Rabu, 24 April 2019

Genmuda – Hashtag #BakalIkutDemo soal demonstrasi besar-besaran 4 November bukannya jadi penggerak massa buat ikut malah jadi becandaan netizen di Twitter. Kicauannya malah jadi ngomongin cinta-cintaan daripada ngomong soal politik.

Misalnya aja seperti Hega Razzaq @HegaRazzaq yang “#BakalIkutDemo kalok pacar ngijinin buat selingkuh.” Ya kali dah. Doi ini kayaknya anak muda yang jago banget nyekilin cewek, sehingga di tempat demo aja bisa optimis dapet selingkuh.

via twitter @Hegarazzaq
(Sumber: twitter @hegarazzaq)

Ada lagi akun Ndilll @dhilalalaaa yang bakal ikut demo gegara baper si doi udah ndusel-ndusel tapi engga jadian. Makanya, pastiin dulu sebelum akhirnya masuk jurang ndusel-ndusel zone.

Lebih sedih lagi CHA @Permenkecil yang “#BakalIkutDemo kalau yang didemo suka bilang kangen, giliran diminta kepastian, bilangnya cuma temen.” Ouch! Coba sini cerita ke Genmuda.com.

Alasan bakal ikut demo yang lebih sepele juga ada sih. Nurul Hudayani @itsUul “#BakalIkutDemo kalo bubur ayam gak ada kerupuknya.” Mungkin kalo mie ayam engga pakai pangsit pun doi bakal urak-urakan di depan warung makannya.

https://twitter.com/itsUul/status/793770130991833089

Akun ILo Sanre @ILoSanre malah mau ikut demo buat memaksa Ahok masuk kerja lagi. “Kasian warga mau mengadu jadi susah,” tuturnya di Twitter. Kalo alesannya gitu mah yang ikut demo lebih banyak lagi, sob.

via Twitter @ILoSanre
(Sumber: twitter @ILoSanre)

Ada yang batal demo

Karena ramai, hashtag itu pun sampai trending 10 besar di Twitter Indonesia pada Rabu (2/10) malam. #BakalIkutDemo kemudian jadi trending Jakarta pada Kamis (3/10).

FYI, ada juga sebagian kelompok masyarakat yang mutusin batal demonstrasi. Misalnya aja seperti kelompok FUIP Tegal yang ngebatalin iring-iringan ke Jakarta. Sebagai gantinya, mereka bakal mengadakan doa bersama, berharap demonstrasi di Jakarta aman dan damai, kata Tempo.co, Rabu (2/10).

Selain itu, Muhammadiyah Tegal juga sepakat engga jalan ke Jakarta. “Kalau ada yang berangkat, itu atas dorongan pribadi. Bukan kelompoknya,” kata Nadirin Maskha, Ketua Muhammadiyah Kota Tegal.

Alasan demonstrasi

Ajakan demonstrasi itu berawal dari seruan sejumlah kelompok masyarakat sejak pertengahan Oktober. Mereka menuntut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) engga lepas dari jerat hukum. Soalnya, Ahok disinyalir bersikap SARA di salah satu rapatnya.

Beberapa tempat yang dijadiin titik kumpul massa di antaranya Istana Negara dan Balai Kota Jakarta. Diperkirakan daerah Sudirman – Thamrin bakalan kena imbas macet para pendemo itu. Kita doain aja semoga semuanya berlangsung aman dan tertib. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.