Kamis, 21 Januari 2021

Genmuda – Selamat lebaran, gengs! Gimana nih kegiatannya di hari kemenangannya? Pasti menyenangkan ya kumpul bareng sama keluarga dan juga saudara-saudara yang jarang kita temui selain di hari lebaran. Apalagi buat yang mudik, pasti ngerasain serunya sensasi macet-macetan dan stres di jalan.

Buat kamu yang gak kemana-mana karena saudaranya ada di sekitar rumah, gak usah sedih gengs. Siapa tau pacar kamu emang udah nyiapin agenda supaya kamu bisa berlebaran ke rumahnya. Udah siap belum berkunjung ke rumah calon mertua? Ikutin tips di bawah ini nih supaya kamu makin siap ketemu orang tua si doi.

1. Pake baju rapih

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Gimana pun juga, kamu pasti bakal dinilai pertama kali lewat penampilan kamu. Ini kan kunjungan hari raya, coba buat pake baju terbaik kamu, tapi gak usah berlebihan. Anggep ini jadi awal yang penting buat hubungan kalian. Karena kalo setelah ini orang tua mereka responnya positif, berarti kamu tinggal lanjut ke tahap selanjutnya aja dong!

Cukup pake baju yang bikin kamu nyaman dan terlihat niat buat ketemu orang tuanya doi. Gak perlu pake high heels, gak perlu pake tas branded mahal, gak perlu pake kemeja merk mahal. Karena yang terpenting adalah kamu dan sifat baik kamu. Nyaman tetep nomor 1 ya gengs!

2. Penampilan fisik rapih

©Genmuda.com/2017 Fanny
©Genmuda.com/2017 Fanny

Kalo kamu udah pake baju terbaik buat ketemu orang tua si doi, coba juga sekalian perhatiin penampilan fisik kamu. Buat yang cowok, kalo emang kamu gondrong atau jenggotnya berantakan, coba buat rapihin dulu. Sisir rapih rambutnya, pake gel rambut kalo perlu.

Buat kamu yang cewek, tata rambut kamu supaya rapih dan gak ribet pas mau salam-salaman. Dan kalo kamu pake hijab, pilih gaya yang sopan tapi simpel ya, Biar makin keliatan calon istri idaman dan sangat surgawi. Ntap!

3. Pembawaannya santun dan ramah

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Nah kalo udah siap dari segi fisik dan penampilan, saatnya kamu jaga sikap dan perilaku di depan orang tuanya. Meskipun kamu orangnya mungkin clumsy atau mungkin petakilan, ya coba di minimalisir dulu. Gak mesti jaim banget juga, tapi tetep tunjukin diri kamu sendiri.

Jangan terlalu SKSD juga diawal pertemuan, nanti yang ada orang tua doi malah ilfeel sama kamu. Biasa aja, selayaknya orang bertamu. But keep in mind, that you meet your bae’s parent. Behave guys!

4. Salam jangan lupa

©Genmuda.com/2017 Fanny
©Genmuda.com/2017 Fanny

Tunjukin ke mereka kalo kamu muslim atau muslimah yang baik meskipun belum taat banget. Begitu sampe, langsung ucapin salam ke mereka. Dilanjut dengan salim atau cium tangan orang tuanya doi.

Begitu pun kalo kamu mau pulang, jangan lupa ciun tangan keduanya juga. Kalo ada saudaranya, jangan sungkan buat cium tangan sekeluarganya, supaya nunjukin kalo kamu itu anak yang sopan dan santun.

5. Bawa oleh-oleh

via: Google
Jangan lupa pake acar (Sumber: Istimewa)

Gak wajib sih, tapi coba buat datang gak dengan tangan yang kosong. Meskipun mungkin gak enak juga orang tua si doi buat nerimanya, tapi gak ada salahnya kalo bawa buah tangan juga ketika dateng ke rumahnya.

Gak udah bawain yang mahal atau yang repot, nanti orang tuanya malah gak enak karena udah kamu kasih yang macem-macem. Cukup bawain aja kue-kue lebaran atau makanan masakan keluarga atau mungkin masakan kamu sendiri. Itu pasti lebih berkesan. Ya, paling mentok martabak telor deh gengs.

6. Membaur sama keluarganya

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Jangan diem aja! Meskipun kamu orangnya pendiem dan susah berbaur, ini jadi salah satu cara yang ampuh supaya kamu bisa belajar bersosialisasi sama orang lain yang baru kamu kenal. Kalo udah berani ajak orang tuanya ngobrol, ajak juga saudaranya buat ngobrol.

Sekedar tanya-tanya hal yang sepele dan juga receh, tapi bisa bikin kamu jadi tambah akrab sama keluarganya doi. Ini juga bisa jadi cara terbaik supaya kamu belajar mengenal dia dan orang tuanya juga dia dengan lingkungan saudaranya. Makin deket, makin baik kan?

7. Ucapin makasih, dan puji masakan ibunya

Biasain bilang makasih kalo dikasih apa-apa. Ini berlaku buat segala hal, gak cuma di depan orang tuanya aja. Pas pertama kali disuruh masuk, pas disuguhin makanan dan minuman, dan pas dipuji cantik atau ganteng ngarep. Sebagai tanda kamu menghargai tuan rumah, jadi coba buat selalu berkata terima kasih.

Ketika kamu ditawarin makan dan akhirnya makan bareng sama keluarganya, puji lah masakan si ortu. Meskipun kamu gak doyan-doyan amat, coba buat tetep nerima dan puji masakannya. Si mamah doi pasti seneng banget kalo kamu bilang masakannya enak. Percaya deh! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.