Rabu, 1 Desember 2021

Genmuda – Ekspresi semua orang di stadion Piala Dunia 2018 tertangkap kamera dari berbagai penjuru. Selain sepak terjang pemain, raut wajah dan kelakuan penonton pun jadi tontonan menarik buat kita cari tau.

Biasanya, suporter Irlandia yang disorot netizen dan media. Mereka dikenal kocak, baik, dan ramah pada warga lokal dan suporter tim lain. Berdasarkan pantauan pada Euro 2016, kelakuan mereka jauh dari kata negatif.

Piala Dunia kali namun bukan momen yang baik buat Irlandia. Gak lolos kualifikasi, suporter berjersey hijau daun pun gak keliatan berkeliaran di Russia.

Sebagai ganti Irlandia, sorotan teralihkan ke suporter lain. Dengan aksi unik masing-masing, suporter tim di bawah ini layak jadi obrolan.

Jepang

Kala timnas Jepang kalahkan Kolombia 2-1, sorotan media teralih ke para suporter tim “Samurai Biru.” Setelah pertandingan usai, para fans berjersey biru mengeluarkan kantong plastik.

Masing-masing memungut sampah di sekitarnya. Kantong yang penuh sampah kemudian dibuang ke tempatnya di luar stadion. Sebagian lagi ngumpulin plastik sampah itu di satu titik stadion. Ritual ini emang udah jadi ciri khas suporter Jepang tiap gelaran Piala Dunia. Salute!

Senegal

Aksi serupa juga dilakukan suporter Senegal. Ketika timnasnya menang 2-1 atas Polandia, para suporter Senegal juga mungutin sampah di sekitar bangku stadion.

Bedanya, sampah itu gak dimasukin ke kantong plastik melainkan dikumpulin di satu titik pada area penonton. Maksudnya, untuk memudahkan kerja petugas kebersihannya nanti.

Kolombia

Pasca menerima kekalahan dari Jepang, suporter Kolombia tetap sportif. Beberapa dari mereka ngasih selamat buat suporter Jepang atas kemenangan itu sementara para fans Jepang bersih-bersih Stadion. Meski obrolan berlangsung dalam bahasa yang berbeda, suasananya friendly banget

Selain itu, cewek-cewek Kolombia yang nampang di bangku penonton pun jadi sorotan kamera. Mon maap yak. Itu kameramen dan wartawannya pasti jelalatan, deh.

Iran

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Suporter Iran sebelas-duabelas kayak suporter Kolombia. Ceweknya cakep-cakep. Dengan jersey timnas dan celana gemas, beberapa cewek Iran mengekspresikan diri di stadion.

Sementara itu, cowok-cowok Iran lebih baik. Mereka dengan ramah menghampiri suporter Maroko yang tersungkur sedih dan ngasih semangat kepada dia. Beberapa saat sebelumnya, timnas Iran kalahkan Maroko 1-0.

Pemain timnas Iran, Reza Ghoochannejhad malah ngasih semangat ke pemain Maroko yang bikin gol bunuh diri, Aziz Bouhaddouz. “Jangan biarkan gol bunuh diri meruntuhkanmu,” tulis Reza sambil memention Aziz di Instagram.

Kira-kira, suporter Timnas Indonesia bisa berbuat ramah dan baik kayak gitu gak ya seusai nonton pertandingan? Jawabannya, kamu buktiin aja sendiri di laga terdekat. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.