Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Dari jaman baheula sampe sekarang, sifat bohong selalu ada dalam tiap diri manusia. Gak peduli, kamu cewek, cowok, punya pacar, atau jomblo nelangsa, kemungkinan kamu bohong atau ngibul dalam hidup kamu pasti tetep ada.

Walau ada kebohongan yang bisa dirasa demi kebaikan, tapi ujungnya kan TETEP salah dan ada pihak yang ngerasa dirugiin. Entah itu ke orangtua, dosen, pacar, atau sahabat, yang jelas gak ada orang yang mau dikibulin. Pasti!

Mark Bouton, agen FBI yang udah berkerja selama 30 tahun sekaligus penuls buku “How to Spot Lies Like the FBI” mengatakan bahwa untuk mengetahui seseorang sedang berbohong atau berkata jujur, dapat dinilai dari wajah mereka.

Beliau menegaskan jika seseorang yang sedang berbohong biasanya akan terlihat gugup dan mengeluarkan gestur aneh saat bicara.

Demi membuktikan teori tersebut, Mark menganjurkan kita untuk memulai obrolan yang umum hingga obrolan khusus supaya kita bisa memahami bagaimana sikap orang tersebut dan apa reaksinya ketika harus menjawab pertayaan sulit.

Dari situlah, seenggaknya Mark memberikan ciri-ciri tukang bohong yang bisa kamu liat dari wajahnya. Berikut rangkumannya, gengs!

1. Kontak mata

via: giphy

Orang sok bijak pernah bilang, “Mata bisa lebih jujur daripada mulut.” Ternyata hal itu emang bener menurut agen FBI.

“Gerak mata adalah reaksi fisiologis lawan bicara saat menemukan pertanyaan tidak nyaman atau terjebak oleh pertayaan yang mereka tidak ingin jawab.” terang Mark.

Oleh sebab itu, kalo pengan tau seseorang lagi jujur atau enggak, usahain selalu ada kontak mata. Kalo dia berani natap kamu balik, kemungkinan besar dia lagi jujur, sebaliknya kalo dia menghindar kemungkinan dia lagi sembunyiin sesuatu.

2. Sering ngedip

Kata Mark, dalam keadaan normal manusia dapat berkedip sekitar 5-6 kali dalam semenit. Namun dalam keadaan stres atau berbohong jumlah kedipannya bisa 5-6 kali secara berturut-turut.

Tapi, hal ini gak berlaku buat orang-orang yang punya masalah kesehatan pada produksi hormon dopamin di tubuh mereka kayak penyakit Parkinson. Kalo buat Genmuda.com, mendingan jangan keseringan ngedip, nanti kamu disangka genit. Cielah…

3. Seberapa lama mereka ngedip

via: giphy

Cara ini lebih ke arah teknis, gengs. Kamu harus bisa mengengetahui seseorang lagi berbohong dari seberapa lama mereka berkedip.

Dalam keadaan normal, manusia akan berkedip dalam 100-400 milidetik. Biasanya orang yang lagi bohong bakalan menutup matanya sekitar 1-2 detik. Kalo lebih dari itu bisa jadi dia emang ngantuk. *canda.

4. Gerak matanya

via: Giphy

FBI percaya saat mata lawan bicara mereka mengahadap kiri atas, mereka sedang memikirkan sesuatu yang benar-benar nyata alias jujur.

Sebaliknya jika matanya mengarah kanan atas, kemungkinan ia sedang berimajinasi untuk menemukan jawaban gak pasti atau ngibul.

Etapi, reaksi mata tersebut bisa aja terbalik pada orang kidal. Ada juga orang yang bakal menatap lurus ke depan saat mencoba mengingat ingatan visualnya di masa lalu.

5. Perlu bukti? Bikin pertanyaan ‘jebakan’

“Waktu kamu ditelpon Dinda, emang dia bilang apa?”

“Pertanyaan (jebakan) kayak gitu biasanya bakal memancing mata lawan bicara kamu ke arah telinga kiri untuk mengingat hal yang didengarnya. Tapi kalo matanya mengarah ke kanan, biasanya dia akan bergetar.” ujar Mark.

6. Gerak tangan ke wajah

Mark menjelaskan terdapat reaksi kimia yang menyebabkan wajah seseorang menjadi gatal saat mereka berbohong. Oleh sebab itu orang bohong suka pegang atau garuk wajah mereka.

7. Bibir kering

via: Lifehack

“Bibir seseorang sering kering saat dia berbohong,” kata Mark. “Dia mungkin saja melakukan gerakan mengisap atau mengerucutkan bibir, untuk mengatasi kebohongannya.”

So, bibir kering bukan cuma tanda kamu lagi padas dalam, tapi juga ciri-ciri tukang ngibul. Wasapadalah!

8. Keringetan

via: Giphy

Selain masalah bibir kering, orang yang berbohong bakalan gampang keringetan di bagian jidat, pipi, atau leher bagian belakang. Dan saat itu mereka berusaha menyeka keringet tersebut secara berulang-ulang.

9. Ada kalanya wajah mereka bakal memerah

Tumblr

Dalam beberapa kasus, Mark menemukan wajah orang yang berbohong akan memerah. Eits, memerah di sini bukan karena aura cantik atau lagi malu ya, melainkan efek refleks paksaan oleh sistem saraf untuk pelepasan hormon adrenalin.

10. Perhatikan arah mereka menggelengkan kepala

Rumus sederhananya gini:

Ya = Nganguk-nganguk, Enggak = Geleng-geleng.

Saat perkataan dan gesturnya bertolak belakang maka patut dipertanyakan kebenarannya.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.