Sabtu, 25 Mei 2019

Genmuda – Rio Haryato berhasil mempertahankan konsistensinya di ajang balap Grand Prix Formula 1 nih, Kawan Muda. Terselenggara di Shanghai International Sirkuit, China, hari ini (17/4), pembalap pertama asal Indonesia ini berhasil melewati garis finis dengan menduduki posisi 21 di depan pembalap Renault Sport F1, Joylon Palmer.

Sementara, rekan satu timnya, Pascal Wehrlein menempati posisi yang lebih baik. Pascal menutup balapan dengan duduk di posisi 18 setelah bersaing ketat dengan Romain Grosjean, pembalap tim Haas. Lantas, apa saja yang terjadi di balapan seri ketiga ini? Berikut Genmuda rangkum khusus buat kamu.

Penuh insiden

Balapan perdana GP China di tahun 2016 ini diwarnai dengan banyak insiden. Kemelut deh, kayak pas lagi berantem sama mantan. Dimulai pada pukul 13.00 WIB, insiden pertama datang dari kedua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel yang secara engga sengaja menyenggol mobil Kimi Raikkonen hingga keluar lintasan. Eh, jadi tabrakan beruntun deh. Beberapa pembalap harus masuk ke pit-lane di lap ke-6.

https://www.youtube.com/watch?v=WD8JYVxX6Hg

Terus, satu insiden kembali terulang, kali ini pembalap Red Bull, Daniel Ricardo dipaksa masuk ke pit stop karena ban mobil yang dikendarainya kempes.

Mencicipi 10 besar

Rio dengan nomor balap 88 awalnya kan start dari posisi 20 nih, Kawan Muda. Nah, memasuki menit 4 di lap 6, Rio dengan mobil berwarna merahnya sempat merasakan duduk di urutan ke-8. Kesempatan ini Rio manfaatkan sewaktu safety car masuk ke lintasan buat bersihin serpihan-serpihan mobil yang tabrakan. Sayangnya, Rio engga berhasil mempertahankannya lebih lama, beberapa menit kemudian Rio disalip banyak pembalap.

Pertama kali 22 pembalap finis

Yak, Kawan Muda pasti masih inget kan waktu Rio harus keluar dari lintasan di seri pembuka di Australia? Rio dan lima orang pembalap lainnya harus retired. Terus, di Bahrain ada lima pembalap yang juga keluar. Nah, seri ketiganya di China ini ke-22 pembalap untuk pertama kalinya berhasil melewati garis finis loh.

Rosberg keluar sebagai juara

Pembalap asal Tim Mercedes, Nico Rosberg lagi-lagi berhasil membuktikan jadi yang tercepat di lintasan. Setelah menjuarai GP Bahrain, kini Sirkuit Internasional China kembali jadi miliknya. Nico Rosberg menyentuh garis finis di posisi pertama. “Kami akan pesta di garasi, semua orang pantas pesta, dan kemudian langsung pulang ke keluarga saya. Saya tak sabar ketemu mereka,” ucap Rosberg dilansir dari BBC, Minggu (17/4).

Rio sempat kecewa

Sebelumnya, pada sesi latihan bebas pertama yang berlangsung Jumat (15/4) kemarin, Rio berhasil menempati urutan ke-16 dengan catatan waktu 1 menit 41,614 detik. Di sesi kedua, posisinya turun dua tingkat tapi catatan waktunya membaik, yakni 1 menit 40,550 detik.

Nah, memasuki sesi latihan bebas ketiga, Shanghai International Sirkuit diguyur hujan. Manor Racing terpaksa menggunakan ban super lunak (Cinturato) karena kondisi jalanan yang licin, eh tapi perubahan itu malah menempati Rio berada di urutan ke-20 saat babak kualifikasi.

Aksinya di GP China tadi pun pemakaian ban lunak masih diterapkan, Kawan Muda. Pitstop pertamanya di lap ke-18, Rio masih menggunakan ban lunak. Menit ke 28, doi masuk lagi ke pit-stop dan mengganti ban ultra soft. Hingga akhirnya Rio memilih ban medium di pit-stop ketiga sampai melewati garis finis.

Eh, masih membuncit juga posisinya. Kira-kira Rio bakal kecewa lagi kayak kemarin engga ya?

Dukungan lewat SMS

Nah, sebelum latihan di Sirkuit Shanghai kemarin, Sabtu (16/4), Rio Haryanto lewat akun Twitter-nya @RHaryantoracing menulis kalau dirinya masih butuh dukungan rakyat Indonesia. Kali ini, Rio mengajak penggemar buat mendukungnya lewat SMS. Setiap SMS yang dikirim akan dikenai biaya 5 ribu rupiah dan berlangsung hingga 17 Juli 2016.

Gimana, Kawan Muda? Terus dukung Rio yuk lewat polling SMS yang terbuka. Kita harus tunjukan, meskipun manis atau pahit hasil yang diberikan Rio, kita masih tetap setia mendukungnya. Teriakan dukungan kalian, niscaya Rio Haryanto, sebagai pengharum nama bangsa bisa semakin bersinar. Maju terus, Rio! (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis