj Mahal. Sebaliknya, sang mahasiswa teknik India tewas pas lagi selfie sama teman-temannya di Kolli Hills, Namakkal, Tamil Nadu gara-gara batu pijakan doi retak dan doi akhirnya terjun 60 kaki.

Kasus berikutnya terjadi di Amerika Serikat dan ngelibatin seorang pemuda 19 tahun asal Houston yang tewas setelah nyoba selfie sambil nodongin sejata berpeluru ke kepalanya. Sementara itu, satu kasus terakhir terjadi di Rusia, dengan korbannya merupakan seorang siswa berusia 17 tahun yang tewas gara-gara nyoba selfie sambil gelantungan di sebuah bangunan 9 lantai.

  1. Oktober

Beralih dari India, insiden dan kasus kematian gara-gara selfie di bulan Oktober yang lalu ngelibatin seorang anak 14 tahun dari Barcelona, Spanyol. Doi kabarnya tewas tersengat listrik setelah nyoba buat ngambil selfie di atas sebuah mobil kereta. Jangan ditiru ya, Kawan Muda!

  1. November

Balik lagi ke India, di bulan November kembali terjadi insiden dan kasus kematian gara-gara selfie yang ngelibatin dua orang mahasiswa teknik. Kedua mahasiswa dari Vadhvan, Gujarat itu tenggelam di Narmada Canal setelah mereka tergelincir pas lagi selfie. Jangan sampai kamu ngalamin hal serupa ya, Kawan Muda! (Amit-amit!)

  1. Desember

Geser sedikit dari India, di bulan Desember yang lalu insiden dan kasus kematian gara-gara selfie justru terjadi di Pakistan. Seorang pemuda berusia 22 tahun tewas setelah ditabrak kereta yang ngelaju kencang pas doi lagi nyoba ngambil selfie di rel. Sorry to say, ini sih kayaknya lebih cocok disebut nyari perkara ketimbang ngalamin insiden.

  1. Januari

Wah, masih fresh from the oven banget nih kasusnya. Seorang mahasiswa berusia 19 tahun dilaporin jatuh dari atas gedung apartemen bertingkat 20 di Manila, Filipina pas lagi selfie. Menurut teman sekelasnya, doi nekat manjat tembok pembatas gara-gara engga puas dengan berbagai hasil selfie yang udah mereka ambil. Dasar manusia, memang engga pernah ada puasnya.

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer

Leave a Response