Rabu, 27 Januari 2021

Genmuda – Hari penentuan perjuangan anak SMA mati-matian nyontek belajar dan hadapi rangkaian ujian tiba. Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 diumumin lewat situs pengumuman.sbmptn.ac.id, Selasa (13/6), sekitar pukul 14.00 WIB. Bersiaplah, gengs!

Walau hasil akhirnya belum keluar, Ketua Panitia Pusat SBMPTN 2017, Ravik Karsidi udah ngebeberin beberapa data penting seputar ujian besar-besaran itu. Sambil harap-harap cemas nungguin kemunculan “Selamat atas keberhasilan Anda” di situs pengumuman, simak fakta ini, yuk.

1. Lagi-lagi, UI terpopuler

Halo UI dan Indonesia, Hari ini ​(8/6/2017), Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 kembali merilis daftar Universitas terbaik di Dunia. Tahun ini UI berada pada peringkat 277 di Dunia (pada tahun 2016 berada di peringkat 325). UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut pada pemeringkatan QS. QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju World Class University. Terima kasih kepada segenap sivitas akademika dan warga UI atas kerja keras bersama sehingga UI berhasil mencapai prestasi ini. Selamat kepada @institutteknologibandung @ugm.yogyakarta @univ_airlangga @official_ipb @undip_semarang @itssurabaya @umsurakarta Tetaplah membanggakan Indonesia! Hasil pemeringkatan QS secara lengkap dapat dilihat di tautan: https://www.topuniversities.com #universitasindonesia #QSWUR #education #untukindonesia

A post shared by Universitas Indonesia (@univ_indonesia) on

Di antara ratusan PTN, UI kembali jadi universitas terpopuler. Bukan hanya itu, “Si Jaket Kuning” juga naik ke peringkat 277 terbaik di dunia, menurut survey QS World University Ranking. Selamat, yhea. FYI, empat kampus lain yang juga banyak diminati tahun ini, yaitu ITB, UGM, Unpad, dan UNS.

2. Anak-anak soshum pinter masuk UI

via republika.co.id
Anak UI lagi pada demo. Tapi, ga semuanya suka demo sih. Gambar ini dipilih karena keren aja. (Sumber: republika.co.id)

Keberuntungan UI masih berlanjut. Anak-anak pinter yang berminat di jurusan-jurusan soshum banyak yang masuk kampus itu. Mengutip data dari detik.com, Senin (12/6), begini daftar kampus dengan nilai rata-rata diterima tertinggi untuk kelompok ujian soshum:

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gajah Mada (UGM)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Padjajaran (Unpad)
  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Brawijaya (Unbraw)
  • UPN Veteran Yogyakarta
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

3. Anak-anak saintek pinter masuk ITB

via Genmuda.com
Mahasiswa ITB (Sumber: Istimewa)

Sementara itu, anak-anak pinter yang minat jurusan saintek pada masuk ITB. Begini urutan kampus dengan nilai rata-rata diterima tertinggi untuk kelompok saintek:

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gajah Mada (UGM)
  • Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Universitas Padjajaran (Unpad)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • UPN Veteran Yogyakarta

6. Kebanyakan yang lolos merupakan kelompok saintek

©Genmuda.com/2016 Liki
Mobil Android Mahasiswa UII, Yogjakarta ©Genmuda.com/2016 Liki

Peserta ujian saintek yang lolos ada 61.015 orang, dari jurusan soshum ada 59.714 orang, dan dari kelompok campuran ada 27.337 orang. Dear, anak IPA. Jangan sombong dulu, ya. Data itu bukan berarti anak-anak IPA jauh lebih pinter daripada anak IPS (padahal emang iya, berdasarkan data) #penulisnyaanaksos.

4. Jurusan yang paling populer juga belum berubah

via KapanLagi.com
Indah Kusuma, anak jurusan kedokteran. (Sumber: KapanLagi.com)

Jurusan manajemen, akuntansi, hukum, kedokteran, teknik sipil, ilmu komunikasi, teknik informatika, psikologi, dan farmasi tetep diminati. Lebih kurang, situasinya gak berubah jauh dari ujian masuk PTN tahun-tahun sebelumnya.

5. Banyakan yang gak lolos daripada yang lolos

via giphy.com

Serius, nih. Peserta yang lolos cuma ada 148.066 dari total 797.738 pendaftar. Jumlahnya gak sampai 14,5% dari keseluruhannya. Duh, semoga kamu termasuk ke dalam mereka yang beruntung dan gak dapet pesan yang dimulai dengan ungkapan “Mohon maaf,….”

7. Sebanyak 23,02% dapet beasiswa

via eactiongifs.com

Hampir seperempat yang lolos SMBPTN juga sukses dapet beasiswa pemerintah Bidikmisi. Datanya nunjukin ada 34.098 penerimanya, atau sekitar 23,02% dari total lulusan SBMPTN 2017.

Sekali lagi, Genmuda.com doain semoga kamu termasuk salah satu yang lolos SBMPTN dan bergabung dengan calon-calon mahasiswa lain yang udah diterima dari ujian-ujian terdahulu. Tetep semangat dan siap-siap menghadapi hidup baru, ya! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.