Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Kata orang, kebahagiaan engga bisa dibeli atau dinilai dengan uang. Berbanding terbalik dari keyakinan tersebut, ngebeli barang-barang sebenarnya bisa bikin kamu lebih bahagia ketimbang ngabisin uang untuk pengalaman loh, Kawan Muda.

Sebuah riset baru dari University of British Columbia udah nemuin kalau saat kamu beli atau dikasih suatu pengalaman, kamu emang bakal ngalamin kebahagiaan yang kuat. Sayangnya, kebahagiaan kamu itu kemudian bakal pudar saat pengalaman kamu berakhir.

Sebaliknya, saat kamu dapat benda fisik baik itu beli atau dikasih, kebahagiaan yang kamu rasain saat kamu pertama kali nyentuh suatu benda bakal tetap kembali setiap kali kamu ngegunain benda itu. Dengan kata lain, kamu masih bakal bisa terus-terusan ngerasain kebahagiaan dari benda itu.

FYI, riset sebelumnya emang udah nunjukin kalau orang-orang cenderung dapat lebih banyak kebahagiaan dari ngebeli pengalaman ketimbang objek material. Tapi, hampir engga ada riset yang ngamatin gimana sebenarnya perasaan orang-orang pas ngekonsumsi pengalaman maupun objek material. Hal itulah yang lantas disorot dalam riset terbaru, khususnya yang terkait kebahagiaan sesaat.

Para peneliti dari riset tersebut udah ngasih sekelompok peserta masing-masing 20 dolar dan minta mereka ngabisin uang itu untuk pengalaman atau objek material. Sementara itu, kelompok peserta lainnya hanya diminta buat ngerujuk ke hadiah atau pengalaman yang pernah mereka terima.

Setelah para peserta diminta buat ngerekam tingkat kebahagiaan mereka setelah ngebeli atau ngebuka belanjaan maupun hadiah mereka, para peneliti nemuin kalau mereka yang udah ngebeli atau nerima pengalaman cenderung ngalamin kebahagiaan yang lebih intens di awal. Kebahagiaan itu pun kadang-kadang masih kembali dalam kurun waktu dua minggu berikutnya.

Tapi, para peserta yang udah ngebeli atau nerima hadiah materi justru dilaporin ngalamin kebahagiaan yang lebih konstan dalam kurun waktu yang sama. Singkatnya, hadiah pengalaman emang yang terbaik untuk kebahagiaan yang intens, tapi hadiah materi punya kekuatan buat ngasih kebahagiaan lewat penggunaan.

So, sebelum kamu ngabisin uang buat sesuatu, mending kamu pertimbangin baik-baik lagi, Kawan Muda. Kamu mau kebahagiaan yang kayak gimana, yang cepat berlalu atau yang lebih tahan lama? Kalau kamu udah tahu mau yang mana, kamu pun nantinya bisa lebih mudah buat mutusin apa yang bakal kamu beli supaya bisa bahagia.

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer