Senin, 10 Desember 2018

Genmuda – Musim pancaroba mulai tuntasin kegalauannya saat cuaca lebih sering hujan daripada panas. Mendung di langit; titik air serta embun di jendela; dan suasana dingin pada umumnya sekarang bikin orang pada galau.

Situasinya makin lengkap dengan lagu-lagu mellow. Tapi, ada gak sih lagu mellow di tengah industri hiburan yang lebih suka rilis musik pop-elektronik jedak-jeduk. Ada, kok. Di bawah ini, nih lagu-lagu mellow terbaik ala Genmuda.com, loh. Gak bakalan ada matinya.

1. “Leave Out All the Rest” – Linkin Park

Depresi berlebih akhirnya menggoda Chester Bennington mengakhiri hidup. Semua orang gak percaya hal itu mengingat doi murah senyum dan terlihat gembira. Sebenernya, perasaan depresi doi terceritakan dengan jelas di semua lagu Linkin Park. Terutama, di “Leave Out All the Rest.”

2. “Stay” – Rihanna

Jangan lihat video klipnya doang, tapi perhatiin lirik dan lagunya. Mantan pacar Chris Brown ini ceritain galaunya perasaan saat hampir kehilangan sesuatu yang bahkan belum sempat dijangkau sepenuhnya. Kalo istilah Bahasa Inggrisnya, “So close, yet so far.

3. “A Day in the Life” – The Beatles

John Lennon terinspirasi bikin lagu ini setelah baca artikel meninggalnya pemuda keturunan pasangan salah satu lord Inggris dengan keluarga pengusaha tajir bir Guinness. Paul McCartney bantu bikin lirik bagian tengah lagunya. Hasilnya, terciptalah lagu terbaik menurut majalah Rolling Stone.

4. “Two Is Better Than One” – Taylor Swift & Boys Like Girls

Sebelum jadi salah satu diva pop modern, saat masih jadi salah satu penyanyi country terbaik AS, Taylor Swift kolaborasi bareng band Boys Like Girls dan ciptain lagu cinta paling eundeus pada masanya. Liriknya full berisi gombalan. Keliatan jelas tuh dari judul lagunya.

5. “Wonderwall” – Oasis

Video klipnya keren, lagunya keren, anggota bandnya juga keren-keren. Liam Gallagher (zaman masih jadi vokalis Oasis) bilang, lagu itu bisa tentang apa aja. Bisa tentang pacar, bisa tentang pedekate, bisa juga tentang semangat. Tiap liriknya bisa diubah jadi quotes keren, kok.

6. “Selamanya Cinta” – D’Cinnamons

Musik dan video klipnya bikin galau! Gak ada kata lain buat deskripsiin hits terbaik D’Cinnamons ini. Lagunya boleh berasal dari tahun 2000-an, tapi pesan-pesan kegalauan di dalam liriknya bertahan sepanjang masa sebagai lagu Indonesia palaing mellow, sob.

7. “Januari” – Glenn Fredly

Jauh sebelum gabung ke Trio Lestari atau jadi juri-juri, Glen Fredly rilis album “Selamat Pagi, Dunia.” Di dalam album keluaran 2002 itu, ada lagu “Januari” yang isinya soal patah hati. Judul lagunya pas banget sama momen sekarang ini. Sama-sama Januari.

8. “Teduhnya Wanita” – Raisa

Raisa pandangannya terhadap hubungan cowok-cewek lewat lagu bernada adem “Teduhnya Wanita.” Dijadiin lagu soundtrack “Ayat-Ayat Cinta 2,” lagu ini termasuk salah satu single lepas terbaiknya Raisa.

9. “Cinta Kan Membawamu Kembali” – Dewa

Pada masa Ahmad Dhani masih fokus bermusik tanpa politik, akur sama Ari Lasso, dan naksirnya sama Maia Estianty doang, tercipta sebuah lagu cinta legendaris era 1990 yang berupa duet nyanyian syahdu Ari Lasso dan lantunan piano manis Ahmad Dhani, “Cinta Kan Membawamu Kembali.”

10. “Masih Berharap” – Isyana

Lirik dan musiknya diciptain Yovie Widianto, dinyanyiin suara lembut Isyana, lalu dimasukin sebagai soundtrack “Ayat-Ayat Cinta 2.” Cakep banget sih, nih penyanyinya lagunya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.