Rabu, 21 April 2021

Genmuda – Kawan Muda pasti kenal dong sama ibu Menteri Perikanan dan Kelautan yang kece banget itu? Yap, Susi Pudjiastuti atau lebih sering kita kenal dengan panggilan bu Susi adalah adalah satu Menteri yang sering bikin heboh, apalagi kalo ada berita soal kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia. Pokoknya, TENGGELAMKAN!

Nah, setelah rame sama slogannya yaitu “tenggelamkan”, kali ini bu Susi bikin rame lagi dunia media sosial lewat video yang diunggah kemarin (13/4) di akun Instagram resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan @kkpgoid. Gak cuma di Instagram, KKP RI juga mengunggah video tersebut di akun Youtube resminya, yaitu di channel KKP News. Jadi, video ini tentang apa sih sampe udah ditonton sama 1.745 orang di Instagram dan 826 orang di Youtube?

Sesuai sama tugasnya sebagai Menteri yang menangani masalah soal perikanan dan kelautan, di video ini beliau menganjurkan supaya masyarakat Indonesia lebih gemar buat makan ikan. Iklan kampanye ini dibuat karena Indonesia punya laut seluas 5,8 juta kilometer dan garis pantai terpanjang kedua di dunia yaitu 97 ribu kilometer, tapi kok tetep aja asupan gizi dan protein anak Indonesia masih rendah.

Padahal, dengan laut seluas itu dan ikan yang luar biasa melimpahnya, anak-anak Indonesia mestinya lebih sehat dan pintar dibanding anak-anak di negara lain. Iya gak?

Dengan tegasnya, Bu Susi bilang, “yang gak mau makan ikan, tenggelamkan!”

Wah, kayaknya dampak makan ikan emang baik banget ya, sampe beliau ngancem gitu. Biar semakin afdol nih Genmuda.com kasih tau kamu apa aja sih fungsinya makan ikan buat kesehatan kita? Simak langsung ya, supaya gak ditenggelamkan!

Mencegah penyakit jantung

Menurut studi para ahli dari Harvard School of Public Health menyimpulkan, kalo makan dua porsi ikan dalam satu minggu, ternyata bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung tiga kali lipat.

Mengurangi tekanan darah

Minyak ikan atau omega 3 yang ada dalam ikan udah terbukti sangat baik buat menurunkan tekanan darah di tubuh kamu. Dikutip dari satujam, meskipun perannya minyak ikan buat menurunkan tekananan darah belum terbukti jelas, tapi kamu tetep mesti rajin mengonsumsi ikan ya!

Baik buat penglihatan

Berdasarkan penelitian, tingginya asam lemak omega 3 dalam minyak ikan ngebantu melindungi penglihatan buat orang yang menderita degenerasi makula terkait usia (AMD). Ikan juga mengandung retinol, yaitu bentuk vitamin A buat meningkatkan penglihatan di malam hari.

Bagus buat kulit

Gak perlu perawatan mahal-mahal gengs, cukup makan ikan aja kok! Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research, asam lemak omega 3 EPA yang ditemukan di minyak ikan, ternyata bisa ngebantu mencegah penuaan dini, dan melindungi dari paparan sinar matahari. Ntap!

Mencegah kanker prostat

Sekitar 6000 orang di Swedia udah diuji selama periode 30 tahun. Dan hasilnya menunjukkan kalo cowok yang gak makan ikan hampir tiga kali lipatnya berisiko kena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang makan ikan.

Turunnya risiko peradangan

FYI, ikan yang terbuti kaya akan asam lemak omega 3, ternyata punya sifat antiinflamasi atau bisa membantu mengurangi peradangan jaringan tubuh. Jadi, bisa mengurangi beberapa gejala dari kondisi peradangan umum, misalnya penyakit autoimun, psoriasis, dan rheumatoid arthritis.

Lagi diet? Wajib makan ikan!

Menurut sebuah penelitian di Universitas Georgia, minyak ikan dengan DHA bisa membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak yang otomatis bisa mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan.

Baik buat perkembangan bayi

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan dan diterbitkan dalam Journal of Pediatrics menyimpulkan, bahwa ibu yang minum suplemen minyak ikan selama kehamilan dan menyusui terbukti bisa meningkatkan kemampuan kognitif pada anak-anak mereka waktu berusia 4 tahun. Penelitian lain di tahun 2005 menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang punya diet tinggi minyak ikan yang dilakukan dengan baik ternyata punya kemampuan membaca dan mengeja yang lebih baik.

Meningkatkan kinerja otak

Via: Tumblr

Omega 3 yang ada di ikan ternyata bisa ngebantu perkembangan otak dan meningkatkan fokus kamu loh! Selain itu, studi lain menunjukkan, kalo suplemen minyak ikan juga bisa meningkatkan memori pada orang dewasa.

Gak cuma sehat, tapi enak

Nah, ini yang paling penting. Ikan yang biasa kita konsumsi ternyata punya banyak keunggulan ya! Dan juga pengolahannya pun luar biasa beraneka ragam, jadi gak akan ngerasa bosen karena makan ikan olahan yang itu-itu aja. Tapi gengs, ikan pun bisa agak kurang sehat kalo digoreng, jadi lebih baik dikukus, dipepes atau dipanggang.

Jadi, udah siap mengonsumsi ikan sebelum ditenggelamkan sama bu Susi dong? (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.