Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Pemerintah Kota Higashikawa, Hokkaido, Jepang kembali ngadain festival foto dan pertukaran pelajar internasional tingkat SMA. Berlangsung pada 27 Juli – 3 Agustus 2017, tahun ini kesempatannya diberikan kepada pelajar asal Jakarta aja.

Siswa terpilih bakal ketemu sama pelajar Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Uzbekistan, Latvia, Kanada, Amerika Serikat, dan Australia. Selain tukeran kontak, bisa banget tuh buat bertukar pikiran.

Selain berwisata keliling spot-spot kece Kota Higashikawa, kamu juga bisa ikutan sharing fotografi bareng pelajar lain dan pakar yang diundang panitia. Semua akomodasinya dari bandara ke Higashikawa, penginapan, dan makan selama festival bakal ditanggung panitia.

via imgur.com.

Higashikawa sendiri merupakan sebuah kota di kaki Gunung Asahidake, gunung tertinggi di Hokkaido. Di sekeliling kota dengan populasi 8.188 penduduk itu, hutan yang jadi Taman Nasional Daisetsuzan terhampar luas. Sejak Juni 1988, Higashikawa adalah satu-satunya “Kota Fotografi” di dunia.

Lebih serunya lagi, kamu bisa berangkat bareng dua orang teman satu sekolah dan satu guru pembimbing. Menggiurkan banget kan? Kamu masih punya waktu sampai 12 Mei 2017 kalo mau ngajak temen, ngasih tau sekolah, dan daftar ikut. Tata cara singkatnya ada di bawah ini.

1. Download formulir dan Minta izin kepala sekolah

via town.higashikawa.hokkaido.jp
Contoh foto pemandangan Higashikawa. (Sumber: town.higashikawa.hokkaido.jp)

Kalo sekolah kamu belum tau, kamu bisa langsung download formulir pendaftarannya langsung dari alamat resmi Higashikawa Hokkaido. Setelah itu, bawa formulirnya ke kepala sekolah karena beliau yang berkewajiban mengisi dan ngasih izin siswanya buat ke luar negeri.

2. Ajak dua orang lainnya

via town.higashikawa.hokkaido.jp
Tebingnya aja keren difoto! (Sumber: town.higashikawa.hokkaido.jp)

Berdasarkan peraturan panitia, kamu wajib ngajak dua temen dan berangkat sama satu guru pembimbing. Panitia sih gak ngelarang tim yang berangkat tuh cewek/cowok. Tapi, siapa aja yang pada akhirnya berangkat kan tergantung perizinan kepala sekolah kamu.

3. Ngajak temen dari beda sekolah juga boleh

via town.higashikawa.hokkaido.jp
Landskap Higashikawa yang manjakan mata. (Sumber: town.higashikawa.hokkaido.jp).

Tahun ini, panitia juga memperbolehkan kamu ngajak temen beda sekolah. Asalkan, kamu udah menghubungi panitia penyelenggaranya dulu. Di Indonesia, kamu bisa menghubungi panitia ke email ridzki@ridzkinoviansyah.com.

4. Bikin karya foto

via town.higashikawa.hokkaido.jp
Ada saljunya! (Sumber: town.higashikawa.hokkaido.jp).

Ya. Dewan juri gak memilih siapa yang berhak berangkat berdasarkan nilai raport, melainkan kualitas foto. Beberapa ketentuan fotonya ada di bawah ini:

  • Membuat “photo story” yang terdiri dari 6 foto (satu foto berhubungan sama foto lain)
  • Tema “Kebanggaan Kotaku”
  • Fotonya harus dalam bentuk digital .JPEG
  • Resolusi lebih kecil dari 6 megapiksel
  • File lebih dari 6 megapiksel dikirim lewat file hosting (misalnya, share via google drive atau drop box)
  • Nama filenya harus diubah jadi nomor (Contoh: #1, #2, #3, #4, #5)
  • Karya foto belum pernah dipublikasikan atau dapet penghargaan di kontes lain. Pelanggaran bisa dihukum diskualifikasi.
  • Scan formulir yang udah diisi dan ditandatangani kepala sekolah ke dalam format .PDF

5. Ikutin syarat pengiriman fotonya

via town.higashikawa.hokkaido.jp
Foto close up yang keren abis. (Sumber: town.higashikawa.hokkaido.jp).

Setelah ngejepret foto keren, kamu bisa langsung kirim berkasnya dengan cara berikut:

  • Kirim formulir .PDF dan 6 foto .JPEG dalam satu email ke i-hsspf-e@town.higashikawa.lg.jp
  • Email harus menggunakan subjek/judul: “Application for International High School Students Photo Festival Exchange”

Sekali lagi, ya. Kesempatan pendaftarannya masih terbuka hingga 12 Mei 2017, pukul 15.00 WIB. Lewat dari itu, engga ada toleransi sama sekali. Selamat dua tahun sebelumnya, Indonesia diwakili sama anak-anak SMA Global Jaya. Tahun ini, saatnya sekolah kamu yang ngirim perwakilan!

Foto-foto yang kamu ambil saat di Higashikawa nanti bakal dilombain lagi. Pemenangnya bisa dapet penghargaan Kota Foto Grafi Higashikawa (Gold Award), Asosiasi Pariwisata Higashikawa (Silver Award), Hokko Gakuen (Bronze Award), Penghargaan Pilihan Murid dan Guru, serta Penghargaan Khusus (online voting).

Ketentuan lengkapnya bisa kamu baca di sini atau kontak email ridzki@ridzkinoviansyah.com. Kalo butuh referensi foto-foto keren, kamu bisa cari tau dari artikel Genmuda.com yang ini, ini, ini, ini, atau ini (yang terakhir narsis dikit). (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.