Jum'at, 27 November 2020

Genmuda – Apa jadinya begadang tanpa cemilan. Entah itu main game atau nonton bola sampai pagi, mulut yang engga berhenti ngunyah bisa hilangkan bosen dan bikin mata tetep seger. Engga mau makin gendut gegara kebanyakan ngemil malam hari? Ada caranya, kok.

Dengan engga makan dan minum manis seharian, kamu bisa batesin asupan kalori sehingga malemnya bisa nyemil rada bebas. Asalkan engga kalap, berat badan kamu engga bakal naik drastis kokSeandainya udah keburu makan siang, masih ada cara lain. Pilih cemilan yang engga banyak lemaknya, misalnya seperti yang Genmuda.com pilih di bawah ini:

1. Kacang

via giphy.com

Kacangnya yang polos aja, jangan yang dilapis kerupuk atau atom-atoman. Tujuan makan kacang adalah mengurangi karbohidrat dan nambahin asupan kalori. Karbohidrat kan bisa bikin ngantuk, sementara protein bikin konsentrasi kamu tetep tinggi.

2. Telor rebus

Alternatif kacang adalah telor rebus. Telor juga mengandung berbagai vitamin dan kolin untuk ngebantu otak supaya engga blank waktu begadang. Kalo bisa sih kuningnya dimakan juga supaya semua manfaatnya masuk badan.

3. Dendeng

Engga becanda. Daging kan juga mengandung protein, malah termasuk sumber protein hewani. Selain itu, sensasi renyahnya bakalan mengobati kerinduan mulut mengunyah keripik yang isinya karbo doang. Jadi, stok dulu dendengnya dari siang.

4. Ikan

via photobucket.com
(Sumber: photobucket.com)

Tapi, engga ada yang bisa ngalahin ikan. Beli aja ikannya dari sore bareng sama dendeng dan kacang. Dimakan bareng lebih asik, tapi jangan pakai nasi. Kalo pakai nasi judulnya bukan ngemil, tapi makan besar!

5. Anggur

Bukan ‘anggur merah’ tapi buah anggur buah segar. Kandungan antioksidan di anggur itu bakal menjaga kesehatan lo yang lagi memforsir energi di jam malam. ‘Beri-berian’ yang lainnya juga punya fungsi sama dengan anggur kok.

6. Gandum

Seandainya rasa laper lo kayak bisa makan satu ekor badak, mungkin perut lo yang terlalu kosong itu harus diisi serat. Lo bisa makan gandum-ganduman seperti whole wheat bread atau sereal sarapan dari gandum. Dimakan dadakan pakai kacang lebih enak.

7. Air putih yang banyak

via gizmodo.in

Karena cemilan-cemilan di atas bisa bikin tenggorokan seret, sebotol air mungkin engga cukup buat semaleman. Paling engga bawa satu atua dua liter supaya engga ribet bolak-balik dan tetep bisa fokus nge-game atau nonton bolanya. Jangan minum alkohol atau yang manis-manis, ya karena justru bisa bikin kamu ngantuk.

Satu lagi nih bonus dari Genmuda.com. Jangan lupa olahraga atau minimal stretching supaya tetep terjaga meski banyak duduk dan engga ngapa-ngapain. Ada lagi engga cemilan yang harus disiapin buat begadang? Langsung aja tulis di bawah ini! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.