Selasa, 4 Oktober 2022

Genmuda – Perdebatan soal warna benda lagi-lagi menyerbu dunia maya. Setelah di tahun 2015 lalu udah banyak banget yang debat kusir soal apa warna gaun pesta itu, kali ini ada lagi nih yang debat soal warna baju.

Kalo kamu lupa tentang fenomena dress silam, nih Genmuda.com ingetin. Jadi, beberapa orang sempet dibuat ribut soal warna sebuah gaun yang diunggah ke dunia maya. Dikenal sama nama The Dress, akhirnya banyak pengamat yang ikutan memecahkan hal (kayaknya) sepele ini.

Image result for the dress

Jadi, beberapa orang berpendapat kalo dress ini berwarna perpaduan putih dan emas, sementara beberapa orang yang lainnya bilang kalo dress ini berwarna biru dan hitam. Padahal, Cecilia Bleasdale selaku orang yang mengunggah foto baju itu ke Facebook udah mengkonfirmasi kalo warna aslinya adalah biru hitam, bukan putih emas. Tapi perdebatan tetap bergulir…

Gini gini. Menurut ahli saraf Bevil Conway dari Wellesley College, perbedaan itu terjadi karena waktu melihat benda, setiap individu coba buat mengurangi aberasi kromatik dari poros sinar matahari. Aberasi kromatik adalah pembiasan cahaya yang berbeda panjang gelombang di titik fokus yang berbeda.

Intinya sih, ketika lensa mata seseorang mengurangi aberasi kromatik berwarna biru, maka gaun yang terlihat adalah putih dan emas. Sebaliknya, jika individu mengurangi sisi emas, maka yang bakal terlihat adalah biru dan hitam.

Eh, coba deh yang satu ini. Warnanya putih pink atau abu-abu tosca?

Coba kita tebak warna benda yang satu ini ya. Si Rachel Stewart baru aja mengunggah foto di Facebooknya, dan itu udah memicu perdebatan beberapa orang. Cewek asal Nottingham ini menggunggah foto baju olahraga dan sendal merek Nike-nya, dengan caption,

“Dunno how others see anything other than pink and white?” atau “Gak tau deh apa yang orang lain liat selain warna pink dan putih?”

Langsung deh dia diserbu sama banyak orang di kolom komentarnya. Banyak orang yang bilang kalo baju dan sendal itu warnanya perpaduan putih dan pink, dan beberapa orang yang lainnya bilang kalo ini warnanya abu-abu sama turquoise atau tosca.

Ada juga yang debat warna lain! Ada komentar lainnya yang mengatakan kalo baju dan sendal itu warnanya biru dan abu-abu, ada juga yang bilang itu warnanya mint dan pink. Buzzfeed bahkan bikin polling, dan mereka menimpulkan bahwa 92% atau sekitar 410.000 orang bilang kalo itu warna abu-abu dan teal (antara biru dan hijau).

via: Facebook
(Sumber: Facebook)

Sementara, 4% lainnya atau sekitar 18.500 orang bilang kalo warna sendal dan baju itu adalah merah muda atau pink dan putih. Sisanya yaitu 4% orang bilang kalo mereka melihat warna lain diluar perpaduan warna teal abu-abu dan putih pink. Kalo menurut Kawan Muda, baju sama sendalnya warna apa sih? (sds)

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.

Leave a Response