Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Sarapan dengan menu makanan yang salah justru bikin badan kamu kelelahan dan mata terasa berat waktu beraktivitas seharian. Supaya engga ngantuk kayak gitu, Kawan Muda perlu atur gizi sarapan dengan seimbang.

Ada yang bilang kalo sarapan tuh perlu makan banyak. Pendapat gitu tapinya ditentang sama yang bilang kalo makan terlalu banyak bikin kerja usus terlalu berat dan nantinya bikin ngantuk berat.

Sebagian malah bilang kalo sarapan tuh bisa aja dilewatin biar berat tetep terjaga. Tapi, kan studi bilang kalo sarapan adalah makanan paling penting sepanjang hari. So, harus gimana dong nih? Pilih aja 7 menu makanan yang udah terbukti khasiatnya ini.

1. Alpukat

via simplyrecipes.com
Guacamole. Sambal alpukat ala Meksiko yang biasa dimakan sama taco atau burrito. (Sumber: simplyrecipes.com)

Asam folat yang terkandung di dalam alpukat sangat baik buat ngejaga metabolisme tubuh. Zat itu juga bisa merangsang otak memproduksi myelin, sebuah zat lain yang bikin otak encer dan mampu berpikir cepat. Kawan Muda bisa makan alpukat secara dikupas atau dijus. Tapi jangan kebanyakan gula ya.

2. Kacang-kacangan

via daysoftheyear.com
Sadar atau engga, Nutella dibuat dari kacang hazelnut dan cokelat. Ntaps. (Sumber: daysoftheyear.com)

Makan kacang di pagi hari terbukti bisa menjaga mood kamu. Walau kayaknya klise, tapi kadang mengandung banyak asam amino triptofan, omega 3, omega 6, folat, vitamin B, dan vitamin E yang berfungsi ningkatin daya ingat. Engga cuma itu, kacang mampu melancarkan sirkulasi darah ke otak. Jadinya, kamu tetep bisa fokus ngerjain tugas-tugas yang numpuk dan engga pernah ada abisnya selama di kelas.

3. Pisang

via freesamples.cus
Kebab pisang-nutella. Nyam-nyam…. (Sumber: freesamples.us)

Glukosa yang terkandung di pisang tuh cukup kompleks, sehingga dilepaskan secara perlahan-lahan di dalam sistem pencernaan kita, gaes. Apa manfaatnya buat tubuh? Usus kamu jadi engga kaget mencerna dan menyesuaikan diri dengan kadar gula yang menadadak naik. Jadinya, badan tetep punya energi cukup sampai istirahat makan siang nanti.

4. Apel

via giphy.com

Apel di pagi hari juga baik. Buah ini punya vitamin C yang tinggi serta quercetin yang fungsinya bikin otak terlindung dari Alzheimer dan Parkinson. Apel juga punya antioksidan yang bikin kandungan kolesterol dalam darah seimbang. Kebanyakan kolesterol bikin badan terasa berat dan nambahin risiko serangan jantung.

5. Brokoli

via thejuicechief.com
Jus brokoli. Sedap. (Sumber: thejuicechief.com)

Kandungan kolin dalam brokoli sangat baik buat menjaga kesehatan neurotransmitter di otak. Jadinya, otak engga gagal fokus dan terus bisa mengolah informasi baru. Kalo males makan sayuran kayak gini, blender aja brokoli bareng alpukat, apel, dan pisang supaya jadi jus hijau yang enak.

6. Telur

via acozykitchen.com
Omelette ala Perancis dan roti. Nyamm… (Sumber: acozykitchen.com)

Sama kayak induknya, telur mengandung protein yang tinggi. Zat itu dibutuhin banget buat menjaga massa otot dan menahan lapar lebih lama. Protein juga dibutuhin otak waktu kamu ngerjain tugas sekolah atau kampus yang super duper susah.

7. Salmon

via musashirestaurant.co.nz
Sushi alpukat dengan topping daging salmon. (Sumber: musashirestaurant.co.nz)

Ikan ibaratnya makanan ajaib. Dalam daging ikan merah ini mengandung banyak Omega 3, EPA, dan DHA yang dibutuhin otak sekaligus jaga kesehatan kulit dan kuku. Bahkan kebiasaan makan ikan sebagai menu sarapan sering dilakuin sama orang-orang Jepang loh.

8. Sereal

via imgur.com

Ini dia menu sarapan yang sering diiklanin di TV. Sereal yang terbuat dari gandum mengandung serat tinggi emang baik buat pencernaan. Selain itu, sereal dicernanya secara perlahan-lahan sehingga energi yang dilepaskannya juga engga mendadak.

Itu tadi 8 makanan yang baik banget Kawan Muda konsumsi pagi-pagi. Semuanya ada di toko swalayan atau pasar, kan jadi engga ada alesan buat ngelewatin sarapan bergizi kayak gitu. So, jangan lupa sarapan ya buat pagi ini! Selamat beraktivitas.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.