Minggu, 16 Desember 2018
Gaya HidupTeknomotive

Google Bilang, Ini 7 Pekerjaan Paling Dicari di Indonesia Sekarang (Dan Cara Menggapainya ala Genmuda.com)

©Genmuda.com/2017 TIMSeorang panitia lagi memantau kondisi foodcourt SHVR Invasion Jakarta. Di balik acara sukses, ada panitia yang kerja gak kenal lelah. ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Sekitar akhir tahun lalu, Google merilis data hasil penelusuran netizen dalam laporan Year In Search 2017. Kata kunci terpopulernya dibagi ke dalam sejumlah kategori sesuai tema pencariannya.

Kategorinya adalah tokoh, peristiwa nasional, peristiwa internasional, seleb, lagu, resep, dan penelusuran terpopuler. Dua tambahan kategori “istimewa” yang dimasukin Google dalam laporannya adalah kategori “apa itu…” dan “cara menjadi….”

Kategori “Apa itu…” biasanya dipakai saat orang pengen caritau definisi sesuatu yang lagi diomongin di internet. Misalnya, apa itu rubella, apa itu ransomware, atau apa itu fidget spinner.

Di sisi lain, kategori “cara menjadi….” dipake saat netizen pengen nyari kesempatan. “Masyarakat Indonesia aktif gunakan Google untuk cari peluang baru di ekonomi digital,” kata Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen, dikutip Viva.co.id, 13/12/2017.

Berdasarkan urutan di laporan Google Year in Search 2017, peluang yang dimaksud Tony Keusgen adalah:

1. Selebgram

via: Twitter
(Sumber: Istimewa)

Selebgram bukan merupakan selebriti (bisa merupakan bintang sinetron atau atlet) yang aktif di Instagram. Tapi, selebriti yang lahir dari berbagai aktivitas instagram doi. Contoh paling gampangnya ya Awkarin, Anya Geraldine, atau Gita Savitri Devi.

Cara banyakin follower supaya jadi selebgram ada banyak. Pertama, bisa dengan minta folback atau posting foto kece (klik biar tau caranya) supaya follower bertambah secara natural. Asalkan punya modal, beli follower dan pasang iklan aja biar lebih cepet.

2. YouTuber

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Seperti kata Oom Deddy Corbuzier saat ngomelin Pijaru, YouTuber adalah orang yang bikin video sekaligus mengelola channel YouTube atas nama sendiri. Bukan atas nama perusahaan. Kalo mengelola punya perusahaan, sih, namanya karyawan.

Which means, YouTuber adalah tiap kamu-kamu yang punya channel YouTube sendiri. Sesimpel itu. Tapi, para pencari kata kunci “Cara menjadi YouTuber” pasti pengen lebih eksis di internet. Untuk peroleh pamor dari kanal video keluaran Google itu, caranya gampang-gampang susah.

Bayu Skak bilang, video unik pasti banyak yang nyari. Terus mengasah kemampuan adalah caranya Tara dan Gema. Sementara itu, Kemal Palevi bersikeras kalo video bagus adalah video yang punya pesan dan benang merah terhadap situasi di sekitar.

Tapi, semua YouTuber yang pernah Genmuda.com wawancara selalu bilang, “Konsisten dan rutin upload video aja” dan subscriber akan bertambah terus dengan sendirinya.

3. Blogger

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Seperti halnya YouTuber, Blogger mengacu pada para pemilik blog. Jadi, kamu adalah blogger kalo udah punya blog. Nah, apa itu blog? Itu adalah website sendiri yang berisi karya kamu.

Tapi, websitenya gak mesti murni berakhiran (dot)com. Situs numpang dari Blogspot atau wordpress juga gak apa-apa. Selama isinya menarik dan pastinya diupdate secara berkala, pasti pembacanya banyak.

4. Driver Gojek

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Serius. Banyak juga netizen Indonesia yang mencari kata kunci “Cara menjadi driver gojek.” Wajar, sih. Pekerjaan tukang ojek panggilan itu kan lagi naik daun dan katanya bisa ngasih tambahan penghasilan yang oke. Malah, sebagian driver fokus nge-gojek daripada kerjaan lain.

Untuk jadi bagian dari “pasukan hijau” di jalan raya, dateng aja ke kantor Gojek lalu isi formulir pendaftaran. Jangan lupa bawa SIM C sebagai bukti kamu bisa bawa motor.

5. Pengusaha sukses

©Genmuda.com/2017 TIM
Daniel Tumiwa, founder Indonesia Ecommerce Association. ©Genmuda.com/2017 TIM

Setiap pengusaha yang Genmuda.com wawancarai pasti bilang langkah pertama untuk jadi pengusaha sukses adalah memulai usahanya. Mau itu jualan hijab atau tas cantik, yang penting mulai. Cerita lebih detilnya, lihat sendiri di tulisan ini dan ini, ya.

6. Agen Bukalapak

via inboundid.com
(Sumber: indboundid.com)

Biar tulisan ini gak jadi ajang promosi gratis, Genmuda jelasin pake bahasa simpel aja. Agen bukalapak adalah orang yang jadiin situs Bukalapak.com sebagai penyuplai barang untuk dijual lagi.

7. Reseller Online Shop

©Genmuda.com/2017 TIM
Lenny (ki) dan Ihsan (ka), dua pedagang muda Shopee foto bareng Marketing Manager Shopee Indonesia Monica Vionna di Jakarta, Jumat (27/10). ©Genmuda.com/2017 TIM

Reseller online shop kerjanya 11-12 kayak agen bukalapak. Bedanya, reseller biasa nyari barang dari banyak olshop buat dijual lagi secara offline ataupun online. Untuk menjadi salah satu dari reseller yang sukses, kamu bisa baca caranya di bebagai link pada poin kelima di atas.

8. Driver Grab

via celine-inc.com
(Sumber: celine-inc.com)

Sama kayak cara jadi driver gojek. Kamu samperin aja kantor Grab lalu daftarin diri sebagai bagian dari “pasukan hijau.” Pastiin punya SIM A sebelum jadi driver Grab-Car dan SIM C sebelum jadi driver Grab-Bike.

9. Penjual Lazada

via ratex.co
(Sumber: ratex.co)

Hadeh. Gini aja pake googling. Cara jadi penjual Lazada adalah dengan punya izin berjualan dulu. Setelah itu, daftar usaha kamu ke situs jual-beli online itu.

10. Muser

via YouTube.com
(Sumber: YouTube.com)

Muser yang dimaksud netizen pengguna Google bukan penggemar band Muse, loh. Melainkan jadi Musical.ly user. Tau Musical.ly, kan? Itu, loh. Aplikasi nyanyi-nyanyi yang videonya sering diposting ke Instagram.

Untuk jadi muser tenar, kamu harus lakuin hal-hal yang para selebgram dan YouTuber lakuin supaya peroleh pamor. Yaitu, jangan menyerah dan rajin posting secara berkala. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.