Minggu, 20 Oktober 2019

Genmuda – Kabar gembira bikin dag-dig-dug buat anak kelas XII yang pengen masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Tepat hari Senin (18/3), Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis bahwa hasil SNMPTN 2019 bakal dimajuin satu hari menjadi Jumat (22/3).

“Mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar UTBK Gelombang I, maka pengumuman hasil seleksi jalur SNMPTN diajukan menjadi Jumat, 22 Maret 2019, pukul 16.00 WIB,” tulis pernyataan dari LTMPT.

Hasil ini pun ditanggapi beragam oleh banyak Kawan Muda, khusus mereka yang sedang berharap banget sama hasil SNMPTN. Rhino (17) contohnya, anak kelas XII di SMA Jakarta Pusat ini ngaku ke Genmuda,com bahwa kabar tersebut bikin doi sedikit panik dan terkesan ngebut.

“Tadi pagi pada rame ternyata dimajuin, nervous sih jelas tapi jadwal anak kelas XII makin padet. Abis USBN, lanjut UN. Ngebut banget dan bikin otak ngebul,” kata Rhino sambil tertawa.

Namun demikian lo jangan buru-buru jiper duluan, gengs. Seperti pernyataan dari LTMPT seenggaknya ada banyak persiapan yang bisa lo lakuin. Dan biar anak kelas XII gak stres dan balik lagi jadi kalem berikut Genmuda.com kasih beberapa hikmah yang wajib lo syukuri!

Ngurangin beban pikiran

via: Tumblr

Makin cepat cobaan berlalu, makin cepat berkurang juga beban yang harus lo pikirin. Ini adalah satu efek yang pasti bisa dirasain sama semua anak kelas XII setelah ngelewatin sebuah pengumuman dari ujian hidup.

Bisa fokus sama pilihan lo!

via: Tumblr

Saat menerima pengumuman hari Jumat nanti, seenggaknya lo bisa jadi fokus sama strategi selanjutnya. Kalo lulus, maka lo udah tinggal fokus sama prodi yang diterima nantinya. Sedangkan kalo gak lulus, lo harus mengatur strategi di UTBK dan SBMPTN.

UTBK Gelombang I bakal ditutup Minggu (24/3) pukul 22.00 WIB. Untuk pendaftaran Gelombang II dimulai pada Senin (25/3) pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada Senin (1/4) pukul 22.00 WIB. Jadi silakan atur waktu waktu lo sebaik mungkin ya, Kawan Muda!

Belajar banyak dari kegagalan

via: tumblr

Pemred Genmuda.com pernah bilang gini, “Kegagalan adalah guru paling mahal, sedangkan instropeksi adalah modul lo untuk belajar”

Percaya gengs, kegagalan di SNMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Masih banyak peluang yang bisa lo ambil. Coba introspeksi diri lo apa yang masih kurang. Materi soal apa yang belum lo kuasai. Kalo ngerasa waktu belajar lo udah cukup, mungkin waktu doa lo dengan Tuhan yang masih kurang. Gitu aja!

Pemantik mencari berbagai peluang

via istimewa

FYI, kuota dari SNMPTN itu relatif kecil yakni cuma 20 persen. Sekarang kamu liat peluang dari 80 persen kuota yang tersisa, gengs. Perhitungkan peluang lo buat lolos dan diterima di PTN dambaan lo. Oleh sebab itu mulai deh cari tau jurusan apa aja yang peminatnya gak terlalu banyak tapi sekiranya bisa cocok sama minat lo. Sayang juga kan kalo endingnya harus salah jurusan.

PTN bukan segala

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Tanpa bermaksud ngebanding-bandingin dengan PTN, namun banyak juga kok Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang gak kalah bagus dari PTN. Kalo lo ngerasa sulit diterima di PTN maka pikirin deh dari sekarang jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat lo. Takut mahal? Coba deh rajin-rajin cari peluang beasiswa. Jangan males ya. SEMANGKA!

Comments

comments