Jum'at, 27 November 2020

Genmuda – Ngerasa engga sih kalo kadang bosen juga mainin game-game baru? Pertama kali memulai permainan sih seru, tapi setelah terbiasa sama kualitas gambar yang realistis dan gameplay-mechanic yang unik, gamenya terasa jadi berulang. Gitu-gitu doang.

Kalo di gamenya ada semacam nosalgia, pasti engga bakalan ngebosenin deh. Daripada menunggu update game yang mungkin engga kunjung datang, mendingan mainin game-game di bawah ini yang engga kalah serunya dan pasti punya nilai nostalgia tersendiri dalam hidup kamu.

1. Tetris

Mau dikembangin developer manapun dan ditambahin fitur apapun, “Tetris” tetaplah permainan menyusun balok seperti waktu pertama kali rilis tahun 1984. Game buatan orang Uni Soviet (sekarang Rusia) inilah yang udah bikin anak-anak tahun 1990an keranjingan game bergenre puzzle.

2. “2048”

via wikipedia.org
(Sumber: wikipedia.org)

Sementara itu, anak-anak modern lebih mengenal “2048” sebagai game bergenre puzzle era mereka daripada “Tetris.” Ingetkan masa-masanya media sosial diramaikan sama berbagai orang yang pamer karena berhasil meraih skor 2048 dalam permainan mikir yang rilis tahun 2014 ini? Coba main lagi deh. Serunya masih sama, kok.

3. “Pokemon GO”

(Sumber: Nintendo/Niantic)

Pengumuman-pengumuman! Game online yang sukses jadi bahan omongan tahun 2016 ini masih hidup dan berjalan dengan kualitas lebih baik dari sebelumnya. Coba login, jalan-jalan, ngumpulin pokemon, dan berevolusi lagi deh. Siapa tau sekarang kamu bisa menguasai gym yang sebelumnya engga pernah bisa kamu jebol.

4. “Piano Tiles 2”

Pertama kali rilis, game keluaran developer Cheetah Games ini punya nama “Don’t Tap the White Tiles.” Ketika mengetuk tiles hitam, kamu serasa kayak lagi main piano. Pada seri kedua, namanya diubah jadi “Piano Tiles” dan jumlah lagu klasik yang bisa dimainin juga ditambah terus. Sekarang, total lagunya ada lebih dari 200 nomor dengan berbagai aliran, termasuk lagu rakyat juga.

5. “Guitar Hero Series”

via YouTube.com
Turnamen Guitar Hero. (Sumber: youtube.com)

Kamu yang lebih suka main gitar daripada piano pastinya bisa “kembali pulang” ke semua game “Guitar Hero.” Mau dimainin pakai joystick gitar, stik biasa, atau keyboard komputer, game yang dirilis RedOctane dan Activision ini selalu punya playlist lagu yang enak banget.

6. “Skyrim”

via YouTube.com
Mods “Enderal” nambahin ratusan tempat, karakter, dan alur cerita baru ke dalam game “Skyrim.” (Sumber: Istimewa)

Bethesda Game Studios udah siap ngerilis “Prey” pada Mei mendatang, tapi “Skyrim” masih setia terpasang di di berbagai console dan PC. Apalagi, sang developernya udah mempersilakan berbagai modifikasi (mods) ke pengguna console. Beberapa project mods bahkan sampai nambahin alur cerita sehingga game yang berusia hampir enam tahun ini bisa dimainin ratusan jam lagi.

7. “Harvest Moon: Back to Nature”

via harvestmoonbacktonatureguide.com
(Sumber: harvestmoonbacktonatureguide.com)

Kamu yang pernah main PlayStation 1 kemungkinan besar kenal dengan Harvest Moon.” Saking populernya, game keluaran Natsume tahun 1999 ini sampai dirilis ulang untuk PlayStation Portable sekitar 2005 dan di PlayStation 3 sekitar tahun 2008.

8. “Suikoden Series”

via Istimewa
Semua karakter utama fanchise “Suikoden,” mulai dari Tir McDohl hingga Frey berkumpul di gambar epik ini. (Sumber: Istimewa)

“Suikoden 1 dan 2” bisa kamu mainin di PlayStation 1 dan “Suikoden 3-5” adanya di PlayStation 2. Judul apapun yang kamu pilih, kamu selalu bisa ngerasain petualangan “from zero to hero” yang ngebawa kamu mengusi penjajah, ngelewati puzzle, ngelawan monster, dan ngumpulin 108 karakter utama supaya game ini tamat 100%.

Kalo kamu udah engga punya konsol jadul untuk memainkan game macam “Harvest Moon,” “Suikoden,” atau versi awal “Guitar Hero,” kamu selalu bisa memainkannya dengan emulator. Jadi, game jadul mana nih yang jadi favorit kamu? (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.