Rabu, 3 Maret 2021

Genmuda – Kalau kamu udah engga sabar buat nonton ‘Star Wars episode VII: The Force Awakens’ di bioskop, ada baiknya kamu luangin waktu buat nonton episode terdahulu biar engga lupa jalan ceritanya. Syarat paling utamanya adalah kamu kudu marathon enam episode film Star Wars seharian (kurang lebih 13 jam). Yang jadi pertanyaan adalah, gimana urutan paling pas buat persiapan sebelum nonton The Force Awakens?

Kalau kamu penggemar Star Wars, udah pasti kamu tau keenam episode yang Genmuda.com maksud, tapi biar engga bingung kamu bisa liat daftarnya:

  1. Episode IV: A New Hope (1977)
  2. Episode V: The Empire Strikes Back (1980)
  3. Episode VI: Return of the Jedi (1983)
  4. Episode I:  The Phantom Menace (1999)
  5. Episode II: Attack of the Clones (2002)
  6. Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Nah sekarang yang jadi dilemanya nih, ada beberapa cara yang umum dilakukan oleh orang-orang buat marathon film atau bahasa kerennya binge-watching Star Wars. Contoh yang paling sering ditemukan adalah sesuai dengan urutan episodenya, yaitu dimulai dari ‘Episode I: The Phantom Menace’ (1999) dan diakhiri dengan ‘Episode VI: Return of the Jedi’ (1983). Ada juga yang nonton sesuai dengan urutan tahun rilisnya, yaitu dari ‘Episode IV: A New Hope’ (1977) hingga diakhiri dengan ‘Episode III: Revenge of the Sith’ (2005).

Star Wars: The Force Awakens Lucasfilm 2015
Star Wars: The Force Awakens Lucasfilm 2015

Tapi kamu percaya engga? Kalau ternyata hal ini bahkan menjadi perdebatan sengit di kalangan penggila Star Wars, hingga akhirnya ada salah satu fans yang bernama Ernest Rinster yang memberikan urutan paling efektif untuk menonton Star Wars:

Step 1: Tonton ‘Episode IV’ dan ‘Episode V’. Dengan begini, kamu bakalan menikmati Star Wars persis seperti penonton pada tahun 1977, kamu belajar mengenai hal-hal basic tentang ‘the Force’ dan kalau kamu peka, ini pertama kalinya kamu akan denger punchline “I’ve got a bad feeling about this”. Setelah kamu beres nonton ‘Episode V’, kamu bakal nemuin rahasia yang mengejutkan tentang kehidupan seorang pemuda, pas banget nih ketika Luke Skywalker mau nyelametin temennya…

Step 2: Tonton episode I, II dan III. Anggap aja ini flashback yang lama banget kayak di anime Naruto, yang bisa berminggu-minggu baru beres lari-lari di atas pohon. Di sini kamu akan ngeliat Anakin Skywalker sebelum ia menjadi seorang Darth Vader. Selain itu juga kamu jadi tahu kenapa dia menjadi berubah menjadi seorang Sith dan membela Dark Side.

Step 3: Tonton ‘Episode VI’. Kembali lagi ke pertempuran terakhir antara Luke melawan Darth Vader.

Ada beberapa alasan kenapa metode ini kudu kamu pake. Pertama, kamu bisa lebih paham mengenai perjalanan dan apa yang menghubungkan Anakin dan Luke. Mereka yakin bahwa hidup mereka ditakdirkan untuk hal yang jauh lebih berguna dibandingkan cuma buat diperbudak oleh alien. Kedua, kamu akan mengenal lebih jauh tentang Darth Vader yang dulunya adalah seorang pria yang memiliki keluarga, bukan cuma sesosok makhluk yang penuh dengan kejahatan dari lahir.

So, gimana Kawan Muda, kamu udah siap buat marathon seluruh film Star Wars? Jangan sampe pas kamu nonton ‘The Force Awakens’ bengong sendirian karena engga ngerti ya gaes! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast