Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Setelah beberapa tahun belakangan Kawan Muda mungkin engga asing lagi sama istilah cewek cabe-cabean. Istilah tersebut ada bentuk sindiran masyarakat kepada remaja cewek yang berusia belasan dengan tingkah pola yang aneh-aneh, mulai naik motor boti (baca: boceng tiga), pake celana gemes, hingga make up super tebel.

Usai cabe yang dijadikan subjek negatif (kasihan banget Si Cabe), sekarang giliran lidi yang jadi subjek baru dalam tren anak muda. Ya, kini ada istilah lidi-lidian buat para cewek kekinian. Apaan tuh? Maksudnya lidi-lidian yang suka kita makan pas SD? Bukan!

Walaupun itu nama cemilan, tapi cewek lidi-lidian itu menjadi sebutan baru buat cewek-cewek yang terobsesi menjadi kurus. Istilah tersebut lahir dari sebuah forum di Facebook yang mempertanyakan soal si cabe-cabean. Namun siapa sangka seorang netizen menjawabnya seperti ini,

“Udah gak jaman cabe-cabean, sekarang jamannya lidi-lidian. Dimana seorang cewek obsesi punya badan kurus padahal menurut gue tuh badan dia udah kayak lidi Iqra tapi masih diet ketat, ‘ih berat gue 40 kg gendut tau’ dan akhirnya dia tetap berusaha bikin badannya sekecil lidi. Lidi-lidian.” Tulisnya cewek bernama Vivien.

Siapa sangka, komentar yang diunggah pada hari Selasa, (26/7) tersebut langsung menjadi viral dan menarik komentar dari netizen lain. Ada yang setuju atau engga, ada pula yang serba salah kayak Raisa. Ya, namanya juga cewek.

Tapi terlepas dari itu, sebenernya Kawan Muda bisa aja masuk kategori cewek lidi-lidian tanpa kamu sadari secara langsung. Berikut beberapa ciri-cirinya:

1. Takut dibilang gemukan

Tumblr

Biasa banget kalo cewek mau dibilang tubuh mereka langsing dan engga mau dibilang gendut. Tapi masa iya pas pipi kamu cuma dibilang sedikit chubby langsung panik dan buru-buru liat timbangan. Jadi engga usah lebay terus parno kalo dibilang gemuk. Toh, banyak juga kok cowok yang suka cewek chubby, selain lucu kan ngegemesin buat dicubit. (Emang kue!).

2. Doyan liat timbangan

Bangun tidur liat timbangan, mau tidur liat timbangan, lama-lama naksir loh sama timbangan. Tanpa kamu sadari, kebiasaan kayak gitu tuh berpotensi menjadikan kamu sebagai cewek lidi-lidian yang terobesesi kurus plus tirus.

3. Jealous liat cewek yang lebih kurus

Tumblr

Salah para cowok emang karena sering kasih steriotipe jika cewek cantik itu harus langsing tinggi semampai bak model Victoria Secret. Tapi jangan salahin cowok doang, salahin juga dong kontes-kontes kencantikan. Efeknya sendiri engga cuma berlaku buat cowok ya, ada juga loh cewek yang cemburu liat cewek yang punya body kurus dan akhir terobesesi mau seperti mereka. Kamu pernah ngalemin engga?

4. Parno liat kaca

Ada cewek kayak gini. Biasanya mereka udah di level akut dan parno abis kalo ngaca. Padahal si badannya biasa aja engga kurus, engga gemuk. Tapi penyakit seperti ini lahir karena mindset di kepala mereka tuh badan mereka belum ideal dan gemuk. Inget ya, yang namanya ideal dalam hidup itu engga ada loh.

5. Engga mau hadapi kenyataan dengan diet sepanjang tahun hari

Tumblr

Nah, permasalahan dari lahirnya cewek lidi-lidian emang engga lepas dari sikap engga mau menghadapi kenyataan menerima bentuk tubuh mereka. Makanya cara paling ekstrim ya diet ektra ketat, bahkan sampe ada yang rela ngelakuin kebiasaan bulimia nervosa (memuntahkan makanan setelah makan). Jelas cara itu engga dianjurin dan bisa ngebahayain diri kamu sendiri.

Kesimpulannya, supaya engga mau terjerumus pada pola pikir seperti itu tipsnya cuma satu, banyak-banyak bersyukur dengan apa yang kamu punya girls. Lagian engga semua cowok kok yang nilai cewek dari penampilan. So please think first before doing something like that, and remember beauty is nothing without brain!

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.