Jum'at, 7 Oktober 2022

Genmuda – Tahun ajaran baru engga lama lagi bakal segera dimulai. Kamu para lulusan SMA yang ngelanjutin pendidikan ke jenjang perguruan tinggi otomatis harus udah mulai nyiapin diri buat ngejalanin masa perkuliahan kamu.

Peralihan dari masa SMA ke masa kuliah sering kali emang engga mudah. Ada banyak hal yang tadinya sering kamu temuin di SMA kini engga bisa kamu temuin lagi di perkuliahan. Sebaliknya, ada pula banyak hal lainnya yang akrab dengan kehidupan perkuliahan, tapi asing banget buat kehidupan SMA.

Nah, buat kamu para mahasiswa baru alias maba yang lagi pada deg-degan jelang kuliah, kamu engga perlu khawatir atau kalang kabut kayak kebakaran jenggot, Kawan Muda. Teman-teman kamu juga ngalamin hal yang sama dan kamu masih punya waktu kok buat ngumpulin segenap keberanian kamu. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu lakuin buat nenangin diri sebelum kamu mulai kuliah:

1. Tanya-tanya ke senior

Kalo kamu punya teman atau bahkan kakak-adek-an yang udah lebih dulu kuliah di kampus kamu, itu bisa jadi nilai tambah tersendiri buat kamu. Saat ada hal yang engga kamu pahamin atau pengen kamu ketahui dari kampus kamu, kamu bisa tanya-tanya ke mereka. Berhubung mereka itungannya udah lebih berpengalaman dan posisinya juga mahasiswa kayak kamu, tentu mereka bisa jadi narasumber yang lebih bisa kamu andalin. Ya itung-itung sekalian permisi lah sama senior.

2. Kenalan sama sesama maba

Jaman udah canggih, coba deh manfaatin media sosial yang kamu punya buat kenalan sama sesama maba lainnya daripada cuma nge-share status engga jelas atau nge-update udah sebanyak apa Pokemon yang kamu tangkap di Pokemon Go. Minimal kamu buka Facebook dan cari nama mereka buat ngelihat kayak gimana orangnya deh. Ya kalo bisa sih kamu sekalian add dan kenalan biar bisa langsung ngobrol-ngobrol soal perkuliahan kalian nanti.

3. Ikutan ospek

Walau kamu mungkin engga diharusin buat ikutan ospek, ada baiknya kamu tetap datang aja, Kawan Muda. Segaring, secapek, atau se-random apapun itu, ospek pada dasarnya bisa jadi salah satu kegiatan yang berguna banget dalam ngebantu kamu beradaptasi dengan kampus dan dunia perkuliahan. Kalo ternyata nanti pas ospek masih ada aja yang berusaha (amit-amit!) nge-bully kamu, ingat aja kata Kyla bahwa kamu kuat dan kamu adalah pahlawannya (tsah!).

4. Belajar keahlian buat hidup mandiri

Cara lain yang bisa kamu lakuin buat ngubah perasaan deg-degan kamu jadi lebih produktif adalah dengan belajar keahlian buat hidup mandiri. Hal ini bakal penting dan berguna banget, khususnya buat kamu yang kuliahnya jauh dari orang tua alias jadi anak rantau. Seengganya dengan begini pas kuliah nanti kamu bisa lebih fokus buat belajar dan engga pusing-pusing lagi nyanya ini itu soal pekerjaan rumah ke orang tua kamu.

5. Bikin rencana

Rencana di sini bukan rencana dari awal kamu kuliah sampai kamu lulus nanti loh ya. Engga apa-apa juga sih kalo kamu mau bikin rencana jangka panjang kayak gitu. Tapi, sebagai permulaan mending kamu bikin rencana jangka pendek buat minggu pertama perkuliahan kamu dulu aja. Usahain pula buat bikin rencana yang konkrit, supaya kamu bisa lebih mudah buat ngelaksanain rencana tersebut, contohnya keliling lihat-lihat sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer

Leave a Response