Senin, 18 Januari 2021

Genmuda – Kepikiran gak sih kenapa kita punya 4 jari biasa dan cuma 1 jari jempol aja. Kenapa ada 4 jari yang berdiri sejajar, tapi jempol bertengger sendirian alias ke pisah sama yang lainnya. Kebayang gak sih betapa sepinya hidup jempol? (OKE LEBAY)

Terus pernah kepikiran gak kamu buat punya jari tambahan? Tapi gak berdampingan sama si jempol, karena kalo berdampingan pasti bakal jadi aneh keliatannya. Mau gimana pun juga posisinya, punya jempol tambahan bakal terlihat agak menjijikan dan menyeramkan. Tapi kamu mau punya gak?

Loh emang bisa? Punya jempol kedua?

third thumb project 3 e

Yap, tenang aja. Kan teknologi sekarang udah makin canggih. Sesuatu yang mustahil ada pun pasti bisa aja diada-adain. Gak terkecuali pembuatan jempol portable ini, ‘The third thumb’. Alat ini diciptakan bukan buat kebutuhan yang serius kok, jadi gak punya fungsi yang bener-bener ‘bener’.

Penciptanya, Dani Clode, adalah seorang mahasiswa lulusan sekolah seni London’s Royal College of Art (RCA). Ide awal penciptaan alat ini adalah dari nama aslinya itu sendiri, yaitu menciptakan jempol ketiga dan bertujuan buat membingkai ulang prosthesis sebagai perluasan tubuh. Prosthesis sendiri adalah sebuah alat kesehatan yang didesain buat menggantikan bagian dan fungsi tubuh tertentu setelah bagian tubuhnya cidera berat karena kecelakaan atau terkena penyakit.

Terus gimana cara kerjanya?

“The Third Thumb adalah sebuah jempol tambahan 3D, yang dikontrol menggunakan kaki. The Third Thumb ini memeriksa hubungan antara badan dan teknologi prosthesis dengan cara yang baru.” kata Clode ke Digital Trends.

Jadi, jempolnya ini terpasang di tangan kamu, dan terhubung sama gelang yang kabel dan mesin. Penggunanya bisa mengendalikan alat ini dengan menggunakan sensor tekanan yang ada di bawah sol kakinya.

third thumb project 1 c

Kalo kamu menekan dengan satu kaki, jempol ini akan membuat gerakan meremas. Instruksinya ini dikirim via Bluetooth yang ada di pergelangan tangan. Bagian-bagian ni semuanya terhubung melalui sistem kabel yang kencang, mirip dengan rem sepeda, terbuat dari tabung teflon dan kawat.

third thumb project 3 a

Meski udah jadi prototype-nya, Clode mengaku kalo alat ini masih perlu pengembangan lagi di bagian mesinnya supaya bisa mencapai hasil yang maksimal, dan siap buat dikomersialkan. Kalo diliat-liat sih agak nyeremin, tapi kamu sendiri mau nyoba gak kira-kira?

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.