Senin, 16 September 2019

Genmuda – WhatsApp jadi salah satu aplikasi chatting paling populer di zaman sekarang. Mulai dari gampang digunain, ramah penggunaan kuota, dan tentunya gratisan jadi alasan kuat kenapa hampir banyak di antara kita memakai aplikasi berlogo telpon hijau itu.

Sering berkembangnya zaman dan banyaknya smartphone canggih, fitur WhatsApp pun semakin bervariasi. Tujuannya sih sederhana yaitu biar pengguna WhatsApp bisa mengantur dan menjaga kerahasiaan isi chat mereka.

Tapi di antara sekian banyak fitur yang ditawarkan Genmuda.com percaya kalo gak semua diantara kita yang tau cara ngegunainnya. Atau mungkin Kawan Muda cuma update doang tapi gak tau fitur baru apa aja yang bisa kamu coba? Kalo iya mendingan kamu baca informasi berikut ini sampai selesai. Cekidot!

1. WhatsApp for desktop

Daripada sering-sering liat hp cuma buat balesin chat pas lagi kerja di depan PC atau laptop, kenapa gak sekalian pindahin isi chat kamu itu di desktop? Ya, cara ini sering banget digunain oleh banyak orang. Kamu gak perlu repot instal WhatsApp di komputer, cuma buka browser kamu terus buka WhatsApp dari smartphone lalu masuk ke Settings > WhatsApp Web/Desktop. Scan QR codenya and voilà, kamu udah bisa chattingan dari laptop.

Selain itu kamu juga gampang buat upload/download dokumen dari PC atau laptop kamu. Seengganya kalo lagi darurat gak ada flashdisk, kamu juga bisa pakai cara ini buat ngeprint tugas di komputer orang atau warnet. Walau membutuhkan jaringan internet di smartphone sebaiknya kamu selalu logout WhatsApp for desktop setelah penggunaan. Daripada isi chat kamu diketahui orang lain, kan repot.

2. Mengurangi gambar atau video ganggu

Entah grup kelas, grup sma, atau grup keluarga, pasti ada aja orang yang suka nge-spam video atau meme yang belum tentu kamu suka. Ketimbang harus di-download dan makan kuota paket data kamu mendingan atur dulu supaya gak auto-download. Caranya tinggal pilih Setting > Chats > lalu non aktifkan tombol Save to Camera Roll. Gampang kan!

3. Hemat kuota dan memori smartphone

Suka atau engga, yang namanya smartphone dengan memori 16GB di jaman sekarang tuh ibarat kacang goreng. Banyak dan keseringan gak muat menampung banyak data dari aplikasi kayak WhatsApp. Ketimbang harus makan memori dan buang-buang kuota mendingan kamu kontrol pemakaiannya.

Untuk iOS kamu tinggal masuk ke Settings > Data and storage usage. Sedangkan Android tinggal masuk ke Settings > Chat and Call > Media Auto-Download. Di situ tinggal pilih deh file apa yang bisa otomatis di-download dengan penggunaan paket data atau memerlukan koneksi wi-fi.

4. Mute grup biar hemat baterai

Mayoritas dari kita pasti punya satu grup WhatsApp yang selalu ‘berisik’. Daripada notifikasinya ganggu, mendingan kamu tinggal mute, sampai 1 tahun kalo perlu. Cukup Info Group > Mute.

5. Sembunyikan ‘last seen’

Cara ini udah ada sejak tiga tahun lalu dan berguna buat kamu yang gak mau dikepoin atau ngepoin orang. Soalnya dengan mengaktifkan fitur ini kamu juga gak bisa melihat aktivitas orang lain di WhatsApp. Caranya cuma buka Settings > Account > Privacy. Kamu bisa pilih deh apakah semua orang, temen-temen di kontak, atau gak ada satu orang pun yang bisa melihat aktivitas kamu di WhatsApp.

6. Sembunyikan isi chat di home screen

Lagi chat mau ngasih surprise ke pacar, eh isi chat dari selingkuhan temennya kebaca sama pacar kamu di homescreen. Pasti bete kan? Nah, buat mengurangi kejadian apes kayak barusan sebaiknya kamu umpetin aja isi chatnya dengan memilih Settings > Notifications > lalu non-aktifkan Show Preview.

7. Tandai chat penting

Ketimbang harus nyari satu dari ratusan chat yang masuk, kenapa gak langsung tandai chat yang penting buat kamu. Cukup tekan chat yang mau kamu tandai terus pilih Star. Untuk melihat chat yang udah kamu tandai itu langsung aja pilih Settings  > Starred Messages.

8. Opsi buka dengan finger print atau face unlock

Buat smartphone yang dipersenjatai sama teknologi penanda wajah dan sidik jari juga bisa mengaktifkan fitur ini, sehingga orang lain gak akan bisa membuka WhatsApp kamu. Tinggal masuk ke Settings > Account > Privacy > lalu aktifkan Screen Lock dan pilih penanda apa yang mau kamu gunakan.

Bonus: Fitur menolak otomatis masuk ke-grup dan mencari berdasarkan file

Sejak berita ini diturunkan oleh Genmuda.com, Jumat (1/3), WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan dua fitur lainnya. Pertama adalah fitur tolak masuk grup yang telah dijajal pada WhatsApp beta buat Android versi 2.19.55.

Nantinya fitur ini memungkinkan kamu untuk memilih grup apa yang bisa mengundang kontak kamu. Fitur ini tersedia dalam Settings > Privacy > Groups. Sama dengan fitur last seen kamu bisa memilih opsi apakah kamu bisa dimasukan ke dalam grup oleh semua nomor, dari nomor dalam kontak, atau tidak sama sekali.

Sedangakn untuk fitur pencarian, WhatsApp akan membantu kamu dalam pencarian pesan berdasarkan kategori. Entah itu gambar, audio, video, dan lain sebagainya.

Rencananya kedua fitur ini bakal dirilis dalam waktu dekat untuk perangkan iOS dan Android. Jadi stay tune terus ya di Genmuda.com!

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast