Jum'at, 25 Mei 2018

Genmuda – Nasib baik dan buruk seseorang emang enggak ada yang tau. Kadang saat kita udah usaha keras, nasib baik belum tentu dateng. Sebaliknya saat kita lagi santai tiba-tiba aja mereka dateng. Persis kayak mantan yang mendadak minta putus terus setahun kemudian minta balikan terus diajak nikah. Duh, pelik gitu!

Nah, cerita 9 orang di bawah ini mungkin jadi salah satu bukti nyata kalo nasib baik bisa dateng dari mana aja, kapan aja, dan kepada siapa aja. Dilansir Genmuda.com dari Brightside.me, ini dia 9 barang temuan yang tanpa sengaja membuat pemiliknya jadi kaya mendadak.

1. Telur Kerajaan Rusia, Alexander III, di pasar loak

via: BBC
(Sumber: BBC)

Seorang cowok asal Amerika Serikat membeli sebuah telur dengan sebuah mutiara dan jam di dalamnya seharga 14 ribu dolar AS dari sebuah pasar loak. Ia bermaksud menjual kembali telur itu dengan harapan mendapatkan harga lebih tinggi, tapi gak ada seroang pun yang tertarik beli telur berisi jam.

Setelah diamati ternyata ada simbol Vacheron Constantin di telur tersebut. Sang pemilik langsung mencari informasi seputar barang tersebut di Google, dan menemukan fakta kalo barang loak itu adalah telur ciptaan Faberge yang secara spesial menjadi hadiah pernikahan dari Alexander III kepada istrinya di tahun 1887. Gak ada yang tau kenapa barang berharga itu bisa sampe ke AS. Tapi yang pasti, cowok itu menjadi kaya mendadak karena telurnya laku dijual 33 juta dolar AS.

2. Emas 5,5 kilogram di bibir pantai

via: Wikipedia
(Sumber: Wikipedia)

Nasib mujur menghampiri seorang penambang emas pemula di bibir pantai daerah Ballarat, Australia. Ia menemukan sebuah objek di balik pasir yang awalnya diduga bagian mobil, namun saat digali ternyata itu adalah sebuah emas utuh dengan ukuran cukup besar.

Setelah selesai, penambang berutung itu mendapati emas utuh dengan berat 5,5 kilogram. Bahkan temuannya diklaim sebagai bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan di daerah tersebut. Emas itu kemudian dijual dengan harga 300 ribu dolar AS.

3. Ferrari 330 GT di garasi rumah

via: Wikipedia
(Sumber: Wikipedia)

Lewat kisah ini mungkin mengajarkan kita bawha penting bagi kita untuk mengecek seisi rumah sebelum menjualnya ke orang lain. Ya, bayangin aja, seorang pembeli rumah bekas di Wyoming, AS, mendapatkan berkah saat pemilik rumah menjual rumahnya seharga 285 ribu dolar AS. Ia mujur bukan karena harga rumahnya, melainkan ia membeli rumah dengan bonus sebuah mobil seharga dua kali rumah.

Yup, saat pemilik rumahnya membiarkan garasi rumahnya kusam dan berdebu, ternyata di dalamnya masih tersimpan mobil Ferrari 330 GT dengan kondisi layak pakai. Jika melihat kondisi tersebut, diperkirakan jika mobil keluaran tahun 1966 ini bisa dihargai mencapai 500 ribu dolar AS. Wah, balik modal nih!

4. Tumpukan harta karun di halaman belakang rumah

via: Brightside.me
(Sumber: eastnews)

Tepat tanggal 5 Juli 2009, seorang petani Inggris bernama Terry Herbert, bermaksud mencari cincin anak perempuannya yang hilang di sekitar rumah. Supaya gampang, ia menggunakan metal detektor. Namun saat berjalan ke area belakang rumah. bukannya menemukan cincin anaknya, ia malah menemukan ribuan barang-barang yang terbuat dari emas dan perak dari abad ke-7.

Tumpukan harta karun itu memiliki berat hingga 7,5 kilogram dan memiliki harga sekitar 5 juta dolar AS. Akan tetapi karena peraturan negara, Terry hanya berhak mendapatkan setengah dari harga barang-barang bersejarah tersebut. (Yah, lumayan deh daripada lumanyun).

5. Permata dalam kursi bekas

via: Mirror.co.uk
(Sumber: Mirror.co.uk)

Sepasang suami istri asal Biggar, Skotlandia, membeli sebuah kursi jadul seharga 5 ponds. Karena belum ada uang untuk memperbaiki kursi tersebut, sang suami, Milner Brown, hanya menyimpannya bertahun-tahun di dalam loteng.

Barulah setelah 6 tahun kemudian ia berencana membetulkan kursi jadul tersebut. Tapi kejutan terjadi saat dia menemukan tumpukan berlian di balik jok kursinya. Milner merahasiakan temuan itu kepada istrinya, namun ia langsung membeli cincin dan anting dengan batu permata untuk istrinya. Di tahun 2016 ia baru menceritakan rahasianya itu kepada istrinya. Diperkirakan berlian tersebut dihargai sekitar 5 ribu ponds.

6. Kantong berisi koin emas dari zaman Victoria dalam piano rusak

via: Wikipedia
(Sumber: Wikipedia)

Martin Backhouse, seorang tukang servis piano, diminta oleh keluarga Hemmings untuk memperbaiki piano yang akan disumbangkan ke salah satu universitas. Saat membetulkan, ternyata terdapat 7 kantong yang berisi koin emas dari zaman Victoria. Para pengamat memperkirakan harganya sekitar 640 ribu dolar AS.

Gak diketahui siapa dan kapan koin tersebut disimpan dalam piano. Martin pun mendapatakan imbalan atas temuan tersebut. Sedangkan keluarga Hemmings hanya bisa gigit jari membiarkan harta karun dalam piano yang udah 33 tahun berada di rumah mereka. Apes.

7. Warisan ‘rumah emas’

via: CNBC
(Sumber: CNBC)

Seorang pria Prancis baru aja mendapat warisan sebuah rumah di daerah rumah. Saat asik mengamati setiap properti di dalam rumah, ia tiba-tiba menemukan sebuah kotak kecil berisi emas. Gak cuma sampe di situ, di kotak wiski hingga kursi rumah ternyata menyimpan berbagai jenis emas.

Setelah ditotal temuannya berkisar 3,7 juta dolar AS. Akan tetapi peraturan Prancis mewajibkan pria tersebut membayarkan pajak sebesar 45 persen dari total harga temuannya.

8. Batu opal matrix

via: Brightside.me
(Sumber: Istimewa)

Batu permata ini merupakan material perhiasan paling khas dari Australia dan memiliki nilai jual cukup tinggi meski ukurannya kecil. Tahun 2011 lalu, seorang desainer Australia, Stuart Hughes dan temen-temennya menemukan batu opal matrix murni di selatan Australia.

Batu opal matrix itu punya kadar 55.000 karat, dan diklaim sebagai batu opal terbesar yang pernah ditemukan. Temuannya ditaksir menyentuh harga sampe 1 juta dolar AS.

9. Uang di atas loteng

via: Salesman.org
(Sumber: Istimewa)

Josh Ferrin yang berasal dari Utah menyadari ada keanehan di ruang kerja rumahnya. Dari atas loteng ia menemukan sebuah karpet yang tersangkut. Karena penasaran, karpet tersebut ia tarik dan ternyata terdapat 7 kotak dan 2 plastik sampah yang berisi uang tunai. Ditotal, uang tersebut berjumlah 45 ribu dolar AS.

Gak ingin gegabah, ia lantas menghubungi pemilik rumah sebelumnya. Pemilik sebelumnya pun kaget atas informasi Josh. Mereka mengatakan rumah itu adalah warisan keluarga, dan mereka percaya besar uang-uang tersebut sengaja disimpan oleh ayah mereka.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.