Sabtu, 28 November 2020

Genmuda – Hidup sehat menjadi dambaan setiap anak muda di penjuru dunia. Dari sekian banyak saran dan pola hidup sehat dari para pakar kesehatan atau artikel-artikel Genmuda.com yang udah kasih, pasti ada aja alasan buat ‘mangkir’ ngejalaninnya. Hayo ngaku!

Etapi, kamu pernah gak sih ngerasa istirahat udah cukup, makan teratur, dan rutin olahraga tapi badan masih aja gampang capek atau kurang semangat di hari berikutnya. Tidur cukup dan berkualitas malam ini emang bukan jadi jawabannya. Serius!

Percaya gak percaya, justru kebiasaan ‘receh’ ini malah bisa bikin tubuh jadi gampang capek, tanpa kamu sadari. Nih, Genmuda.com kasih:

1. Bawa barang terlalu banyak setiap hari

Kabar buruk bagi kamu yang sering banget pake tas punggung lengkap dengan barang bawaan super berat ke sekolah, kampus, atau kantor. Kebiasaan satu ini menjadi salah satu penyebab utama badan kamu jadi gampang capek. Jangan dicuekin, ya, soalnya kebiasaan ini bisa bikin kamu cedera serius di area bahu sampe mengubah bentuk tulang belakang kamu. Hih!

2. Kebanyakan minum kopi

Meskipun kopi membantu mata kamu tetep melek buat ngerjain tugas, tapi kalo diminum setiap hari jelas gak sehat buat tubuh, loh. Selain mengurangi waktu tidur kamu karena kebanyakan begadang, kandungan kafein pada kopi dapat membuat kamu gampang terkena dehidrasi. Gak heran kalo besok paginya badan kamu terasa berat dan lemas.

3. Pakaian yang terlalu nyaman

Mau tau kenapa baju seragam dibuat kaku dan gak senyaman baju tidur kamu? Alasannya karena pakaian yang terlalu lembut dan nyaman, akan membuat tubuh kamu bawaannya mau tidur doang. Para peneliti mempercayai jika pakaian terlalu nyaman dapat menipu waktu istirahat tubuh kamu.

4. Kamar atau ruangan kerja kamu berantakan

via: Tumblr

Ngebiarin meja kerja hingga kamar tidur berantakan secara gak langsung akan memberikan energi negatif buat tubuh. Hal tersebut dipaparkan dalam Jurnal of Neuroscience yang dirilis tahun 2011. Otak yang semangat kerja biasanya akan terganggu saat melihat keadaan meja kerja atau ruangan yang berantakan.

5. Stres berkepanjangan

Mungkin hari ini kamu ngerasa waktu makan dan istirahat udah cukup, tapi badan masih aja capek. Awas, tanpa kamu sadari itu semua bisa jadi gejala orang yang lagi stres berat. Gak ada salahnya buat santai sejenak atau ceritain masalah yang lagi kamu ke sahabat atau keluarga. Jangan stres kelamaan lah, nanti cepet tua.

6. Bukan kamu yang lagi stres, tapi temen kamu

“Jam 12 malam kamu tidur, tiba-tiba sahabat baik kamu telpon karena habis diselingkuhin sama pacarnya. Terus kalian curhat sampe pagi dengan bumbu ‘nangis bombay,’”

Tuh, kebiasaan receh kayak gitu secara gak langsung bisa bikin tubuh kamu ikutan capek. Mayoritas persahabatan erat, biasanya akan melahirkan rasa empati lebih saat bff-nya lagi ada masalah.

Supaya gak berkepanjangan, jangan terlalu ikut campur ke masalah temen kamu, deh. Sekedar kasih saran boleh, tapi gak usah ikut-ikutan jadi beban hidup kamu. Gitu deh. Diinget ya!

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.