Sabtu, 10 April 2021

Genmuda – Kalo kamu buka Google hari ini, Selasa (27/9), kamu pasti bakal ngelihat Google Doodle yang bertemakan pesta ulang tahun. Yup, Google kini udah berusia 18 tahun, Kawan Muda!

Dikenal dengan nama awal BackRub, Google pada dasarnya merupakan perusahaan teknologi multinasional yang nyediain beragam layanan terkait internet. Diciptain oleh Larry Page dan Sergey Brin itu, Google kini udah berkembang pesat dan dikenal sebagai mesin pencarian terbesar di dunia.

Namun demikian, di balik berbagai informasi yang udah disajiin Google selama ini, raksasa teknologi itu sendiri sebetulnya masih nyimpan berbagai rahasia unik yang engga terduga. Oleh karena itu, sambil ngerayain ultah Google dan ngelengkapin beberapa fakta yang udah pernah Genmuda.com bagiin sebelumnya, berikut ini adalah 8 fakta menarik lainnya seputar Google yang mungkin belum kamu tau:

1. 28 kata

Sampai saat ini, para pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, ternyata masih keukeuh buat perhatahanin homepage yang simpel. Hal itu terbukti dengan adanya peraturan bahwa homepage Google engga boleh memuat lebih dari 28 kata.

2. Gemar makan

via businessinsider.com
(Sumber: Istimewa)

Menurut Page dan Brin, engga boleh ada satupun Googler (baca: karyawan Google) yang berada lebih dari 100 kaki (30, 48 meter) dari dapur kecil dengan snack dan makanan. Berkat hal tersebut, chef pertama yang direkrut Google bahkan sampai sukses ngeraup 26 juta dolar dari pilihan makanan yang doi sediain. Zuper zekali!

3. Tweet pertama

Engga kayak orang-orang yang di tweet pertamanya biasanya bakal ngomong “Halo”, “Hai”, atau semacamnya, Google justru punya pendekatan yang berbeda. Pada tweet pertamanya di Februari 2009 yang lalu, Google berkicau, “I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010.” Dalam bilangan biner, artinya adalah “I’m Feeling Lucky”.

4. Google Doodle pertama

via fossbytes.com
(Sumber: Istimewa)

Saat ini, Google Doodle emang udah bervariasi banget. Tapi, waktu pertama kali muncul, Google Doodle cuma berupa simbol Burning Man. Ceritanya, saat itu Page dan Brin lagi pergi ke Burning Man Festival di tahun 1998. Oleh karena itu, mereka nambahin simbol Burning Man sebagai doodle buat ngasih tau para pengguna Google bahwa mereka lagi engga di kantor di weekend tersebut. Ada-ada aja ya!

5. I’m Feeling Lucky

Balik lagi ke “I’m Feeling Lucky”, kamu mungkin sering kelihat tombol ini di Google, tapi engga tau apa gunanya. FYI, tombol ini bakal ngebantu kamu ngelewatin halaman hasil dan langsung ke hasil pertama dari pencarian kamu. Walau hampir engga pernah digunain oleh sebagian besar pengguna Google, tombol ini sengaja engga dihilangin karena katanya bakal ngurangin pengalaman ngegunain Google. Dengan kata lain, para pengguna Google masih senang dengan keberadaan tombol ini di homepage.

6. Tampilan polos

via goliath.com
(Sumber: Istimewa)

Alasan utama homepage Google polos banget engga lain dan engga bukan adalah karena para pendirinya dulu engga paham soal HTML dan cuma pengen antarmuka yang cepat. Bahkan, dulu tombol Search itu sempat engga ada dan kamu harus nekan tombol Enter buat setiap pencarian di Google. Pada masanya, nekan panah balik ke laman sebelumnya pun merupakan satu-satunya cara buat mulai ulang pencarian kamu.

7. Googling = ngerebus air

Siap-siap terkejut, dua pencarian di Google ternyata bisa ngehasilin sekitar 14g CO2. Menurut pihak Harvard University, jumlah tersebut setara dengan saat kamu ngerebus air pakai ketel. Akan tetapi, pihak Google ngebantah pernyataan itu dan ngeklaim bahwa jumlahnya adalah mendekati 0.2g (atau 0.003kWh) per pencarian.

8. Lupa ulang tahunnya sendiri

via google.com

Ini dia nih yang paling unik sekaligus konyol. Perusahaan sebesar Google masa lupa sih sama tanggal berdirinya sendiri? Well, percaya engga percaya, tapi emang itu adanya, Kawan Muda. Dengan demikian, tanggal 27 September bukanlah tanggal ulang tahun resmi Google. Buktinya, sebelum tahun 2006, Google sempat ngerayain ulang tahun di tanggal 26, 7, maupun 8 September.

Gimana? Konyol dan kocak ya? Kalo Kawan Muda suka artikel ini, jangan sungkan buat di-share ya. Biar nanti Genmuda.com buatin fun fact lainnya. He-he. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer