Sabtu, 25 Mei 2019

Genmuda – Cuma mahasiswa (terutama anak kos) yang ngerasain seharian cuma makan satu bungkus mie instan. Momen itu bisa terjadi kapan aja karena keuangan mahasiswa bisa morat-marit akibat tugas makalah mendadak. Jalan keluarnya, banyak yang cari kerjaan sampingan.

Mahasiswa udah ngeliat lebih banyak kejadian dan peristiwa di sekitarnya ketimbang anak SMA. Makanya, ide kerjaan sampingan para mahasiwa tuh engga se-mainstream jadi barista atau ngebuat vlog dengan harapan peroleh iklan atau endorse.

Mahasiswa bisa menghasilkan ide aneh. Peluang sedikit aja langsung disabet. Dari yang haram sampai yang halal, ini bermacam sampingan yang bisa dilakuin mahasiswa.

SAMPINGAN NAKAL

1. Joki SBMPTN

va tigapilarnews.com
(Sumber: tigapilarnews.com)

SBMPTN dilakuin tanpa kewajiban pakai seragam SMA. Jadi, bisa aja ada penyusup masuk untuk ngerjain ujiannya adek-adek kelas XII SMA. Kesempatan itu yang dikhawatirkan dilakukan mahasiswa demi mencari uang, menurut Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, M Nasir.

2. Joki ngerjain tugas

Mahasiswa pintar di kelas juga ada tuh kok nakal. Doi memanfaatkan kepintarannya buat ngerjain tugas temen seangkatan, adik angkatan, bahkan mungkin angkatan atas yang mengulang-ulang kelas setahun sampe tiga kali.

SAMPINGAN POPULER

3. Guru bimbel

via kompasiana.com
(Sumber: kompasiana.com)

Mahasiswa baik biasanya memilih jadi guru bimbel untuk bantu para calon mahasiswa diterima di kampus idaman, bukan jadi joki SBMPTN. Peminat pekerjaan sampingan guru bimbel itu banyak sehingga seleksinya lumayan ketat.

4. Jas reseller

Sementara itu, ada juga mahasiswa yang otaknya bisnis banget. Makanan ringan, sepatu, buku fotokopian, kalkulator, penggaris, kertas poster, flash disk, apa juga dijual-jualin sebagai reseller.

SAMPINGAN ILMIAH

5. Jasa terjemahan

via onebook.ca
(Sumber: onebook.ca)

Jasa ini gak eksklusif buat mahasiswa jurusan bahasa asing doang. Mahasiswa jurusan lainnya juga punya peluang serupa, selama mereka emang menguasai bahasa asing tanpa perlu bolak-balik liat Google Translate.

6. Jasa ngumpulin data

Kampus biasanya menuntut dosen hingga mahasiswa untuk bikin riset. Tapi gak semua dari mereka, –apalagi dosen, punya banyak waktu luang lantaran jadwal yang padat. Nah, biasanya bakal dicari tuh mahasiswa yang bisa dipercaya untuk ngumpulin data.

SAMPINGAN ARTSY

7. Jasa desain grafis

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Dari berbagai sudut, mahasiswa yang bisa desain (engga mesti anak jurusan Desain Grafis ya) dicari karena kemampuannya. Kadang, kemampuan itu dihargai tinggi. Tapi, lebih sering dimintai desain dengan harga temen, pahit-pahit cuma ditraktir makan deh.

8. Jasa fotografi

Jasa si fotografer bisa buat apapun, mulai dari fotoin produk dagangan teman sampai fotoin prewedding senior. Permintaan jasanya selalu ada tiap tahun, maka para fotografer sampingan pun tetap ada.

SAMPINGAN YANG MAHASISWA BANGET

9. Jasa servis laptop

via getty images
(Sumber: Getty Images)

Sementara itu, ada lagi nih orang-orang yang memanfaatkan pengetahuan soal komputer buat nyari sampingan servis komputer/laptop. Lumayan banget, tuh. Install ulang laptop dengan Windows bajakan bayarannya minimal 50 ribu, loh.

10. Jasa fotocopy

Sampingan ini terkesan receh, tapi punya peran paling penting. Tanpa punya mesin fotokopi sendiri, ada kok mahasiswa yang punya usaha sampingan fotokopian. Doi bakal ‘ngadain’ bahan yang mau digandakan kemudian difotokopi di tempat yang nawarin harga paling murah, bahkan lebih murah dari fotokopian koperasi mahasiswa. Dari situ lah doi dapat untung.

Jadi bisnis mana nih yang pengen Kawan Muda coba? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya, siapa tau ada yang mau nambahin. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.