Selasa, 24 Mei 2022

Genmuda – Kalo ada kesempatan dateng ke sebuah konser, coba tanya dulu ke panitia apakah ponsel/kamera boleh dikeluarin saat acara berlangsung. Soalnya, ada beberapa artis yang gampang tersinggung dan ngomelin dari atas panggung begitu ngeliat fans ngeluarin gadget di tengah-tengah konser. Serius.

Lagian, mengangkat gadget kan bener-bener mengganggu pandangan penonton di belakang. Toleransi dong! Sama-sama bayar tiket, masa ada penonton yang gak ngeliat artisnya. Lebih kasian lagi sama mereka yang (maaf) pendek dan cuma bisa ngerasain pengalaman berdiri di tengah ketek-ketek terangkat.

Artisnya juga ngerasa aneh kalo manggung di depan ratusan gadget tanpa ngeliat ekspresi langsung para penonton. Lebih keki lagi, gak dapet tepuk tangan sebab tangan penontonnya sibuk mengangin alat perekam. Karena itu, para fans dilarang dengan cara-cara di bawah ini.

1. White Stripes

via YouTube.com
Konser White Stripes jangan dirusak sama ponsel. (Sumber: YouTube.com).

Karena gak mungkin mengusir semua fans yang ngeluarin gadget saat konser, Ian Montone managernya White Stripes cuma bisa mengontrol kualitas hasil rekaman dan foto-foto konser yang diunggah netizen ke medsos. Kalo kualitas rekaman/fotonya jelek, Montone gak segan minta supaya itu dihapus. Kalo hasilnya bagus, fotografer/kameramennya dipuji karena bikin citra White Stripes juga bagus.

2. The Lumineers

via ontourmonthly.com.
Setelah konser ini, anak-anak Lumineers pasti bete deh. Tuh liat penontonnya pada pegang gadget. (Sumber: ontourmonthly.com).

Band indie folk berkostum “hipster” ini gak ragu berhenti di tengah lagu dan nyuruh penonton menyimpan ponselnya. Dengan lampu sorot, kru belakang panggung band asal Colorado itu juga menyenter fans yang kegep ngeluarin ponsel sampai jadi pusat perhatian dan akhirnya malu sendiri.

3. Yeah Yeah Yeahs

via Istimewa
Kan seru kan kalo menikmati konser tanpa ponsel. (Sumber: Istimewa).

“TOLONG JANGAN MENONTON KONSER LEWAT LAYAR PONSEL/KAMERA. PUT THAT SHIT AWAY.” Begitu kata kertas pengumuman yang ditempel banyak-banyak di sekitar area konser band Yeah Yeah Yeahs. Pada akhirnya manajemen konser ngasih kelonggaran supaya fans bisa puas-puas ngerekam dan foto-foto pada tiga lagu pertama. Setelah itu, biarkan Karen, Nick, dan Brian beraksi di saksikan mata sendiri.

4. Black Crowes

via pinterest.com.
Chris Robinson bete kalo penontonnya sibuk liat ponsel. (Sumber: pinterest.com).

Bagi Chris Robinson, frontmannya band rock Black Crowes, konser adalah kumpulan momen-momen kecil yang dirangkai sehingga bisa bikin penontonnya “blow their mind.” Lewat wawancara dengan Wall Street Journal, media yang cukup berpengaruh di AS, Robinson menyindir para “manusia gawai.” Katanya, “Mereka pastilah lagi giting sehingga bisa buka ponsel saat ada di konser kami.”

5. Savages

via savagesband.com
Tanpa ponsel, ini baru konser! (Sumber: savagesband.com).

Entah itu nantinya disebar, ditempel ditembok, atau dimunculin di layar besar area konser, band Savages selalu bikin lembar larangan mainin ponsel. “Let’s make this evening special. Silence your phones!” pinta berlembar-lembar kertas yang dibuat manajemen konser band post-punk asal Inggris itu.

6. Beyonce

via mic.com
(Sumber: Mic.com)

Queen Bey gak takut keliatan kayak emak-emak rempong. Saat ada fans yang sibuk sama ponselnya di salah satu konser, istri Jay Z itu ngomel dari atas paggung. “Liat, kan. Lo gak bisa nyanyi bareng penonton lain karena terlalu sibuk ngetik di ponsel! Gue ada di sini, baby. Nikmati momen ini, baby! Put that damn camera down!”

7. Adele

via elle.com
Plis. Di konser Adele jangan norak. (Sumber: elle.com).

Bahkan Adele yang selalu tampil dengan citra kalem, tenang, dan berwibawa juga geram karena ulah fans yang ngerekam konser pakai kamera. Doi langsung menghentikan konsernya sementara dan minta pelakunya berhenti ngerekam. Bukan karena Adele takut versi bajakan konsernya keluar, tapi karena kasian sama pengunjung yang terhalang.

8. Bruno Mars

via tumblr.com.
Dari segitu banyak penonton area samping, cuma segelintir tuh yang ngerekam. (Sumber: tumblr.com).

Pelantun lagu “Versace on the Floor” ini juga gak segan buat ngomelin fans dari atas panggung. “Tugas kami adalah membuat kalian berdansa dan bernyanyi, tapi gak bisa tercapai karena pada sibuk ngerekam konsernya, kan. Put your damn phones down!” omel Mars seperti dikutip Mic.com.

9. Alicia Keys

via Istimewa.
Kalo engga menikmati konser Alicia Keys secara langsung sih rugi banget. (Sumber: Istimewa).

Karena gak mau mempermalukan penonton di hadapan banyak orang atau menyinggung perasaan wartawan yang lagi bertugas, Alicia Keys pakai cara high-tech. Manajemennya minta semua pengunjung masukin ponsel ke dalam tas kecil buatan Yondr yang bakal terkunci secara otomatis ketika masuk area konser. Lama-lama, cara itu diterapkan juga sama The Lumineers dan Guns N Roses.

10. Bjork

via digitaltrends.com.
Peringatan gede banget sebelum konser Bjork. (Sumber: digitaltrends.com).

Sebelum Bjork manggung, biasanya layar besar di area konser nampilin tulisan yang intinya nyuruh penonton jangan ngerekam gambar apapun. Biar para penonton gak mati penasaran sama foto kenang-kenangan, Bjork bilang semua gambar konser bisa didownload lewat situsnya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.