Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Festival Good France 2016 di beberapa restoran di Jakarta saat ini masih berlangsung sejak tanggal 21 Maret yang lalu. Buat Kawan Muda yang masih penasaran sama Good France maupun makanan Prancisnya itu sendiri, coba deh kamu datang ke Eric Kayser Artisan Boulanger dan rasain langsung keseruannya.

Eric Kayser merupakan restoran franchise asal Prancis yang udah hampir tiga tahun hadir di Jakarta dengan konsep bistro kontemporer mirip cabang yang ada di Hong Kong dan harga yang masih terbilang ramah buat kantong. Total udah ada lima outlet yang tersebar di berbagai wilayah di Ibu Kota, yaitu Plaza Senayan, Institut Prancis di Indonesia (IFI), Lippo Mall Puri, Gandaria City, dan Plaza Indonesia.

Seared Foie Gras (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)
Seared Foie Gras (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)

Lebih lanjut, Eric Kayser udah terlibat dalam Good France sejak tahun lalu alias tahun pertama festival internasional kuliner Prancis itu diadain. Buat tahun ini, berbagai persiapan Eric Kayser udah berlangsung mulai dari bulan Desember yang lalu. Persiapan itu pun salah satunya termasuk pemilihan buah musiman yang lagi tumbuh di bulan ini.

Tapi, apa sih yang berbeda dari Eric Kayser di Good France tahun lalu dan tahun ini? Well, secara menu ya jelas aja semuanya bakal beda banget, Kawan Muda. “Begitu kami mau membuat set menu, yang kami pikirkan adalah perjalanan si tamu ini seperti apa,” kata Chef Yoppy Ruston saat ditemui Genmuda.com di Eric Kayser baru-baru ini.

Salmon Fish Cake (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)
Salmon Fish Cake (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)

Buat tahun kedua Good France, Eric Kayser secara khusus nyediain set menu yang terdiri dari enam sajian di cabangnya yang ada di Plaza Senayan. Walau lebih diutamain buat makan malam, kamu bisa aja pesan set menu tersebut buat makan siang, asalkan kamu udah reservasi terlebih dahulu.

Selain itu, lagi-lagi kamu sebenarnya juga engga perlu takut kalau makanan Prancis yang disajiin dalam menu Good France di Eric Kayser nantinya bakal kayak gimana-gimana. Chef Ruston, yang memang lahir dan tumbuh di Indonesia, udah nyelipin sentuhan rasa Indonesia kok dalam beberapa sajiannya.

Braised Quail (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)
Braised Quail (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)

Kalau kita melihat atau memikirkan makanannya aneh, sebenarnya itu akan jadi aneh. Kalau kita ke restoran dan mau nyobain sesuatu, kita akan belajar pengalamannya dan kita jadi lebih menghargai makanan tersebut,” jelas Chef Ruston.

Kamu pun engga perlu terpaku sama anggapan yang bilang kalau masakan Prancis itu berkelas dan otomatis harganya bakal mahal banget. Semua itu sifatnya relatif aja kok, Kawan Muda. Kalau menurut Chef Ruston, ya intinya sih semua “ada harga, ada barang”.

Semua makanan itu sebenarnya engga ada yang berkelas atau gimana-gimana. Cuma, yang membentuk makanan itu berkelas adalah dari restorannya sendiri. Restorannya itu menyajikan kualitas makanan yang tinggi sekali dengan biaya bahan yang tidak murah,” ungkap Chef Ruston.

Mille Feuille (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)
Mille Feuille (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)

Lantas, apa aja enam sajian di menu Good France yang ada di Eric Kayser? FYI, pertama-tama kamu bakal bisa nikmatin sajian Seared Foie Gras, yang keempukan hati angsanya berpadu sama rasa manis, asam, dan kecut dari buah-buahan segar kayak rambutan, nanas, dan markisa serta saus khusus. Abis itu, ada sajian Salmon Fish Cake, yang salmonnya terinspirasi dari batagor dan pempek serta ditambah scallop, kaldu ikan, dan balsamic sampai menyerupai tekwan dengan kuahnya yang gurih.

Kemudian, dari situ kamu bakal diajak buat nikmatin sajian burung puyuh Braised Quail dengan saus labu dan edamame serta ditambah sama balsamic yang ngasih rasa unik tersendiri buat sajian tersebut. Berlanjut setelahnya, ada sajian keju Mille Feuille, yang terdiri dari keju Brie dengan keripik keju dan saus stroberi yang bikin sajian tersebut jadi makin menarik di lidah.  

Mascarpone Mousse (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)
Mascarpone Mousse (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)

Kamu pun bakal dimanjain sama sajian ala tiramisu Mascarpone Mousse, yang merupakan perpaduan cokelat putih berbentuk safir dengan ditambah saus almond dan saus kopi serta coklat bubuk, es krim vanila, dan sedikit liquor. Kalau kamu engga begitu suka makanan manis, sajian tersebut mungkin bakal terlalu berat buat kamu, mengingat tiap elemennya punya rasa yang benar-benar kuat. Tapi kamu engga usah khawatir, soalnya masih ada pula sajian Peach Martini Greygoose Sorbet, yang bakal bikin kamu melek dengan rasa asam buah persiknya yang membahana.

Nah, dari keenam sajian dalam menu Good France yang ada di Eric Kayser tersebut, Chef Ruston nyaranin supaya kamu benar-benar ngerasain perjalan makannya tanpa terkecuali. “Mulai dari 0 dan akhiri dengan dessert. Saat kita bilang perjalanan, itu engga bisa di tengah-tengah, harus dari awal sampai akhir,” ujar Chef Ruston.

Peach Martini Greygoose Sorbet (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)
Peach Martini Greygoose Sorbet (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)

So, gimana nih, Kawan Muda? Kamu masih mikir-mikir buat nyobain menu Good France di Eric Kayser? Jangan kelamaan mikir deh, soalnya Eric Kayser Cuma nawarin menu Good France-nya sampai akhir bulan alias tanggal 31 Maret ini doang. Kamu mending buruan ajak keluarga, teman, pacar, atau gebetan kamu ke sana mumpung sekarang lagi weekend.

Untuk Kawan Muda yang pengen nyobain gimana rasa Good France yang sesungguhnya, datang saja ke Eric Kayser dan lakukan perjalanannya bersama kami. Kami akan membuat pengalaman kamu lebih berharga,” tutup Chef Ruston.

Lokasi: Plaza Senayan Lantai 3, JL Asia Afrika, No. 8

Waktu operasional: Senin-Minggu 10.00 – 22.00 WIB

Telepon: (021) 5725858

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer