Senin, 10 Desember 2018

Genmuda – Pagi-pagi ujan, siangnya mendung, malemnya gerimis. Duh, serasa lagi drama Korea (Loh!?). Selain identik sama musim yang bikin kelaparan, musim hujan juga identik sama momen bernostalgia. Huft.

Ngemil sambil mandangin mantan ujan enak pasti, nih. Tapi, ngemil apa, yah? Kawan Muda jangan bingung. Soalnya, Genmuda.com punya daftar jajanan yang pasti puasin hasrat dan ngajak nostalgia secara bersamaan. Read on, guys.

1. Otak-otak

via Istimewa
Otak-otak bulat, dibungkus plastik, dibubuhi bumbu kacang dan kecap manis. Mantap. (Sumber: Istimewa)

Jajanan yang berasal dari adonan ikan dan terigu (terigunya lebih banyak) ini emang paling dicintai sama anak-anak sekolah. Temen akrabnya sosis dan paling enak dicemilin pas musim hujan.

Anget-anget baru diangkat dari penggorengan, lalu dicocol sambel, atau dibubuhi bumbu kacang dan kecap manis, rasanya, hmmm, gak ada yang ngalahin.

Sepuluh tahun lalu, uang Rp 1.000 masih dapet empat potong, makanya tiap jajanan ini jadi favorit anak SD sampai mahasiswa. Sekarang, otak-otak banyak dimodifikasi sehingga jadi jajanan kekinian dengan harga menyesuaikan.

2. Telor gulung

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Telor gulung itu bukan telor dadar terus digulung-gulung kayak makanan ala Korea ya, gengs. Telor gulung adalah telor yang diaduk, dituang ke minyak panas, abis itu digulung-gulung pake lidi. Setelah dibubuhi saus, taraaaa jadi deh jajanan lezat.

Dengan merelakan kepergian Rp 500 (tahun 2000-an dulu) kamu bisa bawa masuk si telor gulung ke dalem perut. Gak lagi jomblo, telor gulung sekarang udah punya banyak pasangan. Sosis yang dipotong melingkar, bihun, atau adonan tepung aci jadi variasi jajanan ini. Yummy!

3. Telor dadar mini

via Istimewa
“Astaga. Jadi, ini yang namanya dadar mini.” “Eh, lo santai aja. Gak liat lo gue udah nangkring di tiang?” “Maap ya, bang. Temen saya emang gini.” (Sumber: Istimewa)

Sebenernya gak jelas sih nama asli makanan ini. Cuma, kalo diliat dari cara masaknya sih, mirip kayak bikin telor dadar. Telor (tanpa kulitnya, yah), ditaburi garam, aduk-aduk, lalu digoreng di cetakan kecil.

Kamu punya duit seribu? Ya, cukuplah dapet 4 telor dadar mini yang tersaji di bawah guyuran saos, beralaskan piring kertas, pake tusukan kecil. Anehnya sih, jajanan satu ini lebih enak ketimbang telor dadar yang dimasak di rumah. Kamu juga ngerasa gitu, kan?

4. Bakso goreng

via Istimewa
Abang bakso goreng membawa kedamaian antara anak-anak SD. (Sumber: Istimewa)

Kalo sekarang kamu masih suka liat jajanan gorengan di gerobak yang bentuknya mirip kembang mekar, berarti kamu lagi liat jajanan favorit zaman SD. Kalo buat orang dewasa, ujan-ujan enaknya makan bakso kuah, buat anak sd bakso goreng jauh lebih enak.

Cara bikinnya gampang banget. Bakso siap goreng diiris hingga jadi kembang, digoreng sampe agak kering, tirisin, lalu sajiin pastinya dengan saos. Dulu, harganya sih cukup Rp 500 buat satu basreng. Sekarang, jajanan ini berevolusi jadi macem-macem bentuk dan harga. Bahkan, ada loh yang 2 basreng harganya Rp 5.000. Waduh.

5. Cilor

via Istimewa
Tiap muncratan minyak saat menggoreng cilor adalah anugrah. (Sumber: Istimewa)

Kalo aku tanpa kamu itu rasanya hampa, kalo aci (tepung kanji) tanpa telor itu rasanya hambar. Dua sejoli itu lagi booming banget. Coba deh ke daerah sekitaran stasiun, pasar, atau sekolahan. Kamu bakal nemuin lebih dari satu gerobak yang dagang cilor alias aci pake telor.

Bukan ditusuk acinya terus ditambahin telur, tapi potongan-potongan aci kukus diaduk sama telor mentah, terus digoreng di cetakan kecil. Mix dengan berbagai bumbu instan rasa sayang jagung, sambalado, atau keju, maka jadilah jajanan kurang sehat yang lezat.

6. Cilok

via Istimewa
Gak usah banyak dijelasin, semua tau betapa enaknya jajanan ini. (Sumber: Istimewa)

Masih sepupuan sama cilor, cilok juga terbuat dari tepung kanji. Bedanya, cilor dipotong-potong trus di campur sama telor, cilok disajiin apa adanya. Semacam jomblo yang tersaji tanpa pasangan dia itu.

Adonan tepung kanji dicetak bulat-bulat, lalu dikukus, kemudian disajiin dengan pilihan bumbu bubuk instan, saus kacang, atau saus merah. Apapun pilihannya, jajanan ini sukses bikin penjualnya dirubung cewek-cewek (buat jajan loh yah). Duh jadi baper laper, yah.

Jajanan SD di atas pasti bikin kamu inget momen ketika Rp 2.000 aja bisa bikin kamu jajan kayak orang tajir melintir? Tuh kan. Bahagia itu sederhana, sesederhana nikmatin jajanan di atas atau menyayangi doi apa adanya. #eh (tim)

Comments

comments