Senin, 21 Mei 2018

Genmuda – Pertengkaran karena cowoknya berbuat salah kemungkinan besar berakhir gantung tanpa ada permintaan maaf dari si cowok. Jadinya, cowok keliatan jadi makhluk paling gengsianan buat minta maaf.

Padahal, minta maaf jadi cara paling dasar yang dibutuhin cewek buat maafin kesalahan cowoknya. “Para pria kelihatannya jadi punya jatah minta maaf yang perlu dihemat sepanjang hidup,” kata Josh Gressel di situs Psychology Today, Minggu (4/9).

Minta maafnya nanti baru dilakuin waktu si cowok ngelakuin kesalahan berat banget, kayak misalnya waktu ketauan selingkuh. Kenapa aneh begitu ya? Berikut ini penjelasan yang udah Genmuda.com rangkum dari berbagai sumber.

Karena cowok pakai logika, mereka seolah engga ngerasa bersalah

via tumblr.com

Gressel bilang kalo cowok engga mau minta maaf karena mereka ‘engga ngerasa salah’. Masalah itu timbul karena satu hal, yaitu salah paham. Lebih lanjut, para cowok berprilaku seperti itu karena mereka engga mau dianggap lebih rendah karena udah berbuat salah. *Egois

Begitu cowok berbuat kesalahan, otaknya bakal langsung ‘melogikakan’ kesalahannya. Otak mereka bakal langsung mikir ‘kenapa kesalahan itu bisa terjadi.’ Ujung-ujungnya, si cewek lah yang disalahin karena bikin mereka ‘terpaksa berbuat salah’.

“Ini biasa dilakukan pria-pria yang tidak mau mempertanggungjawabkan kesalahannya,” kata Gressel.

Tinggalin aja yang kayak gitu. Ngapain banget melihara api di dalam sekam, girls. Mending pelihara tuyul bisa kaya mendadak. *canda.

Ada kekhawatiran dianggap lemah dan engga mau terlalu membesar-besarkan masalah

via: giphy

Gressen bilang, minta maaf cuma bisa dilakuin waktu seseorang ngebuka dirinya. Nah, cowok memandang orang yang ngebuka diri sebagai orang yang lemah. Karena itu, para kaum adam takut minta maaf meski itu ke ceweknya sendiri. Ketakutan mereka itu terjadi lantaran orang-orang cendrung menganggap cowok itu (idealnya) kuat dan cengeng, sementara membuka hati buat pasangan sering dianggap perilaku lemah atau cemen.

Di satu sisi cowok sebenarnya juga takut kalo omelan ceweknya merembet ke hal lain setelah doi mengaku salah dan minta maaf. Ini juga berkaitan sama desain otak cowok yang beda dari otak cewek. Faktanya otak cowok seolah engga mempedulikan keadaan emosi pasangannya, tapi lebih melihat keadaan fisik yang bisa dirasain sama panca indera. Engga heran kalo akhirnya cowok keliatan lebih cuek kalo sedang berantem.

Sekarang udah paham kan kenapa cowok suka gengsi buat minta maaf, meski mereka udah ngelakuin kesalahan. Kamu yang cewek tetep sabar ya, cowok emang gitu kok. Semuanya sama aja. *canda. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.